Aneka Menu Masakan Bali di D’Paon

Bali selain terkenal karena berbagai obyek wisatanya yang begitu eksotis, dari mulai budaya sampai pemandangan alamnya, Bali dikenal juga karena makanannya. Selain karena cita rasanya yang khas, masakan Bali memiliki keunikan yang tidak ditemukan di berbagai masakan dari daerah-daerah lain di seluruh Indonesia. Keunikan masakan Bali adalah satu bumbu namun bisa menghasilkan beragam cita rasa masakan.

Bumbu tradisional Bali yang dinamakan base gede terbuat dari beragam jenis rempah yang ditumbuk halus. Kalau dilihat bahan-bahan penyusunnya sebetulnya tidak ada perbedaan dengan bahan-bahan bumbu yang digunakan pelbagai daerah di Indonesia. Base gede ini terdiri dari kencur, kunyit, jahe, lengkuas, bawang merah, bawang putih, cabai, gula, terasi, garam, minyak kelapa. Kemudian ditambah juga daun salam dan sereh. Komposisi kencur, kunyit, jahe, dan lengkuas lebih dominan di antara bahan lainnya. Sedangkan komposisi bahan lain disesuaikan dengan selera. Semua bumbu tersebut ditumbuk hingga halus. Bumbu inilah yang digunakan untuk mengolah aneka masakan Bali.

Ingin menikmati keunikan berbagai masakan Bali? Anda bisa menikmatinya di D’Paon, sebuah gerai kuliner yang terletak di Foodbank Griya CIMB Niaga, CBD Bintaro Sektor 7. Adalah Made Suningsih, seorang asli Bali, istri mantan diplomat RI yang setelah suaminya pensiun ingin memiliki kegiatan mengisi waktu luangnya dengan membuka D’Paon. Made Suningsih yang mantan seorang perawat ini, memang memiliki hobi memasak sejak masa mudanya. Saat suaminya masih aktif sebagai diplomat, Made Suningsih kerap membuat masakan untuk berbagai acara yang berkaitan dengan tugas suaminya.

Karena seringnya ia menyiapkan masakan di berbagai acara, ia pernah beberapa kali diliput berbagai media setempat. Saat kembali ke Indonesia, ia juga kerap mengikuti berbagai lomba masak dan ternyata ia sering menjadi pemenang. Untuk mengisi waktunya setelah suaminya pensiun, Made Suningsih memberanikan diri membuka D’Paon yang mengkhususkan diri menyajikan menu-menu masakan Bali.

D’Paon yang berarti dapurnya orang Bali (Paon = Dapur) mulai buka sejak 5 tahun yang lalu di lokasi yang sama dengan lokasinya saat ini. Untuk menu-menu di D’Paon, Made Suningsih memilih menu-menu Bali yang sudah umum dikenal, seperti Sate Plecing, Ayam Suwir, Ayam Betutu, Lawar, Pecak, dan Nasi Rames Bali. Ia meracik sendiri base gede yang digunakan untuk berbagai menu masakannya di rumahnya di Maleo, Bintaro Sektor 9, sekaligus proses memasaknya. Ia tinggal membawa masakan jadinya ke gerai D’Paon untuk disajikan bagi pelanggan-pelanggannya.

Untuk sambalnya, ia menyiapkan 2 jenis sambal, Sambal Matah dan Sambal Terasi Goreng. Mungkin Anda sering merasakan Sambal Matah, namun Sambal Terasi Goreng perlu Anda coba karena sambal ini termasuk langka. Sambalnya terasa menggigit pedasnya, menggunakan cabe rawit, cabe keriting merah dan terasi. Cabe digoreng sekaligus dengan terasi kemudian ditaburi dengan bawang goreng. Sambal Terasi Goreng ini banyak digunakan untuk berbagai masakannya, seperti Ayam Betutu dan Urap. Sedangkan Sambal Matah hanya digunakan untuk Pecak Hijau.

Salah satu menu andalannya adalah sate khas Bali. D’Paon memiliki 2 jenis sate, Sate Lilit dan Sate Ayam Plecing. Sate Lilit yang terbuat dari ikan tengiri dan dibakar dengan base gede. Sementara Sate Ayam Plecing diracik dengan bumbu plecing. Namun ia tidak setiap hari menyiapkan Sate Lilit. Sate Lilit baru dibuatnya jika ada pesanan, sementara Sate Ayam Plecing tersedia setiap hari.

Untuk menu Nasi Ramis Bali yang terdiri dari ayam suwir, telur balado, tempe orek, sate lilit dan sate ayam plecing, jika Anda ingin dilengkapi dengan sate lilit, Anda harus memesan sehari sebelumnya. Jika tidak, maka sate lilit akan diganti dengan sate ayam plecing.

Selain menu-menu yang tersedia setiap harinya di daftar menu, Made Suningsih juga menerima pesanan untuk nasi tumpeng untuk berbagai acara. Dalam kesehariannya, ia banyak menerima pesanan dari ibu-ibu yang memesan menu-menunya untuk lauk di rumah. Untuk pesanan acara yang biasanya berlangsung pada weekend atau hari libur, Made Suningsih mempersilakan untuk mengambil pesanan di rumahnya. Minimum pemesanan adalah 50 porsi. Pemesanan dengan jumlah lebih dari 50 porsi harus dilakukan minimum 1 minggu sebelumnya. Pesanan akan diantar menggunakan ojek online.

D’Paon buka dari Senin sampai Jumat dari pukul 10.00-15.00. Untuk pemesanan bisa menghubungi 0818 740 200.

 

(BON)

Leave a Comment