Anak Anda Mengalami Kesulitan Belajar? Pahami Hal-Hal Ini

Kesulitan belajar adalah gangguan neurologis yang mempengaruhi kemampuan otak untuk memahami, mengingat, dan mengolah informasi, sehingga menimbulkan kesulitan dalam bidang akademis, terutama dalam membaca, menulis, dan berhitung.

Adapun tanda-tanda yang bisa dijadikan acuan untuk mengetahui adanya masalah kesulitan belajar yaitu : keterlambatan dalam perkembangan, inkonsistensi hasil, hilangnya minat belajar anak, prestasi tidak sesuai dengan potensi, munculnya gangguan tingkah laku atau gangguan emosi, serta menurunnya rasa percaya diri anak.

Diah Prasetyawati, Amd, OT, SPd dari Bintaro Women & Children Clinic (BWCC), sebuah klinik spesialis ibu dan anak di Jl. Maleo Raya, Bintaro Sektor 9, yang melayani persalinan normal layaknya di rumah sendiri, menyatakan, salah satu bentuk kesulitan belajar adalah dyslexia, yaitu kesulitan mengolah bahasa. Di sini sang anak menghadapi masalah dalam membaca, menulis, mengeja dan bicara. Sebagai contoh, ia menulis angka 2 dan 3 terbalik serta sukar diajar membaca.

Di klinik BWCC menyediakan terapi dan bimbel bagi anak berkebutuhan khusus yakni mereka yang kesulitan belajar, autisme, ADHD, Down sindrom, gangguan bicara dan celebral palsy.

Terapi yang Diberikan

Sebagai terapis, dr Diah Prasetyawati  akan melakukan pengecekan kemampuan motorik sang anak. Ada 2 macam kemampuan motorik yakni motorik kasar dan motorik halus.

Motorik kasar adalah gerakan tubuh yang menggunakan otot-otot besar, sebagian besar atau seluruh anggota tubuh, yang dipengaruhi oleh usia, berat badan dan perkembangan anak secara fisik. Contohnya kemampuan duduk, menendang, berlari, atau naik turun tangga.

Sebaliknya, motorik halus adalah kemampuan yang berhubungan dengan keterampilan fisik yang melibatkan otot kecil dan koordinasi mata-tangan. Saraf motorik halus ini dapat dilatih dan dikembangkan melalui kegiatan dan rangsangan secara rutin, seperti bermain puzzle, menyusun balok, memasukan benda ke dalam lubang sesuai bentuknya dan sebagainya.

dr Diah Prasetyawati

Terapi yang diberikan bisa bermacam-macam khususnya untuk melatih kemampuan motorik halusnya. Untuk anak yang sulit menulis, dapat dilatih kemampuan tangannya misalnya dengan latihan menggunting atau membuat prakarya. Dengan demikian otot-otot tangannya akan kuat untuk menulis.

Info lebih lanjut:

Bintaro Women Children Clinic (BWCC)
Jl. Maleo Raya Blok JC 1 No. 6
Bintaro Sektor 9
Phone: (021) 7450873
Website: www.bwcc.web.id

 

(EGS)