Apakah Perlu Baby Spa?

Pergi ke spa adalah salah satu cara untuk memanjakan diri Anda ketika sedang dilanda penat atau jika Anda sekadar ingin menyegarkan tubuh dan pikiran. Ternyata, tak cuma orang dewasa saja yang bisa menikmati perawatan yang memanjakan di spa. Akhir-akhir ini, baby spa atau spa untuk bayi sangatlah marak bermunculan, terutama di kota-kota besar. Para pelopor baby spa menjanjikan berbagai manfaat kesehatan untuk si buah hati. Namun, benarkah spa memang baik untuk perkembangan buah hati Anda? Atau jangan-jangan hanya sekadar tren saja? Sebelum Anda memanjakan bayi di spa, simak tips penting dari hellosehat berikut ini.

Seperti apa, sih, baby spa itu?

Baby spa adalah perawatan yang dirancang untuk memberikan stimulasi positif pada bayi berusia 3 minggu sampai 3 tahun. Umumnya baby spa terbagi menjadi dua sesi. Pada sesi pertama, buah hati Anda akan berendam di dalam kolam khusus menggunakan pelampung. Sesi ini biasanya berlangsung selama 10-15 menit, tergantung pada reaksi bayi Anda saat pertama kali masuk ke dalam air. Jika sudah terbiasa, durasinya bisa menjadi 30 menit.

Setiap fasilitas spa bayi memiliki kebijakan yang berbeda-beda. Pada kebanyakan spa bayi, bayi Anda akan berendam di kolam bersama satu atau dua bayi lain. Air kolam yang hangat biasanya akan diganti setiap sesi berakhir. Untuk kolam bayi berusia di atas 6 bulan, airnya mungkin tidak selalu diganti setiap sesi karena sudah menggunakan teknologi saringan ozon.

Pada sesi kedua setelahnya, bayi akan dipijat oleh seorang terapis. Pijat bayi ini berlangsung selama kira-kira 15 menit. Beberapa spa membolehkan Anda atau pasangan untuk belajar memijat bayi sendiri. Namun, umumnya seorang terapis yang sudah bersertifikat akan memijat bayi Anda.

Karena aturan dan kebijakan setiap spa berbeda, sebaiknya Anda cari informasi dulu selengkapnya dan bandingkan beberapa fasilitas spa sebelum mendaftarkan bayi Anda.

Manfaat baby spa bagi buah hati

Karena popularitasnya kian meningkat, para ahli mulai mengulik manfaat baby spa bagi perkembangan mental dan fisik bayi. Menurut berbagai penelitian, spa ternyata memang baik untuk tumbuh kembang buah hati. Berikut adalah beragam keunggulan baby spa.

  • Mengambang di kolam akan membantu bayi melatih keseimbangan.
  • Mendorong perkembangan motorik dan koordinasi tubuh karena di dalam air bayi akan belajar menendang-nendang, mengayunkan tubuhnya, dan menggerakkan kedua tangannya secara lebih bebas.
  • Meningkatkan kekuatan otot dan tulang bayi lewat gerakan di dalam air yang tekanannya lebih besar.
  • Berendam di dalam kolam hangat akan membuat bayi merasa lebih rileks dan tenang. Pijat bayi juga akan mengurangi kegelisahan dan tangisan bayi, terutama ketika sedang tidur di malam hari.
  • Mencegah masalah pencernaan lewat pijat bayi.
  • Mendorong perkembangan otak lewat stimulasi sensorik. Otak akan menghasilkan sel-sel baru setiap bayi beraktivitas di kolam baby spa. Saraf-saraf otak juga akan membentuk banyak koneksi baru karena berbagai indra bayi mendapat rangsangan berupa sentuhan dari pijat bayi, wangi dari minyak pijat, dan air hangat saat berendam.
  • Belajar bersosialisasi dengan bayi lain yang berendam bersamanya. Sebenarnya Anda pun dapat membuat baby spa sendiri di rumah. Simak videonya berikut ini: https://www.youtube.com/watch?v=JZH7g7L9lsk

Yang perlu diperhatikan sebelum ikut baby spa:

  1. Usia minimal bayi untuk baby spa adalah 2-6 bulan karena diusia tersebut kepala bayi sudah kuat dan tegak.
  2. Bayi sudah memiliki berat badan minimal 5 kg.
  3. Pada saat pergi ke baby spa, pastikan bukan jam tidur si Kecil.
  4. Pilih jadwal pemijatan 1 jam setelah makan atau minum susu.
  5. Bila saat akan melakukan baby spa, si Kecil tertidur, tunggu sampai si Kecil bangun. Hindari membangunkan si Kecil saat karena bisa membuatnya trauma atau kaget dan membuat kualitas tidur si Kecil menjadi berkurang.
  6. Bila Bunda sudah menjadwalkan si Kecil untuk baby spa tetapi ternyata si Kecil dalam kondisi kurang sehat, sebaiknya Bunda mencari tahu terlebih dahulu penyebab sakitnya, karena tidak semua pemijatan dapat membuat bayi menjadi lebih rileks.
  7. Amati dan kenali posisi yang nyaman pada bayi saat ingin dipijat. Jika si Kecil tidak dalam posisi tubuh yang nyaman, hal itu akan membuatnya cepat bosan. Tidak semua bayi mau menerima untuk dipijat setiap saat.
  8. Pastikan Bunda dan Ayah mempunyai waktu yang cukup untuk menemani si Kecil baby spa karena ada kemungkinan memakan waktu lebih lama dari yang diperkirakan. Bila terburu-buru, hal ini bisa memengaruhi rasa nyaman si Kecil.
  9. Jadwalkan si Kecil untuk baby spa minimal satu bulan sekali atau bila memungkinkan seminggu sekali.
  10. Sebelum ikut baby spa, sebaiknya bayi sudah kenyang dan tidak sedang mengantuk. Kalau lapar dan mengantuk, bayi Anda justru tidak akan bisa menikmati sesi spa.

Bila Anda ingin membawa anak Anda menjalani perawatan baby spa, berikut adalah pilihannya:

Snippet Junior Salon – Bintaro
Jalan Maleo Raya Blok JA2 No. 8, Bintaro Sektor 9
(021) 745-1467
Instagram: @snippetjuniorhairsalon

Widya Homecare Bidan Widya
0878-8357-8672 (telp/WA/SMS)
Instagram: @widya_homecare

Homecare Bidan Sisca
0812-1889-5210
Instagram: @homecarebidansisca

Bidan Lina Home Care
0812 9024 2474
Instagram: @bidan_linahomecare

Bidan Novalisnawaty
Wa :0812 1359 7022
Instagram: @Novalisnawaty

Rahma Mom and Baby Care
0812-8830-7676
Instagram: @rahma_momandbaby

(EGS)