Apa itu Kayu Manis?

Siapa yang tak tahu kayu manis? Rempah-rempah yang punya aroma khusus ini ternyata punya manfaat bagi kesehatan. Menurut situs Hello Sehat, ada beberapa manfaat kayu manis yang mungkin belum Anda ketahui yakni sebagai antijamur, antiradang, dan antiseptik. Bahkan telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kayu manis untuk kesehatan, yaitu dapat mengobati:

  • diare
  • pilek dan flu
  • sakit perut
  • hipertensi
  • kehilangan nafsu makan
  • bronkitis

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa jenis tertentu dari kayu manis yaitu kayu manis cassia, dapat menurunkan gula darah pada penderita diabetes. Namun, penelitian lain belum menemukan manfaatnya. Manfaat kayu manis lainnya yang dapat menurunkan kolesterol dan mengobati infeksi jamur pada orang dengan HIV juga belum dapat dikonfirmasi.

Studi laboratorium telah menemukan bahwa kayu manis dapat mengurangi peradangan, memiliki efek antioksidan, dan melawan bakteri. Akan tetapi, temuan ini harus diteliti lebih dalam lagi untuk mengetahui risiko yang mungkin dapat ditimbulkan.

Bagaimana cara kerjanya?

Ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kulit kayu manis efektif melawan organisme yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan. Bahkan dapat membantu melangsingkan tubuh.
Baca juga: http://www.infobintaro.com/manfaat-rebusan-jahe-dan-kayu-manis-untuk-melangsingkan-tubuh/

Dosis

Bubuk kayu manis umumnya diberikan pada dosis 1 sampai 1,5 gram/ hari dalam studi diabetes, dan menurut laporan tidak ada efek samping yang muncul. Namun, sampai saat ini belum ada dosis yang pasti ketika menggunakan herbal ini. Dosis dari suplemen herbal dapat berbeda pada tiap pasien. Dosis yang Anda perlukan tergantung pada usia, kesehatan, dan beberapa kondisi lain. Suplemen herbal tidak selalu aman untuk dikonsumsi. Diskusikan dengan ahli herbal atau dokter untuk dosis yang cocok untuk Anda.

Dalam bentuk apa saja kayu manis tersedia?

Suplemen herbal ini dapat tersedia dalam bentuk kulit yang sudah dikeringkan, minyak atsiri, daun, ekstrak cairan, bubuk, dan sirup. Beragam hidangan pun memasukkan bahan kayu manis sebagai salah satu bumbu penyedap masakan. Bersyukurnya banyak tempat kuliner di Bintaro yang menyajikan menu masakan dengan bumbu kayu manis.

Baca juga:

Mengenal Aneka Bumbu Khas Tiongkok

Weekend Program: Membuat Nasi Goreng Kambing Kebon Sirih

Mencicipi Nasi Goreng Aceh di Bintaro

Menu Aceh Kekinian di KRAH COFFEE

Bakmi Jawa Pa’ Pom, Tempat Menikmati Kuliner Khas Jawa

Nasi Mandhi Ayam, Hidangan Nasi Rempah khas Timur Tengah

Chennai Cafe Menghadirkan Kuliner India Yang Bercitarasa Indonesia

Bakoel Rasa, Masakan Rumahan di Bintaro Sektor 9

Kue Kayu Manis

Salah satu olahan kuliner berbahan dasar kayu manis adalah cinammon rolls. Kue ini dapat Anda jumpai di mal ternama seperti Saint Cinnamon & Coffee yang ada di Plaza Senayan, Lantai 3. Kue yang lezat ini mengandung kayu manis dan gula aren. Mau tahu cari membuat cinnamon roll? Klik video berikut: https://www.youtube.com/watch?v=zeVNomZlD4A

Buat Anda yang ingin memesan kue kayu manis alias cinammon di Bintaro, coba pesan ke:

Kayu Manis Baked Goods, Online Home Made Baked Goods based in Bintaro
IG: @kayumanis.bg
LINE: @kayumanis.bg (with “@”)
Email: kayumanis.bg@gmail.com
Tokopedia/GoFood: “Kayu Manis Baked Goods”

(EGS)