Berita Utama

Amar Bank Kembangkan Intelligence Banking untuk Terus Tingkatkan Layanan Keuangan Digital

Penerapan intelligence banking dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan pada layanan perbankan masa kini telah menjadi tren baru yang lahir dari penetrasi digital yang pesat berkembang di tengah masyarakat. Penerapan teknologi AI tersebut dapat mendorong pendapatan perbankan melalui peningkatan melalui peningkatan personalisasi layanan kepada pelanggan dan karyawan.

Oleh karena itu, penerapan AI mempunyai manfaat yang besar bagi industri perbankan di Indonesia. Terutama di era digital seperti sekarang ini, dimana bank dituntut untuk menyediakan layanan yang cepat dan praktis.

Di Indonesia, permintaan layanan bank digital semakin besar seiring dengan pertumbuhan jumlah pengguna aktif internet di tahun 2020 yang mencapai 175,4 juta orang atau 64% dari total penduduk Indonesia.1 Pandemi COVID-19 juga telah mempercepat layanan perbankan untuk mengadopsi teknologi digital.

Dalam beberapa bulan pertama pandemi, penggunaan online mobile banking dalam negeri telah meningkat sekitar 20% hingga 50%.2 Dengan semakin meningkatnya permintaan layanan digital tersebut, bank diharapkan dapat memberikan layanan yang lebih cepat, mudah, praktis, dengan biaya terjangkau, dan kemudahan akses dimanapun dan kapanpun.

“Era digital telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam mengakses layanan perbankan. Sebuah riset menunjukkan bahwa 40% responden lebih memilih transaksi perbankan secara online dan 42% juga akan lebih menggunakan mobile banking dibanding 8% yang mengatakan tidak.2 Data tersebut menunjukkan bahwa di era digital seperti sekarang ini, sebagian besar nasabah lebih memilih untuk menggunakan digital platform untuk layanan perbankan yang lebih mudah diakses.

Terlebih lagi dengan penerapan teknologi AI, akan memberikan banyak manfaat bagi nasabah maupun perbankan,” kata Chief Technology Officer Amar Bank, Kevin Kane dalam gelaran acara MarkPlus Conference 2021.

Menurut data McKinsey & Company, terdapat beberapa keuntungan dalam menggunakan AI di layanan perbankan. Pertama, meningkat revenue melalui peningkatan personalisasi layanan kepada nasabah maupun karyawan. Kedua, menurunkan pengeluaran melalui efisiensi dari teknologi otomatisasi, mengurangi error rates, dan pemanfaatan sumber daya yang lebih baik. Terakhir, bank dapat menangkap peluang baru berdasarkan data yang telah dikumpulkan.2

Selain AI, terdapat infrastruktur lainnya yang dibutuhkan dalam mendukung intelligence bank, yaitu Cloud, Data, dan Application Programming Interface (API). “Dengan menggunakan cloud, bank dapat meningkatkan skalabilitas dan kecepatan dari computer engine yang membantu dalam proses layanan perbankan.

Di sisi lain, data seorang nasabah di layanan perbankan kadang terpisah-pisah. Jika data dapat diintegrasikan dalam satu tempat, pengelolaan data dan kegiatan pemasaran perbankan akan dapat lebih tepat sasaran. Sementara itu, integrasi API juga dibutuhkan untuk membantu ketersediaan data dan menyediakan end-to-end services kepada nasabah,” tambah Kevin Kane.

Intelligence banking merupakan perbankan digital yang didukung oleh kapabilitas kecerdasan buatan (AI) untuk memberikan pengalaman perbankan yang mudah, cerdas, dan terpersonalisasi. Pengamat ekonomi dan digital perbankan dari Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara berpendapat bahwa perbankan digital yang ada saat ini lebih bersifat menyediakan layanan perbankan yang ter-digitalisasi.

Untuk memenuhi ekspektasi nasabah yang terus meningkat dan tetap bersaing di era digital yang penuh dengan kecanggihan tekonologi, maka perbankan yang mengutamakan teknologi AI akan mampu menyediakan layanan dan pengalaman yang cerdas (intelligent), dipersonalisasi sesuai dengan prilaku dan kebutuhan nasabah, serta omnichannel yang lebih seamless menghasilkan produk dan layanan yang lebih relevan. Oleh karena itu, kedepan intelligence banking akan bisa menjadi masa depan bagi layanan perbankan, karena memanfaatkan teknologi baru sebagai bentuk pelayanan kepada nasabah.

“Melalui sebuah aplikasi perbankan dengan teknologi AI dapat memberikan banyak manfaat bagi nasabah dan juga meningkatkan customer experience, seperti memahami pola pengeluaran nasabah, mendapatkan kemudahan dan keamanan melakukan pembayaran dalam bertransaksi, menganalisis kesehatan keuangan nasabah, mendapatkan solusi dan saran dalam pengelolaan keuangan sehari-hari baik itu untuk menabung maupun investasi, serta bisa mendapatkan tampilan portofolio tabungan dan Investasi serta keuntungan yang akan didapat.

Berbagai manfaat tersebut tentunya akan dapat mendukung pengelolaan keuangan serta gaya hidup yang lebih baik. Selain itu, dengan mengadopsi teknologi digital dan AI, akan menjadikan perbankan konvensional lebih mudah menjalankan layanan seperti yang sudah dijalankan oleh aplikasi yang dimiliki perusahaan fintech. Penelitian yang dilakukan dalam konteks Indonesia menyebutkan pemanfaatan teknologi AI juga meningkatkan tingkat inovasi secara nasional sebesar 57% pada tahun 2021.” kata Bhima Yudhistira.

Melihat pesatnya perkembangan teknologi digital dan AI, mendorong PT Bank Amar Indonesia Tbk. (“Amar Bank”), sebagai perusahaan teknologi dengan lisensi perbankan dan bank digital murni pertama yang fokus pada pengembangan digital-only bank di Indonesia, untuk terus bertransformasi dan berkembang mengikuti perkembangan digitalisasi agar dapat melayani masyarakat Indonesia. “Amar Bank berkomitmen terhadap inovasi yang mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik.

Berangkat dari komitmen tersebut, Amar Bank telah memperkenalkan pinjaman digital pertama di Indonesia melalui Tunaiku dan baru-baru ini juga telah meluncurkan inovasi produk berbasis aplikasi perbankan seluler berbasis AI, Senyumku,” ujar Kevin Kane.

Aplikasi Tunaiku dan Senyumku hadir untuk dapat berkontribusi dalam upaya untuk meningkatkan kehidupan masyarakat Indonesia. Aplikasi Tunaiku mengutamakan kebutuhan nasabah dalam melakukan pengembangan produk dan fitur serta memberikan akses keuangan kepada masyarakat yang belum atau kurang terlayani oleh perbankan atau jasa keuangan formal.

Sedangkan aplikasi Senyumku merupakan aplikasi mobile-only intelligent bank pertama di Indonesia yang memanfaatkan kecerdasan buatan (AI) yang canggih dalam memberikan layanan perbankan yang personal kepada nasabah dan masyarakat, khususnya kaum milenial. Senyumku dirancang untuk membantu nasabah menumbuhkan kebiasaan menabung, melacak pengeluaran, dan berinvestasi secara teratur untuk masa depan.

“Kami percaya, dengan memanfaatkan big data dan teknologi AI melalui kedua produk tersebut, diharapkan dapat membantu menyederhanakan proses layanan keuangan dengan tetap mengutamakan prinsip kehati-hatian, melayani lebih banyak orang, dan mengubah hidup nasabah menjadi lebih baik,” tutup Kevin Kane.

(EV)

 

Baca Juga

  • Maingame.com dan Bukalapak Gelar Turnamen Asik demi Mendukung Pertumbuhan Industri Gaming Tanah Air

    Maingame.com dan Bukalapak Gelar Turnamen Asik demi Mendukung Pertumbuhan Industri Gaming Tanah Air

    Maingame.com kini hadir di aplikasi Bukalapak lewat program Turnamen Asik. CEO MainGame.com Anton Soeharyo mengatakan memiliki visi membangun industri permainan sebagai subsektor industri kreatif tanah air agar terus tumbuh dan berkembang. “Kerja sama dengan Bukalapak merupakan salah satu cara kami membangun industri permainan di Indonesia,” kata Anton. Upaya ini, menurut Anton, merupakan langkah awal untuk […]
  • Foto : Melatih Percaya Diri Anak, Shinkenjuku Bintaro Sektor 9 Mengadakan Lomba Kemampuan Berpikir Matematika

    Foto : Melatih Percaya Diri Anak, Shinkenjuku Bintaro Sektor 9 Mengadakan Lomba Kemampuan Berpikir Matematika

    Untuk melatih kepercayaan diri anak menghadapi perlombaan, Shinkenjuku Bintaro Sektor 9, sebuah lembaga bimbingan belajar dari Jepang dengan penekanan belajar itu menyenangkan mengadakan Lomba Kemampuan Berpikir Matematika pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017. Lomba yang mengambil tempat di Shinkenjuku Bintaro 9, Jl. Maleo I Blok JA 1 No. 1, Bintaro Sektor 9 ini diikuti oleh […]
  • Huawei Buktikan Komitmen Pengembangan Huawei Mobile Service & App Gallery

    Huawei Buktikan Komitmen Pengembangan Huawei Mobile Service & App Gallery

    Seri HUAWEI P40 mendatang akan dilengkapi dengan instalasi AppGallery, pasar aplikasi resmi Huawei dan salah satu dari tiga platform distribusi aplikasi top dunia. AppGallery membuka pintu ke dunia aplikasi global berkualitas yang memanfaatkan kemampuan unik yang ditawarkan perangkat Huawei – seperti HiAI dan konektivitas yang unik, media, sistem dan kemampuan keamanan – serta aplikasi yang […]
  • Kiat Bugar Saat Traveling di Bulan Puasa

    Kiat Bugar Saat Traveling di Bulan Puasa

    Bulan Ramadan telah tiba. Bagi umat Muslim, menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh menjadi sebuah kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Menahan rasa haus dan lapar mungkin terasa berat di tengah aktivitas padat, salah satunya saat traveling. Otomatis, kamu membutuhkan tubuh yang bugar selama traveling di bulan puasa. Selain mengonsumsi makanan bergizi, simak tips dari PEGI […]
  • Soroti Pekerja Harian Terdampak COVID-19, RoomMe Kolaborasi Bersama 12 Musisi, Hadirkan Kampanye Amal #TogetherApart

    Soroti Pekerja Harian Terdampak COVID-19, RoomMe Kolaborasi Bersama 12 Musisi, Hadirkan Kampanye Amal #TogetherApart

    Pandemi COVID-19 memberikan dampak dari berbagai sisi, bukan hanya bagi aspek kehidupan sosial, tapi juga kesehatan dan perekonomian. Bersama 12 musisi dan influencer, RoomMe hadirkan serangkaian Kampanye Amal #TogetherApart. “Sebuah wujud nyata kepedulian kita untuk semua kalangan yang kini tengah berusaha bangkit dari pandemi global COVID-19, khususnya untuk mereka yang menggantungkan hidupnya pada pendapatan harian. Kami bersama […]
  • Meriahnya Berbagai Lomba Perayaan 17-an di Riverpark Bintaro

    Meriahnya Berbagai Lomba Perayaan 17-an di Riverpark Bintaro

    Berbagai cara dilakukan oleh semua anggota masyarakat untuk memeriahkan perayaan Hari Kemerdekaan RI setiap tanggal 17 Agustus. Perayaan 17 Agustus telah menjadi saat dimana semua orang bergembira dan saling menjalin silaturahmi dengan berbagai acara yang diadakan. Seperti yang dilakukan oleh warga RT 01 Cluster Riverpark Blok GF, Bintaro Sektor 8. Bertempat di area taman Blok […]
  • Berolah Raga Sambil Bersantai di Puri Club House

    Berolah Raga Sambil Bersantai di Puri Club House

    Info Bintaro (IB) – Kawasan Bintaro merupakan kawasan kaum urban yang telah dipenuhi berbagai aktivitas sehari-hari yang melelahkan,. Tidak heran disela-sela waktu luang yang tersedia, berbagai hal jika memungkinkan bisa dikerjakan juga, salah satunya adalah berolah raga. Namun apa yang bisa dilakukan sambil berolah raga? Jawabannya bersantai. Kok bisa? Simak liputan dari Info Bintaro berikut […]
  • PT Piaggio Indonesia Memperkuat Vespa Primavera dan Vespa Sprint dengan Menghadirkan Generasi “S” Terbaru

    PT Piaggio Indonesia Memperkuat Vespa Primavera dan Vespa Sprint dengan Menghadirkan Generasi “S” Terbaru

    PT Piaggio Indonesia melanjutkan komitmen untuk memperkuat Premiumization Roadmap Strategy dengan memberikan produk-produk terbaik yang kini terwujud dalam produk unggulan terbarunya, Vespa Primavera S 150 i-get ABS dan Vespa Sprint S 150 i-get ABS. Generasi ‘S’ terbaru hadir dengan teknologi termutakhir, pilihan warna terbaru dan tampilan estetika mempesona yang menambahkan kesan dan karakter berani dan […]
  • Hadirkan UEFA Champions League ke Rumah Masyarakat Indonesia, Heineken Ingatkan Fans Tidak Pernah Sendirian

    Hadirkan UEFA Champions League ke Rumah Masyarakat Indonesia, Heineken Ingatkan Fans Tidak Pernah Sendirian

    UEFA Champions League masih menjadi salah satu kompetisi sepak bola tahunan yang paling dinantikan di dunia, meskipun cara para penggemar di dunia menontonnya harus berubah, termasuk di Indonesia. Sebagai merek bir premium dunia yang telah menjadi sponsor resmi UEFA Champions League sejak 2005, Heineken berkomitmen untuk terus menunjukkan dukungan jangka panjangnya kepada kompetisi tersebut dan […]
  • Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise, Graha Raya

    Lezatnya Ayam Bakar Taliwang Dokey Sunrise, Graha Raya

    Kekayaan kuliner Indonesia seakan tidak ada habis-habisnya. Berbagai daerah memiliki masakan khas yang diwariskan turun temurun. Masakan-masakan tradisional ini ternyata tidak hanya disukai oleh orang-orang lokal setempat, dengan perkembangan informasi dan pemberitaan berbagai media, masakan-masakan tradisional ini nyatanya disukai oleh masyarakat luas. Seperti juga kemunculan ayam goreng Taliwang beberapa tahun belakangan ini. Ayam Taliwang adalah […]
  • Cozyfield Hadirkan Layanan Pesan Antar Sajian Khas Lebaran

    Cozyfield Hadirkan Layanan Pesan Antar Sajian Khas Lebaran

    Sebagai perusahaan yang bergerak dinamis, sejak 2015 Gramedia telah mengembangkan bisnis kuliner yang menghadirkan sajian kopi Nusantara dan variasi makanan Indonesia yang lezat dan menyehatkan. Dengan menyesuaikan selera masyarakat Indonesia masa kini, di bawah naungan Gramedia, Cozyfield hadir untuk menjadi jawaban. Beberapa hari mendatang, sebagian besar masyarakat Indonesia akan merayakan Idulfitri. Di tengah pandemi covid-19 […]
  • Sasar Milenial, HKR dan UrbanAce Dorong Penjualan Amethyst Tower

    Sasar Milenial, HKR dan UrbanAce Dorong Penjualan Amethyst Tower

    Menyasar pasar millennials yang jadi potensi pasar terbesar industri properti saat ini, PT HK Realtindo (HKR), anak usaha PT. Hutama Karya, menjalin kerja sama dengan protal properti UrbanAce.com. Kerja sama tersebut difokuskan pada penjualan unit apartemen Amethyst Tower di Kemayoran, Jakarta.Pusat. Kerja sama tersebut membuat urbanace yang memiliki sistem pemasaran real estate secara daring dan […]
  • Samsung Hadirkan Galaxy A31: The Next Generation Awesome Live

    Samsung Hadirkan Galaxy A31: The Next Generation Awesome Live

    Samsung Electronics Co., Ltd. memperkenalkan Galaxy A31, sebagai varian terbaru dari rangkaian seri Galaxy A. Terinspirasi dari inovasi menarik yang telah dikembangkan oleh Samsung, Galaxy A31 merupakan suatu perangkat yang menjadi “The Next Generation Awesome Live”, karena menawarkan berbagai fitur yang telah ditingkatkan. Diantaranya layar lebih luas 6.4-inch  Infinity-U display , untuk memberikan pengalaman menonton […]
  • Pemprov Banten Selesaikan Inventarisasi Aset SMA/SMK 2018

    Pemprov Banten Selesaikan Inventarisasi Aset SMA/SMK 2018

    Pemerintah Provinsi Banten melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) akan menuntaskan inventarisasi aset terkait pelimpahan kewenangan SMA/SMK tahun 2018 ini agar tidak menjadi temuan BPK dalam LHP tahun berikutnya. Kepala DPKAD Provinsi Banten Nandy Mulya di Serang, Rabu mengatakan, dari hasil serah terima Personil, Pendanaan, Sarana dan Prasarana serta Dokumen (P3D) dalam rangka […]
  • Hero Baru Tagahl Sherekhan Hadir Di “Shadow Arena”

    Hero Baru Tagahl Sherekhan Hadir Di “Shadow Arena”

    Pearl Abyss mengumumkan bahwa hari ini Hero baru telah hadir di Shadow Arena, Hero terbaru di game action battle royale sekarang telah tersedia pada Early Access di Steam. Shadow Arena, Game free-to-play sekarang telah menyediakan 11 Hero, dimana setiap karakter memerlukan strategi dan cara bertarung yang berbeda satu sama lain. Menelusuri ceritanya di kisah Black Desert Online, Tagahl Sherekhan adalah keturunan dari […]
  • Diler Resmi PT Piaggio Indonesia Siap Menyambut Konsumen dengan Penerapan Prosedur Kesehatan

    Diler Resmi PT Piaggio Indonesia Siap Menyambut Konsumen dengan Penerapan Prosedur Kesehatan

    Juni menjadi bulan yang penuh dengan semangat positif bagi PT Piaggio Indonesia, semangat ini juga dibagikan kepada seluruh pelanggan kesayangannya. PT Piaggio Indonesia menyempurnakan program “Live More with A New Start” yang difokuskan kepada kepuasan pelanggan, dengan penerapan prosedur kesehatan pada diler resminya sehingga setiap pelanggan yang ingin mengunjungi Diler Resmi Piaggio Vespa dapat merasa […]
  • Gudeg Seenak Gudeg di Jogja, Ya Gudeg Bu Dibyo

    Gudeg Seenak Gudeg di Jogja, Ya Gudeg Bu Dibyo

    Gudeg merupakan kuliner yang mudah ditemukan di berbagai tempat. Tidak hanya di kota asalnya Yogyakarta, gudeg bisa ditemukan di berbagai kota di Indonesia. Begitu pun di Bintaro, di berbagai lokasi kita mudah menemukan gerai yang menyajikan gudeg. Karena mudahnya kita menemukan gudeg, terkadang kita harus melakukan coba-coba terlebih dahulu sampai menemukan gerai yang menyajikan gudeg yang […]
  • Sukarela Menjalani Rehabilitasi Narkotika (Dalam Rangka Memperingati Hari Narkoba Internasional 26 Juni)

    Sukarela Menjalani Rehabilitasi Narkotika (Dalam Rangka Memperingati Hari Narkoba Internasional 26 Juni)

    Indonesia dinyatakan darurat narkotika pertama kali oleh Presiden Soeharto pada tahun 1971 dan status ini tidak berubah sampai lebih dari 40 tahun kemudian. Bahkan, jumlah pengguna narkotika di Indonesia justru cenderung meningkat setiap tahun. Hasil survei Pusat Penelitian Kesehatan Universitas Indonesia (Puslitkes UI) menyatakan bahwa pada awal tahun 2014 terdapat 4.1 juta jiwa pengguna narkotika […]
  • Tradisi Kembang Api di Malam Tahun Baru

    Tradisi Kembang Api di Malam Tahun Baru

    Penemuan kembang api diyakini berasal dari 2 ribu tahun lalu di China. Keberadaanya muncul saat koki China tidak sengaja mencampur materi KN03, belerang dan arang. Bahan tersebut dipanaskan di atas api dan dikeringkan sehingga menghasilkan bubuk pipih hitam yang jika dibakar akan menghasilkan ledakan yang keras. Campuran awal ini dikenal sebagai bubuk mesiu. Nama China […]
  • Menu Fusion Kekinian di Balboa Eatery

    Menu Fusion Kekinian di Balboa Eatery

    Apakah Anda pecinta rice bowl dan sunny side up? Gak perlu jauh-jauh, sekarang di Bintaro Sektor 9, tepatnya di Balboa Eatery, Anda dapat menemukan menu kekinian ini. Tempat nongkrong asyik yang ada di Jalan Maleo Bintaro ini mulai beroperasi pada tanggal 8 Juni lalu. Boleh dikata saat ini masih merupakah fase soft opening. Grand opening […]

Tinggalkan Balasan