Aneka Pempek Khas Palembang di Pempek Prima

Siapa tidak tahu pempek, makanan khas Palembang, ‘fishcake’ tradisional Indonesia terbuat dari tepung sagu dan ikan yang menjadi favorit banyak orang sekalipun bukan berasal dari Sumatera Selatan. Sangking populernya pempek, di berbagai tempat kita bisa menemukan gerai kuliner yang menyajikan pempek sebagai menu utama yang terkadang baik pelayannya dan/atau pemiliknya sama sekali bukan orang Palembang, atau minimal berasal dari daerah-daerah sekitar Sumatera Selatan, misalnya Lampung. Nyatanya pelanggan yang datang tidak pernah sepi.

pempek_prima_info_bintaro
Pempek Kapal Selam

Kenikmatan menyantap pempek, selain dari pilihannya yang cukup beragam adalah penggunaan ikan untuk memberikan aroma khas pempek. Di Palembang sendiri, ikan yang biasa digunakan sebagai campuran pempek adalah ikan tenggiri. Awal kemunculannya, pempek dibuat dari ikan belida, karena ikan inilah yang paling banyak tersedia pada masa kemunculan pempek ini, namun lambat laun, ikan belida kian langka dan harganya melambung tinggi, dan sejak saat itu, ikan laut lebih banyak dipakai utnuk membuat pempek, karena memiliki rasa yang lebih kuat seperti ikan tenggiri. Dan sejak saat itu, ikan tenggiri adalah ikan yang populer digunakan sebagai bahan dasar pembuat pempek sampai sekarang.

Yang membuat pempek sangat lezat adalah kuahnya yang bernama cuka. Cuka atau cuko dan pempek adalah bagian yang tidak bisa dipisahkan, pempek akan hambar bila disajikan tanpa cuko. Cuko adalah kuah yang terbuat dari campuran air gula merah, asam jawa, bawang putih, dan cabe rawit, beberapa juga menambahkan cuka sebagai penguat rasa asam pada cuko. Cuko yang memiliki aroma yang kuat, kekentalan, rasa pedas, asam, dan asin yang pas adalah cuko yang paling enak.

Nah, bagi yang kangen dengan pempek, Anda bisa memuaskan keinginan Anda menyantap pempek di Pempek Prima. Pempek Prima terletak di Culture Kitchen, sebuah foodcourt yang terletak di Jl. Bintaro Raya 9, di seberang Anna Salon.

pempek_prima_info_bintaro_1

Gerai Pempek Prima di Culture Kitchen mulai beroperasi dari 1 Oktober 2016, bersamaan dengan dibukanya Culture Kitchen. Jam bukanya setiap hari dari pukul 10.00-21.00, kecuali hari Senin Pempek Prima libur. Pempek Prima di Culture Kitchen merupakan gerai kedua, sebelumnya Pempek Prima telah memiliki gerai di wilayah Puri Kembangan. Pempek Prima dimiliki oleh orang asli Palembang asli, sehingga racikan bumbu dan cara pengolahannya bisa dipastikan dilakukan oleh orang yang paham sekali dengan cara pembuatan pempek seperti di kota asalnya.

Menu-menu yang disajikan terdiri dari Pempek Kapal Selam, Pempek Lenjer, Pempek Telor, Adaan, Pempek Keriting, Pempek Kulit, Pempek Pastel dan Tekwan. Dari informasi Yolanda, pengelola sehari-hari Pempek Prima, yang paling menjadi favorit pengunjung adalah Pempek Kapal Selam dan Tekwan. Pempek yang disajikan di sini merupakan pempek-pempek yang siap digoreng bila ada pesanan dari pengunjung. Pembuatannya sendiri dilakukan di dapurnya di Puri Kembangan. Yolanda menjelaskan, pempek yang disajikan di Pempek Prima tidak menggunakan bahan pengawet, pemutih dan pemberi aroma. Sehingga setiap harinya, pempek yang disajikan adalah pempek yang masih ‘fresh’ dan sehat.

Tidak hanya pempekdan tekwan, di Pempek Prima, Anda juga bisa membeli cemilan khas Palembang, seperti Kerupuk Goreng, Getes dan Kemplang. Cemilan ini bisa ‘digado’ secara terpisah maupun dinikmati bersama pempek atau tekwan.

pempek_prima_info_bintaro_2
Tekwan

Menu-menu di Pempek Prima bisa dipesan melalui layanan GoFood, atau pemesanan langsung ke nomor 0818 0716 4124. Yolanda menutup perbincangan dengan menjelaskan, pemesanan langsung menggunakan layanan Gojek untuk delivery-nya.

 

(ES)

Leave a Comment