Berita Utama

Agar Tak “Ketinggalan Kereta”, Menkominfo Ajak Investasi Sekarang

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara mengajak pengusaha dari Singapura dan negara tetangga yang hadir dalam ajang Regional Investment Forum (RIF) 2019 untuk segera berinvestasi di Indonesia.

“Silakan, jadilah tamu kami. Segera berinvestasi di Indonesia. Jika tidak anda akan kehilangan peluang. Maybe it is the last train for investment,” ungkap Rudiantara dalam pertemuan Misi Bisnis Ekonomi Digital KBRI Singapura dalam ajang RIF 2019 di ICE BSD, Tangerang, Banten, Senin (11/03/2019).

Bukan tanpa alasan, menurut Rudiantara saat ini Indonesia memiliki potensi besar terutama dalam bidang ekonomi digital. Bahkan ia menyampaikan optimistismenya akan tercapainya marketsize ekonomi digital Indonesia lebih dari USD 150 miliar pada tahun 2025.

“Hasil riset Google dan Temasek menyatakan Indonesia memiliki market size ekonomi digital mencapai USD 27 miliar dan berpotensi menjadi USD 100 miliar pada tahun 2025. Sekarang saja sudah mencapai USD 70 miliar, saya optimistis akan bisa tercapai USD 100 miliar pada tahun 2020,” ungkapnya.

Menurut Rudiantara, Google banyak berinvestasi di GOJEK, dan masih terbuka lagi peluang investasi di area turisme atau pariwisata.

“Tahun lalu berdasarkan data Persatuan Hotel Republik Indonesia, ada sekitar USD 100 juta yang berputar di area turisme. sekitar USD 6 sampai 7 juta ada di hotel berbintang. Belum lagi hotel melati yang menyewanya pun melalui aplikasi digital,” paparnya mengupas potensi ekonomi digital di sektor pariwisata.

Menteri Kominfo juga menunjukkan harapan pemerintah berkaitan dengan pengembangan financial technology (fintech). Menurutnya saat ini fintech masih bergerak di produk dan pasar yang eksisting.

“Pemerintah menginginkan perkembangan keuangan inklusif bagaimana fintech bisa menjangkau orang yang belum memiliki rekening bank. Pemerintah mempromosikan adanya layanan ke unbank people,” jelasnya.

Meski demikian, Menteri Kominfo menyatakan pemerintah telah melakukan persiapan untuk mengatasi beberapa masalah dalam pengembangan fintech di Indonesia. “Dominan peer to peer lending dan ada risiko Ads provlem yang harus diperhatikan pemerintah. OJK dan Bank Indonesia pun harus memfasilitasi dengan sistem rating kredit,” jelasnya.

Sementara Kementerian Kominfo sendiri menurut Rudiantara, berupaya menyediakan akses internet yang merata ke seluruh kabupaten di seluruh Indonesia melalui jaringan Palapa Ring. “Kami juga sedang mengupayakan akses subsidi transaksi dan data cost kepada fintech. Itu fasilitasi dalam pembangunan fintech di Indonesia,” jelas Rudiantara.

Menurut Rudiantara, pengembangan fintech di Indonesia tidak terlalu banyak diregulasi. “Kami tidak sekadar berpikir ou of the box, bahkan sekarang no box. Bagaimana bisa mendorong bisnis yang tidak feasible di luar Jawa. Peer to peer lending saja nilainya lebih dari Rp23 triliun,” paparnya.

Membangun dan memfasilitasi ekonomi digital di Indonesia menurut Rudiantara tidak mudah. Ia tidak berupaya membandingkan dengan Singapura, pasalnya Indoensia adalah negara kepulauan.

“Palapa Ring dibangun untuk menyatukan kabupaten dan kota dengan jaringan backbone internet cepat. Integrasi semua pada pertengahan tahun ini. Kemudian kita juga membangun talenta digital untuk memperkuat ekosistem,” ungkap Rudiantara mempromosikan kesiapan Indonesia.

Menurutnya perusahaan teknologi saat ini tidak perlu bingung mencari atau memperkerjakan talenta digital dari luar negeri. “Indonesia anak mudanya bagus. Pemerintah pun menyiapkan agar mereka menguasai artificial intelegence, big data analytic, robotic, cloud computing dan keterampilan digital melalui Digital Talent Scholarship,” jelas Rudiantara.

Lebih dari 40 universitas dan perusahaan IT global terkemuka ikut mendukung Digital Talent Scholarship. Talenta digital yang dididik itu akan mendapatkan sertfikasi dari perusahaan IT global. Bahkan Rudiantara menyatakan telah mengakomodasi sekolah coding Paris 42 yang tidak mensyaratkan gelar akademisi.

“Kami melakukan studi tiru. Dengan Paris 42, siapapun bisa ikut, asalkan lulus tes. Kami membawanya ke Jakarta, ke Indonesia agar bisa memperkuat keterampilan anak muda Indonesia,” jelasnya.

Menteri Rudiantara mengajak investor dari negara ASEAN untuk cepat membangun ASEAN. Ia mengingatkan pendiri ASEAN yang menginginkan negara-negara ASEAN saling melengkapi agar bisa membuat ekonomi regional meningkat.

BACA JUGA  One Championship dan Grab Rayakan Semangat Everyday Champions

“Jika bukan kita yang mengembangkan, nanti pasti akan ada negara luar yang akan masuk. Oleh karena itu kita harus terbuka dan complymentary one another,” ajaknya.

RIF 2019 digelar oleh BKPM sebagai upaya mewujudkan visi menjadikan Indonesia sebagai kekuatan ekonomi digital terbesar di ASEAN pada tahun 2020. Ajang promosi investasi tahunan itu mempertemukan pelaku ekonomi digital dengan pemerintah pusat, pemerintah daerah, asosiasi, serta pelaku usaha dan investor dari dalam maupun luar negeri.

Tahun ini acara yang bertema “Indonesia’s Digital Drive: Utilizing Digital Technology in Developing Regional and Tourism Investment Opportunities”. Melalui tema itu, pemerintah akan mengungkap strategi dalam mendukung pengembangan ekonomi digital dan pariwisata di Indonesia.

Dalam diskusi di Misi Bisnis Ekonomi Digital KBRI Singapura itu, Menteri Kominfo menyaksikan penandatanganan tiga MoU, yaotu MoU Penyediaan Pelatihan IT antara PT Rising Innovation Ventures dan Glexindo, Wecode Coding School antara SG Fintech Pte. Ltd dengan Rising Innovation Ventures dan Co-working Space antara SG Fintech Pte. Ltd dengan Wecode Techno Preneur Hub.

Selain MoU Kerjasama Startup dengan pemerintah dan pelaku usaha juga digelar startup pitching di hadapan investor potensial, One-on-One Meeting dengan Investor Potensial, One-on-One Meeting dengan Pemerintah Daerah, dan Pameran untuk 10 Startup terpilih.\

(BON)

 

Baca Juga

  • 9 Kesalahan Saat Packing dan Cara Mengatasinya

    9 Kesalahan Saat Packing dan Cara Mengatasinya

    Percaya atau tidak, proses packing atau berkemas-kemas sebelum traveling itu perlu trik tersendiri. Packing itu susah-susah gampang. Terlebih jika Anda bepergian dengan budget airlines dan tidak memilih opsi pembelian bagasi, cara packing yang benar akan menentukan sekali. Berikut beberapa kesalahan packing yang kerap terjadi dan cara mengatasinya: Membawa Cairan Dalam Wadah Lebih Dari 100 ml […]
  • Gojek Dorong Pendapatan Mitra Merchant dan Driver Selama Masa Harkulnas Go-Food 2019

    Gojek Dorong Pendapatan Mitra Merchant dan Driver Selama Masa Harkulnas Go-Food 2019

    GO-FOOD, layanan pesan antar makanan terbesar di Indonesia dan Asia Tenggara yang merupakan bagian dari layanan super-app GOJEK, semakin mengukuhkan diri sebagai pemimpin di pasar layanan pesan-antar makanan terdepan yang berfokus pada pertumbuhan bisnis UMKM kuliner. Ini dibuktikan dengan hasil dari rangkaian program HARI KULINER NASIONAL (HARKULNAS) GO-FOOD yang diadakan dari 15 April hingga 5 […]
  • Mau Coba Ayam Goreng Kremes yang Umurnya Sudah 30 tahun?

    Mau Coba Ayam Goreng Kremes yang Umurnya Sudah 30 tahun?

    Dengan kerasnya persaingan bisnis, tidak jarang suatu usaha hanya bertahan beberapa tahun saja. Hanya sedikit merek lokal atau asli Indonesia yang tetap bertahan dalam waktu lama. Salah satunya adalah Ayam Goreng Kalasan Borobudur (AGKB) yang sudah berdiri lebih 30 tahun di Jalan Borobudur Jelambar Baru. Orang seringkali salah sangka, dikira berhubungan dengan candi Borobudur di […]
  • Tempat Nongkrong di Bintaro  Kafe Ala Bikers Carburator Springs!

    Tempat Nongkrong di Bintaro Kafe Ala Bikers Carburator Springs!

    INFOBINTARO – Mencari tempat nongkrong di Bintaro yang tidak biasa? Maka artikel ini mungkin akan menjadi salah satu referensi kalian para sobat IB. Walaupun mungkin sudah banyak sobat IB yang mengetahui mengenai Carburator Springs, namun tidak ada salahya bila IB kembali mereview sedikit mengenai kafe unik satu ini. Tempat Nongkrong di Bintaro Dengan Dekorasi Motor […]
  • Siapa Bilang Anak PKN STAN Cuma Paham Perpajakan?

    Siapa Bilang Anak PKN STAN Cuma Paham Perpajakan?

    Kesan mahasiswa PKN STAN yang cuma paham perpajakan langsung menghilang ketika menyaksikan pementasan para mahasiswa jurusan pajak pada hari Minggu, 24 September 2017 ini merupakan rangkaian kegiatan tahunan dari mahasiswa jurusan Pajak di mana kampus melepas calon wisudawan dan menyambut para mahasiswa baru. Rangkaian kegiatan ini dinamakan OLYMPUS 2017: REVOLUTION BEYOND LIMIT!. Yang menjadi panitia […]
  • Lagoon Sunset Music Special Meriahkan Malam Minggu Ancol

    Lagoon Sunset Music Special Meriahkan Malam Minggu Ancol

    Akhir pekan ini, Lagoon Sunset Music Spesial Artist akan kembali menghibur pengunjung setia Ancol Taman Impian. Kali ini tidak hanya 1 bintang tamu yang akan mengisi Floating Stage Pantai Lagoon Ancol, tetapi ada 3! mereka adalah Float, Endah n Rhesa dan The S.I.G.I.T. Float adalah grup musik Indonesia yang telah berkarya sejak 2004. Beberapa karyanya […]
  • Ramadhan Shopping Festival

    Ramadhan Shopping Festival

    Bulan Ramadhan merupakan momentum bagi setiap umat muslim untuk meningkatkan ketakwaannya. Setiap ibadah dan kebaikan yang dilakukan di bulan suci ini mendapatkan balasan pahala yang berlipat ganda. Menyambut bulan penuh berkah ini, Summarecon Mall Bekasi menghadirkan beragam program belanja dan hiburan menarik bagi keluarga di Bekasi maupun sekitarnya bertajuk “Ramadhan Shopping Festival” yang diselenggarakan mulai […]
  • Sinar Mas Land Bersama dengan MASKEEI Selenggarakan Diskusi di Bidang Efisiensi Energi

    Sinar Mas Land Bersama dengan MASKEEI Selenggarakan Diskusi di Bidang Efisiensi Energi

    Pendekatan ramah lingkungan terlihat di salah satu proyek Sinar Mas Land yang ada di gedung BSD GOP 9, meliputi pendekatan “passive effort” untuk mengurangi beban panas dengan orientasi bangunan, facade skin yang melindungi kaca sekaligus elemen dekoratif, bangunan single corridor dengan wilayah pusat yang memiliki full cross ventilation, juga dilengkapi sensor cahaya untuk mengurangi beban […]
  • Kuliner di Bintaro – Menu Khas Daerah

    Kuliner di Bintaro – Menu Khas Daerah

    INFOBINTARO (IB) – Sudah ada yang pernah makan Mie Aceh? Yup, makanan khas daerah ini patut kamu coba. Bagi kamu yang sudah ataupun belum pernah mencoba, kamu harus mencicipi Mie Aceh Jally-Jally, salah satu kuliner di Bintaro yang enak banget. Kari Kambing Mie Aceh Bang Jaly Diincar Pencinta Kuliner di Bintaro Meskipun kamu belum pernah […]
  • Perencanaan Keuangan Sedini Mungkin Untuk Haji

    Perencanaan Keuangan Sedini Mungkin Untuk Haji

    Haji merupakan salah satu ibadah wajib bagi masyarakat Indonesia yang harus dilakukan jika mampu. Sampai dengan bulan Oktober 2018, tercatat ada sekitar 3,9 juta calon jamaah haji dari Indonesia dengan masa tunggu yang beragam. Jumlah peserta haji di Indonesia masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan total populasi sekitar 260 juta jiwa, dimana 87% diantaranya adalah […]
  • Menyongsong Era Digital, Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) Siap Digelar

    Menyongsong Era Digital, Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) Siap Digelar

    Sejalan dengan perkembangan di digital ekonomi yang sudah masuk ke semua industri, maka kegiatan pengadaan barang & jasa di Indonesia juga sudah bergerak memasuki e-marketplace (digital-procurement). Indonesia International Mega Procurement Exhibition & Conference (I-IMPEC) adalah pameran & konferensi dunia pengadaan barang dan jasa, yang akan berlangsung pada tanggal 6-8 November 2019 di Jakarta Convention Center […]
  • Huawei Menggelar Berbagai Promo dan Cashback di Harbolnas

    Huawei Menggelar Berbagai Promo dan Cashback di Harbolnas

    Dalam rangka menyambut tahun baru 2020 dan Hari Belanja Online Nasional di tanggal 12 Desember 2019, Huawei CBG Indonesia siap mempersembahkan berbagai promo menarik di beragam platform e-commerce untuk serangkaian produk terbarunya yang diluncurkan tahun ini, mulai dari produk smartphone Mate 30 Pro, Nova 5T, dan P30 Series, hingga produk wearables seperti FreeBuds 3, Watch […]
  • Kolaborasi Linkaja dengan Pahamify Dukung Kemudahan Belajar Online

    Kolaborasi Linkaja dengan Pahamify Dukung Kemudahan Belajar Online

    Sebagai uang elektronik nasional dari dan untuk Indonesia, LinkAja secara progresif terus berkolaborasi dengan berbagai platform digital karya anak bangsa. Melihat perkembangan sektor pendidikan yang signifikan beberapa tahun terakhir ini, LinkAja kini hadir sebagai opsi pembayaran digital pada Pahamify, aplikasi belajar online yang mengedepankan konten berkualitas, dengan ribuan video pembelajaran premium beranimasi, kuis, dan ringkasan […]
  • Telkomtelstra Sediakan Layanan Teknologi Gratis 6 Bulan untuk Bekerja di Rumah

    Telkomtelstra Sediakan Layanan Teknologi Gratis 6 Bulan untuk Bekerja di Rumah

    Merespons pandemik virus corona (covid-19) di Indonesia, Telkomtelstra – perusahaan solusi teknologi terdepan – memberikan layanan gratis selama enam bulan guna mendukung solusi teknologi kerja jarak jauh (remote working). Inisiatif ini ditujukan untuk mendukung sektor bisnis di Indonesia tetap berjalan berkesinambungan saat para pekerja diimbau untuk kerja dari rumah guna memutus rantai penyebaran wabah covid-19. […]
  • Makanan Apa Yang Membuat Arteri Elastis?

    Makanan Apa Yang Membuat Arteri Elastis?

    Penyakit jantung – juga dikenal sebagai penyakit arteri koroner – mewakili pembunuh nomor 1 orang Amerika. Ketika Anda memiliki penyakit arteri koroner, plak yang terdiri dari endapan kolesterol disimpan di arteri Anda, mengeras dan menyempitnya. Plak ini dapat melemahkan otot jantung Anda, menyebabkan kerusakan seiring waktu. Ini juga dapat menyebabkan serangan jantung ketika sepotong plak […]
  • Goethe-institut Indonesien Melanjutkan Kembali Kursus lewat Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Koronavirus

    Goethe-institut Indonesien Melanjutkan Kembali Kursus lewat Pembelajaran Jarak Jauh di Tengah Wabah Koronavirus

    Goethe-Institut Indonesien melanjutkan kembali kursus bahasa Jerman secara jarak jauh mulai Senin, 23 Maret hingga 13 April 2020 atau sampai pemberitahuan lebih lanjut. Kelas-kelas diadakan dalam format pengajaran dan pembelajaran digital, sehingga peserta kursus dapat belajar dari rumah demi menjaga jarak interaksi fisik dan tetap aman di tengah wabah koronavirus Sebelumnya, Goethe-Institut Indonesien mengumumkan penutupan […]
  • Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel

    Waspada Penipuan yang Mengatasnamakan Telkomsel

    Semakin maraknya kasus penipuan melalui telepon seluler dan SMS semakian membuat Telkomsel peduli dan serius menanganinya. Para pelanggan Telkomsel diharapkan waspada dan berhati-hati terhadap segala bentuk penipuan yang mengatasnamakan Telkomsel. Berbagai macam modus penipuan yang sering muncul seperti meminta informasi kode verifikasi atau One-Time Password (OTP) di aplikasi MyTelkomsel yang dikirimkan melalui SMS. GM External […]
  • 170 Ribu Kursi Promo Masih Tersedia pada Minggu Terakhir Periode GOTF Festival 2019

    170 Ribu Kursi Promo Masih Tersedia pada Minggu Terakhir Periode GOTF Festival 2019

    Maskapai nasional Garuda Indonesia melalui program “Garuda Indonesia Online Travel Fair (GOTF) Festival” terus menyediakan berbagai pilihan harga penawaran khusus (diskon tiket) dengan alokasi kursi tiket promo yang masih tersedia sebanyak 170 ribu kursi tiket promo pada periode minggu terakhir GOTF Festival dari tanggal 8 April hingga 12 April 2019 mendatang. Adapun total alokasi kursi […]
  • Perusahaan Rintisan Digital Diharapkan Jadi Solusi

    Perusahaan Rintisan Digital Diharapkan Jadi Solusi

    Perusahaan rintisan (startup) digital terus dibangun dengan harapan dapat berkembang lebih cepat dan menjadi solusi dalam menghadapi segala tantangan atau persoalan ekonomi di Indonesia di era ekonomi digital. Salah satu program yang disiapkan pemerintah adalah Gerakan Nasional 1.000 Startup. Gerakan ini telah dimulai sejak 2016 dan ditargetkan dapat membangun 1.000 perusahaan rintisan digital baru pada […]
  • Makan, Bersantai dan Bikin Acara Sambil Menikmati Suasana Alam di Warung Taman Fabs

    Makan, Bersantai dan Bikin Acara Sambil Menikmati Suasana Alam di Warung Taman Fabs

    Bagi Anda yang sehari-hari disibukkan dengan berbagai aktivitas, saat weekend merupakan waktu untuk bersantai bersama keluarga. Setelah berbagai pekerjaan yang menyita waktu dan pikiran, bersantai bersama keluarga sambil melihat si kecil bermain-main dengan gembira adalah sebuah keasyikan tersendiri. Jika Anda ingin semua itu bisa dilakukan pada suasana yang tenang, pilihan ke mall tentunya bukan pilihan […]