Uncategorized

Aktivitas Digital Masyarakat Dorong Pertumbuhan Trafik Layanan Data Telkomsel di Momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021

Telkomsel mengawali 2021 dengan memperdalam peran sebagai connectivity enabler untuk melanjutkan inisiatif optimalisasi jaringan broadband dan layanan yang dilakukan saat momen Natal 2020 dan Tahun Baru 2021 (NARU 2020/2021). Tercatat selama periode tersebut, trafik layanan data atau payload Telkomsel yang dimanfaatkan masyarakat mencapai sekira 36,61 petabyte.

Lonjakan trafik komunikasi data tersebut mempertegas wujud nyata komitmen Telkomsel sebagai perusahaan telekomunikasi digital yang terus bergerak maju menghadirkan kenyamanan pelanggan dalam mengakses produk dan layanan berbasis digital melalui jaringan broadband Telkomsel berteknologi terdepan yang andal, terluas, dan merata sepanjang 2021 nantinya.

Direktur Utama Telkomsel Setyanto Hantoro mengatakan, “Kami sangat antusias bisa kembali menghadirkan semangat yang membuka banyak peluang guna membuka tahun yang baru bersama masyarakat di seluruh penjuru negeri. Telkomsel bersyukur tetap dipercaya untuk dapat mendampingi pelanggan dalam memaknai momen pergantian tahun dengan rasa sukacita melalui ketersediaan produk, layanan, dan konektivitas yang andal, walau di tengah masa pandemi COVID-19 yang penuh tantangan seperti saat ini. Semoga, tahun 2021 memberikan harapan dan semangat baru bagi kita semua akan kehidupan yang lebih baik serta mendorong optimisme serta motivasi untuk memenuhi berbagai resolusi ke depan melalui tindakan nyata berdampak positif.”

Telkomsel mencatat berbagai temuan penting mengenai trafik komunikasi selama momen NARU 2020/2021. Jika dibandingkan dengan hari biasa di tahun 2020, trafik komunikasi khusus di momen hari raya Natal 2020 mengalami peningkatan aktivitas masyarakat dalam mengakses layanan data/digital dengan kenaikan payload sebesar 7,77%. Sedangkan jika dibandingkan dengan hari Natal 2019, trafik data di hari Natal 2020 pun tumbuh sekira 45,98%.

Lonjakan trafik komunikasi layanan data di hari Natal 2020 tersebut didorong dengan peningkatan akses layanan digital dari hari biasa, yakni melalui akses browsing yang naik hingga 14,4%, layanan streaming video sebesar 9,12%, layanan media sosial sebesar 7,85%, layanan berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) mencapai 6,26%, serta layanan aplikasi/situs media daring yang juga naik sebesar 4,61%.

Sedangkan untuk trafik komunikasi sepanjang periode momen hari raya Natal 2020 hingga Tahun Baru 2021, terjadi pertumbuhan trafik komunikasi layanan data (payload) sebesar 13,15% jika dibandingkan dengan rerata payload pada hari normal 2020, dengan total payload yang mencapai 36,61 petabyte. Kemudian jika dibandingkan dengan periode NARU 2019/2020, trafik layanan data yang dibukukan tahun ini naik 53,28%. Diketahui juga bahwa 1 Januari 2021 menjadi puncak dari peningkatan trafik layanan data yang terjadi pada momen NARU 2020/2021.

Pencapaian tersebut tentunya didorong dari perubahan perilaku pelanggan yang semakin kuat mengadopsi layanan digital untuk mendukung aktivitas keseharian. Tercatat terjadi pertumbuhan tingkat akses terhadap sejumlah layanan digital seperti layanan e-commerce yang mencapai 26,55%, aplikasi berbasis communications (seperti instant messaging dan layanan video conference) yang melonjak hingga 17,58%, lonjakan akses browsing naik sekira 17,31%, layanan media sosial yang tumbuh sebesar 14,28%, penggunaan layanan hiburan digital streaming video sebesar 12,22%, serta eskalasi aktivitas mobile gaming mencapai 10,79%. Seluruh peningkatan tersebut merupakan perbandingan antara aktivitas pelanggan saat NARU 2020/2021 dengan rerata hari biasa sepanjang 2020.

Telkomsel juga menemukan sejumlah aplikasi digital seperti Telegram, Netflix, MAXstream, TikTok, WhatsApp, dan Instagram sebagai enam platform yang memberikan kontribusi tertinggi terhadap trafik penggunaan layanan data secara umum.

Secara keseluruhan, platform media sosial menjadi saluran yang paling sering diakses oleh pelanggan dengan proporsi 30,19% dari total jenis layanan berbasis data yang diakses selama momen NARU 2020/2021, diikuti video, communications, games, dan e-commerce yang secara berurutan memiliki proporsi 28,27%, 19,58%, 2,64%, dan 1,85%.

Kemudian, jika dilihat berdasarkan pembagian wilayah, wilayah operasional Sumbagut (Sumatera bagian utara) yang terdiri dari provinsi Sumatera Utara dan Nanggroe Aceh Darussalam menjadi wilayah dengan kenaikan trafik layanan data tertinggi, yaitu sekira 20,61%. Setelahnya ada wilayah Jawa Tengah yang mencatatkan peningkatan payload sebesar 17,64%. Sedangkan Sulawesi, Sumbagsel atau Sumatera bagian selatan (Sumatera Selatan, Lampung, Jambi, Bangka Belitung, Bengkulu), dan Balinusra (Bali, Nusa Tenggara) melengkapi posisi lima besar dengan pertumbuhan trafik layanan data masing-masing mencapai 15,82%, 15,63%, dan 14,68%, jika dibandingkan payload pada hari biasa sepanjang 2020.

Di lain sisi, untuk trafik layanan legacy (SMS dan suara) pada periode NARU 2020/2021 jika dibandingkan dengan hari biasa 2020, tercatat menghasilkan trafik SMS yang mencapai 612,3 juta pesan singkat, atau tumbuh sebesar 7,02%. Sedangkan untuk layanan suara, trafiknya berada di angka 0,914 miliar menit, atau turun sebesar 4,43%. Jika dibandingkan dengan periode NARU 2019/2020, trafik layanan SMS mengalami peningkatan 2,87%, sedangkan trafik layanan suara menurun 18,23%.

Menariknya lagi, Telkomsel juga menemukan adanya peningkatan pemakaian dari tiga layanan digital Telkomsel yakni CloudX, VoLTE, dan MAXstream. Dibandingkan dengan hari-hari biasa di 2020, pertumbuhan pemanfaatan platform virtual meeting/conference CloudX bahkan mencapai 379,55%. Selanjutnya, kenaikan layanan VoLTE meningkat 48,43%, sedangkan kenaikan platform video streaming MAXstream mencapai 43,33%.

Setyanto lebih lanjut menambahkan, pencapaian tersebut menunjukkan peningkatan tren video streaming secara keseluruhan serta semakin tumbuhnya minat pelanggan untuk menikmati hiburan digital berkelas dunia dan berkualitas yang disajikan MAXstream, untuk mengisi waktu liburan NARU 2020/2020.

Selain itu, angka tersebut juga menunjukkan akan adanya kebutuhan pelanggan untuk terus terhubung dengan kerabat terdekat melalui berbagai macam saluran, terlebih momen pergantian tahun ini masih harus dirayakan dengan memaksimalkan aktivitas digital dan pertemuan virtual sebagai dampak untuk beradaptasi dengan kebiasaan baru di masa pandemi COVID-19 yang masih berlangsung.

“Kami sangat mengapresiasi dan semakin terinspirasi karena ragam inovasi layanan digital dari Telkomsel nyatanya dapat berguna dan dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Hal ini semakin memacu kami untuk menghadirkan inovasi layanan berbasis digital yang lebih memberikan dampak dengan menyesuaikan kebutuhan masyarakat di setiap fase kehidupan,” ungkap Setyanto.

Optimalisasi Jaringan serta Ketersediaan Produk dan Layanan

Sebelumnya, Telkomsel telah mengambil langkah antisipatif dengan menentukan 550 point of interest (POI) di seluruh Indonesia. POI tersebut mencakup 304 area residensial, 23 wilayah rumah sakit utama penanganan COVID-19, serta 223 titik strategis utama lainnya di tiap provinsi (meliputi titik jalur distribusi logistik seperti bandara, pelabuhan, jalan, serta fasilitas umum lain).

Dari situ, Telkomsel melakukan optimalisasi jaringan di POI tersebut dengan mengoperasikan tambahan 587 BTS 4G LTE baru, dan 69 unit Compact Mobile BTS (COMBAT) serta menambah kapasitas gateway internet menjadi 6.880 Gbps untuk menjamin kelancaran akses layanan data bagi pelanggan di seluruh Indonesia.

Selain itu, sepanjang momen NARU 2020/2021 ini Telkomsel juga menjamin ketersediaan produk dan layanan guna memastikan kenyamanan pengguna selama momen pergantian tahun. Upaya tersebut dilakukan dengan memperkuat koordinasi bersama lebih dari 60.000 mitra strategis, yang terdiri dari 61 mitra distributor dan 530 Telkomsel Distribution Center, 51.980 mitra modern channel, 3.644 mitra outlet/reseller Siaga, 3.827 Sales Agent, 23 mitra e-commerce dan fleet management, serta 43 mitra perbankan.

“Keluarga besar Telkomsel tak lupa ingin mengucapkan selamat Hari Raya Natal 2020 bagi masyarakat yang merayakan, dan selamat memasuki Tahun Baru 2021 untuk seluruh masyarakat Indonesia. Berbagai upaya tersebut pun sudah kami gelar dengan memastikan terpenuhinya beragam kebutuhan masyarakat, khususnya untuk akses layanan broadband dan digital di tengah pandemi COVID-19 yang masih kita hadapi.

Hal ini tentunya tidak akan menghentikan kami menghadirkan semangat untuk semua dalam memastikan prinsip customer-centric di setiap penyelenggaraan produk, layanan, dan konektivitas demi terus meningkatkan user experience agar dapat menghadirkan lebih banyak kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi lebih baik dan terus melesat bersama masyarakat Indonesia di masa mendatang,” pungkas Setyanto.

Baca Juga

  • Jakarta New Year Concert 2017

    Jakarta New Year Concert 2017

    Sudah menjadi tradisi di Jakarta di bulan Januari diadakan The Jakarta New Year Concert (JNYC) dengan musik klasik. Penyelenggaranya adalah pianis & komponis Ananda Sukarlan dengan Yayasan Musik Sastra Indonesia dan The Grand Piano. Tema tahun ini adalah tentang perbedaan dan toleransi, berjudul “Differences Unite”. “Perbedaan itu justru yang membuat musik itu jadi indah. Tuts […]
  • Penyerahan Sertifikat Kolaborasi dari Pihak Dompet Dhuafa kepada Mobilkamu

    Penyerahan Sertifikat Kolaborasi dari Pihak Dompet Dhuafa kepada Mobilkamu

    Kemarau panjang kini membuat beberapa daerah mengalami kekeringan dan juga tingkat polusi meningkat. Sebanyak 900,000 warga DKI Jakarta terserang ISPA akibat tingginya tingkat polusi udara. Untuk mengurangi tingkat polusi, beberapa waktu yang lalu Mobilkamu melakukan penggalangan dana untuk membeli tanaman Sansevieria atau tanaman Lidah Mertua. Program donasi #WeNasionalism telah diselenggarakan Mobilkamu.com sejak 13 Agustus 2019 […]
  • Gepuk Si Nyonyah, Gepuk Lezat Harga Bersahabat

    Gepuk Si Nyonyah, Gepuk Lezat Harga Bersahabat

    Gepuk alias empal merupakan masakan khas asal Jawa Barat yang terbuat dari daging sapi, Daging sapi dipotong segi empat tipis yang diiris searah dengan serat daging, kemudian direbus dengan kuah bumbu sampai empuk (diungkep), kemudian di pukul-pukul hingga agak empuk baru digoreng dengan sedikit minyak hingga berwarna kecokelatan. Rasanya agak manis. Cara penyajiannya dengan nasi putih […]
  • Halodoc, Startup di Bidang Layanan Kesehatan Paling Inovatif di Asia Pasifik, Raih US$65 Juta Dalam Upaya Meningkatkan Akses Layanan Kesehatan di Seluruh Indonesia

    Halodoc, Startup di Bidang Layanan Kesehatan Paling Inovatif di Asia Pasifik, Raih US$65 Juta Dalam Upaya Meningkatkan Akses Layanan Kesehatan di Seluruh Indonesia

    Halodoc, platform layanan kesehatan terkemuka di Indonesia, meraih US$65 juta dalam pendanaan Seri B, yang dipimpin investor baru UOB Venture Management. Investor baru lainnya dalam babak pendanaan tersebut termasuk Singtel Innov8, Korea Investment Partners dan WuXi AppTec. Investor yang telah bergabung sebelumnya juga ikut berpartisipasi. Halodoc adalah platform layanan kesehatan digital yang mencakup aplikasi seluler […]
  • Menilik Kenikmatan dan Potensi Bisnis dari Secangkir Kopi

    Menilik Kenikmatan dan Potensi Bisnis dari Secangkir Kopi

    Menjamurnya bisnis coffee shop belakangan ini menunjukkan adanya peningkatan minat masyarakat akan kebiasaan mengonsumsi kopi. Tak hanya dari jenis kopinya, ketertarikan terhadap coffee shop juga didukung oleh hal-hal unik lainnya yang ditawarkan oleh coffee shop tersebut. Beberapa hal yang ditonjolkan untuk menarik perhatian pengunjung antara lain lokasi yang strategis, konsep kedai yang menarik, hingga penyajian […]
  • Foto : Kantin Murah, Alternatif Pengisi Perut di Graha Raya yang Ramah di Kantong

    Foto : Kantin Murah, Alternatif Pengisi Perut di Graha Raya yang Ramah di Kantong

    Kantin yang murah untuk makan di luar rumah masih tetap dicari orang. Hanya dengan sedikit uang, bisa makan kenyang. Kantin Murah 68 dapat menjadi pilihan Anda bila berkunjung ke wilayah Graha Bintaro, tepatnya di Graha Raya Bintaro blok G10 No. 01. Kantin ini buka setiap hari dari jam 10 pagi sampai jam 10 malam. Saat Info Bintaro […]
  • Firefox Kini Tersedia dengan Fitur Perlindungan yang Lebih Baik

    Firefox Kini Tersedia dengan Fitur Perlindungan yang Lebih Baik

    Tahun lalu, Firefox buatan Mozilla mengumumkan pendekatan baru terhadap antipelacakan internet, dan komitmen bantuan agar berbagai orang tetap aman saat menggunakan Firefox kapan saja. Salah satu dari inisiatif tersebut adalah memblokir kuki (cookies) dari pelacak pihak ketiga yang dikenali di Firefox. Hari ini, Firefox akan menjalankan fitur tersebut, Enhanced Tracking Protection (Perlindungan yang Lebih Baik dari Pelacakan Internet), […]
  • Indosat Ooredoo Pastikan Kesiapan Jaringan Jelang Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

    Indosat Ooredoo Pastikan Kesiapan Jaringan Jelang Libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020

    Indosat Ooredoo menyatakan kesiapan jaringan dan layanannya untuk mendukung aktivitas komunikasi pelanggan selama masa-masa libur perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Indosat Ooredoo terus melakukan pembangunan BTS 4G secara masif sejak akhir tahun lalu, melakukan peningkatan kapasitas untuk layanan Data, serta melakukan pemantauan intensif melalui Indosat Ooredoo Network Operation Center (INOC) dan Indosat Ooredoo […]
  • Pameran UMKM “The I Corner” Gramedia Emerald

    Pameran UMKM “The I Corner” Gramedia Emerald

    Apa hubungan antara selingkuh, poligami, edukasi BH dan MCK dengan UMKM? Ternyata ada, keempat kata yang konotasinya agak ‘miring’ itu merupakan program-program yang dikembangkan oleh Enigami, sebuah UMKM industri kreatif yang menghasilkan berbagai produk siap pakai dengan menggunakan limbah kertas. Keempat program itu merupakan program pemberdayaan masyarakat untuk mengumpulkan, mengolah dan memasarkan produk-produk yang dihasilkannya. […]
  • Menghias Ruang, Menata Hidup

    Menghias Ruang, Menata Hidup

    Mendekor sangat mudah bila Anda dapat menemukan produk dekorasi berkualitas terbaik. Tidak hanya manis di mata, tapi juga memiliki fungsi yang baik & berdampak positif bagi pengguna serta lingkungan sekitarnya. Namun terkadang kita bingung dan tidak ada waktu untuk memilih perabot rumah. Untungnya di jaman internet seperti saat ini sudah tersedia situs online yang menyediakan […]
  • Grab dan Sinar Mas Land Hadirkan GrabWheels Sebagai Solusi Mobilitas Inovatif Ramah Lingkungan di BSD City

    Grab dan Sinar Mas Land Hadirkan GrabWheels Sebagai Solusi Mobilitas Inovatif Ramah Lingkungan di BSD City

    Pada awal bulan Maret lalu, Grab mengumumkan kerja sama strategis pengembangan teknologi dengan Sinar Mas Land di area BSD City. Menindaklanjuti kerja sama strategis tersebut, hari ini, Grab dan Sinar Mas Land mengumumkan peluncuran proyek uji coba solusi mobilitas inovatif, GrabWheels. Layanan ini berbentuk skuter listrik ramah lingkungan dan bisa digunakan di beberapa lokasi di […]
  • Perayaan 3 Tahun Bintaro Dog Lover

    Perayaan 3 Tahun Bintaro Dog Lover

    Sebagai warga Bintaro yang super sibuk, weekend menjadi waktu yang menyenangkan untuk menyalurkan hobi. Di antaranya hobi memelihara anjing. Di saat weekday terkadang si guguk tidak sempat diajak jalan-jalan karena sang tuan dan nyonya harus buru-buru berangkat kantor. Weekend menjadi saat yang tepat berkumpul bersama keluarga termasuk si guguk. Baca Juga: http://www.infobintaro.com/bintaro-dog-lovers-wadah-pecinta-anjing-di-bintaro-dan-sekitarnya/ http://www.infobintaro.com/guyubnya-dog-walking-dari-bintaro-dog-lover/ http://www.infobintaro.com/komunitas-bintaro-dog-lovers-mendapatkan-tempat-ngumpul-resmi-dari-pt-jaya-property/ 7 […]
  • Antrian Panjang Keluar Taman Jajan Bintaro

    Antrian Panjang Keluar Taman Jajan Bintaro

    Taman Jajan Bintaro telah menjadi icon baru kawasan Bintaro. Mulai dari sore menjelang maghrib sampai dengan malam kawasan ini dipenuhi oleh warga Bintaro dan masyarakat yang sekedar ingin mengisi perut sampai dengan nongkrong untuk bersosialisasi. Dinamika Taman Jajan Bintaro ini disebabkan lokasi Taman Jajan yang strategis, sehingga mudah diakses dari mana pun, baik menggunakan kendaraan […]
  • Bekraf Dukung 5 Brand Lokal di Pameran Streetwear Terbesar Dunia

    Bekraf Dukung 5 Brand Lokal di Pameran Streetwear Terbesar Dunia

    Karya anak bangsa di bidang fesyen kembali mendapatkan dukungan pemerintah untuk memasuki kancah global. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) memfasilitasi 5 brand di pameran streetwear terbesar Agenda Show, di Long Beach, California, Amerika Serikat pada tanggal 28 – 30 Juni 2018. Agenda Show merupakan pameran fesyen khusus kategori streetwear, action sport, denim, footwear, surfing dan skate. […]
  • Menyambut Lebaran dengan Menahan Diri dari Godaan Belanja Impulsif

    Menyambut Lebaran dengan Menahan Diri dari Godaan Belanja Impulsif

    Idul Fitri adalah hari kemenangan, hari raya paling besar untuk umat Muslim di seluruh dunia. Tak hanya kental dengan aspek religi, inilah festival budaya dunia paling besar yang membuat berbagai tempat di dunia penuh warna. Oleh karenanya, sudah lumrahketika menjelang Hari Raya Idul Fitri, masyarakat berbelanja. Mereka membeli barang-barang baru, mulai dari baju, sepatu, handphone,make […]
  • Serpong Garden Apartment, Pilihan Berinvestasi di Daerah ‘Emas’ Dengan Harga Terjangkau

    Serpong Garden Apartment, Pilihan Berinvestasi di Daerah ‘Emas’ Dengan Harga Terjangkau

    Denyut perkembangan Kawasan Cisauk sebagai kawasan masa depan semakin santer terdengar. Kawasan yang dulunya dianggap daerah perkampungan yang kurang memiliki prospek perkembangan, saat ini ibarat gadis seksi yang mengundang perhatian banyak pihak. Rencana besar Sinarmas Land membangun kawasan intermoda terintegrasi pertama di Indonesia di Cisauk adalah latar belakang yang mendorong banyak orang mulai melirik Cisauk […]
  • Taspen Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Kios Warga

    Taspen Dorong Peningkatan Ekonomi Masyarakat melalui Kios Warga

    Dalam meningkatkan kesejahteraan Aparatur Sipil Negara (ASN) dan Pensiunan, PT TASPEN (Persero) membentuk program Wirausaha Pintar melalui Kios Warga. Peresmian Wirausaha Pintar melalui Kios Warga dilakukan Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki melalui acara yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (10/6/2020). Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki mengapresiasi PT TASPEN (Persero) yang menginisiasi program Wirausaha Pintar […]
  • Soto Betawi Mpok Nur, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan

    Soto Betawi Mpok Nur, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan

    Apakah Anda penggemar berat sobet alias soto betawi? Silahkan mampir ke Bintaro Entertainment Center. Ada aneka makanan betawi seperti soto betawi, gado-gado, ketoprak, tauge goreng, tahu telor, laksa betawi, lontong sayur, nasi uduk ayam goreng, serta aneka sop/soto yakni sop iga betawi, soto ayam+nasi, soto mie jakarta Ada pula masakan serba tek-tek. Apakah itu? Mie […]
  • HP Mendorong Batas Kreativitas dengan HP Spectre X360 Terbaru

    HP Mendorong Batas Kreativitas dengan HP Spectre X360 Terbaru

    HP Inc. Indonesia hari ini meluncurkan HP Spectre x360 terbaru yang merupakan PC konvertibel terkecil di dunia1 . Fitur-fitur terbaru seri HP Spectre ini berupa desain premium, serta terobosan dalam kinerja dan mobilitas. Dengan fitur keamanan yang lebih canggih, perangkat indah ini mendobrak berbagai batasan bagi para konsumen premium masa kini yang menginginkan pengalaman luar […]
  • Canon Luncurkan iNSPIC, Kamera Printer Instan dengan Desain Trendi

    Canon Luncurkan iNSPIC, Kamera Printer Instan dengan Desain Trendi

    Foto bersama ataupun selfie sudah menjadi aktivitas wajib saat hang out dengan teman-teman atau keluarga. Pasti ada banyak file foto yang tersimpan di smartphone kamu yang biasanya di-posting di social media atau dibagikan di chat group. Tapi, share digital format saja tentu berbeda kesannya dibandingkan ketika momen spesial itu hadir dalam bentuk cetakan foto. Foto […]

Tinggalkan Balasan