Anda Harus Memahami Ini, Jika Akan Membeli Ban Kendaraan

Jika anda memiliki rencana untuk mengganti ban kendaraan kesayangan anda dalam waktu dekat, anda perlu mengetahui mengenai angka-angka yang tertera pada ban. Jika anda membeli ban, tentunya si penjual berusaha untuk menjual ban yang paling menguntungkannya, bukan yang paling anda butuhkan. Anda sebagai konsumen harus kritis dengan penawaran yang diberikan. Mari kita simak beberapa hal yang harus anda perhatikan dari sebuah ban.

Setiap ban memiliki angka-angka yang tercetak pada bagian luarnya, sebagai contoh : 205/65/R1594H, dimana angka-angka ini menyatakan :
205 : Lebar ban (mm)
65 : Perbandingan ketinggian ban diukur dari pinggir velg ke telapak terluar ban dibandingkan dengan lebarnya (dalam persen)
R : Tipe ban adalah radial
15 : Ukuran velg (diameter, inci)
94 : Maksimum beban (untuk referensi lebih detil, silakan akses http://www.tyresave.co.uk/tyreload.html)
H : Untuk kecepatan maksimum kendaraan 210 km/jam
S : Untuk kecepatan maksimum kendaraan 180 km/jam
T : Untuk kecepatan maksimum kendaraan 190 km/jam
U : Untuk kecepatan maksimum kendaraan 200 km/jam
V : Untuk kecepatan maksimum kendaraan 240 km/jam
Z : Untuk kecepatan maksimum kendaraan 240 km/jam
W : Untuk kecepatan maksimum kendaraan 270 km/jam
Y : Untuk kecepatan maksimum kendaraan 300 km/jam

Pastikan anda membeli ban sesuai ukuran standar dari kendaraan anda. Jangan membeli ban yang tidak sesuai dengan standar yang diberikan pabrik, karena akan banyak potensi masalah yang timbul, dari sekedar hal yang ringan, seperti bahan bakar yang boros sampai dengan tingkat kestabilan kendaraan terutama saat kecepatan tinggi, dan juga pemborosan biaya karena kerusakan-kerusakan yang timbul akibat komponen-komponen kendaraan dipaksa bekerja dengan ban yang tidak sesuai. Pemilihan ban yang tidak sesuai juga akan berpengaruh terhadap uang yang harus anda keluarkan, karena semakin tinggi spesifikasi ban maka harganya pun akan semakin mahal.

Setiap ban memiliki 4 angka yang tercetak pada sisi ban, contoh : 2214, angka ini menunjukkan tanggal produksi (manufacturing date) ban tersebut di pabrik pada minggu ke-22 tahun 2014. Setiap ban mempunyai masa penggunaan ideal 5 tahun dari tanggal produksi dari pabrik.

tyre-sidewall-1024x824

Jika anda membeli ban baru, pastikan tanggal produksi yang tercetak tidak berbeda jauh dengan tanggal saat anda membeli ban tersebut, hal ini dikarenakan usia ban yang semakin tua maka karet ban akan semakin mengeras dan getas yang berpotensi menimbulkan kecelakaan bila digunakan, misalnya ban meletus.

Jika anda membeli ban dengan kode tahun yang sudah lewat cukup lama, maka anda berhak untuk meminta potongan harga dari harga ban yang ditawarkan. Tentunya hal ini bergantung dari kemampuan negosiasi anda. Sebagai contoh, anda akan membeli ban pada tahun 2016.
Ban produksi 2015, potongan harganya 20%
Ban produksi 2014, potongan harganya 40%
Ban produksi 2013, potongan harganya 60%
Ban produksi 2012, potongan harganya 80%

Walaupun anda berhak untuk meminta potongan harga, namun sebaiknya anda tidak membeli ban yang usianya sudah lebih dari 3 tahun.

 

(ES)

Leave a Reply