Berita Utama

50 Tahun Panasonic Manufacturing Indonesia Terus Berkontribusi Tingkatkan Pendapatan Devisa Negara melalui Ekspor

Di tahun 2020 ini, kemitraan Panasonic – GOBEL Indonesia genap memasuki usia ke-60 tahun. Sudah banyak prestasi dan pencapaian yang berhasil diraih selama enam dasawarsa tersebut. Salah satunya dengan terus mendorong PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) mengembangkan industri elektronik di Tanah Air, baik untuk memenuhi permintaan konsumen domestik maupun memperluas pasar ekspor. Realisasi dari komitmen PT. PMI itu  sejalan dengan implementasi program prioritas Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan Kementerian Perindustrian.

Sebagai pionir industri elektronik di Indonesia, Panasonic GOBEL berhasil mengantarkan PT. PMI yang saat ini pada tanggal 27 Juli 2020 genap menginjak usia ke-50 tahun di Indonesia, menjadi pelaku industri nasional yang mampu bersaing di kancah internasional. Komitmen PT. PMI, selalu menghadirkan produk  elektronik rumah tangga (Home Appliances) yang berkualitas dan inovatif, terbukti Panasonic diterima pasar Tanah Air maupun pasar global.

PT. PMI adalah produsen “Home Appliances” seperti AC, Lemari Es, Mesin Cuci, peralatan Audio, Kipas Angin serta Pompa Air.

Komitmen dan kontribusi PT. PMI yang positif terhadap kinerja industri elektronik di Tanah air ditandai dengan upayanya memacu ekspor ke mancanegara. Hal tersebut terbukti dengan kegiatan ekspor berbagai produk PT. PMI seperti AC, Lemari Es, Mesin Cuci, Peralatan Audio, Water Pump dan lainnya yang sudah dilakukan sejak tahun 1992 hingga tahun 2020 ke 33 negara yang tersebar di berbagai benua, seperti benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika dan Australia.

Pada bulan Februari lalu, PT. PMI melakukan ekspor perdana AC ke Nigeria, Afrika. Kegiatan ekspor itu diyakini membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia sekaligus membanggakan. Pasalnya, ekspor AC ke Nigeria tersebut menggunakan merek Panasonic dan tercantum buatan Indonesia.

Produk AC yang diekspor PT. PMI ke Nigeria adalah tipe 1 PK, 1,5 PK sampai 2 PK yang ramah lingkungan berbasis refrigeran R32, dilengkapi teknologi “nanoe-X” dan “nanoe-G”.

Kegiatan ekspor ke berbagai benua termasuk ke benua Afrika, yaitu ke Nigeria menandai optimisme PT. PMI yang pada saat ini genap menginjak usia ke-50 tahun di Indonesia, untuk  menunjukkan komitmen PT. PMI menjadikan Indonesia sebagai basis produksi AC di kawasan ASEAN, sekaligus realisasi dari komitmen untuk memperluas pasar ekspor dan momentum membuka pintu pasar di Afrika.

PT. PMI berhasil merelokasi produksi AC tipe 2PK dan 2,5PK dari Malaysia ke Indonesia tahun lalu.  Geliat investasi itu menunjukkan optimisme dari pelaku industri. Melihat hal itu, PT. PMI telah menetapkan target ekspor Air Conditioner (AC) Panasonic 10 juta unit dalam waktu 20 tahun, sebagai upaya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan pasar yang sangat strategis serta basis ekspor produk AC Panasonic ke berbagai negara. PT. PMI beroperasi tahun 1970. Empat tahun kemudian berdirilah unit bisnis AC. Hingga kini, setelah 50 tahun berdiri di Indonesia, PT. PMI berhasil memproduksi lebih dari 5 juta unit AC. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kemampuan PT. PMI menjaga dan meningkatkan kualitas AC Panasonic sehingga mendapat penghargaan tinggi dari konsumen.

Kementerian Perindustrian sebagai pembina industri  optimistis sektor industri elektronik nasional mempunyai daya ungkit untuk menggenjot  ekspor. Apalagi, industri elektronik merupakan salah satu sektor  prioritas pengembangan sesuai implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Industri “Home Appliances” di Indonesia semakin kuat, dan tinggal diperdalam lagi struktur manufakturnya melalui peningkatan investasi.

Sasaran tersebut akan mudah tercapai apabila didukung penggunaan teknologi terkini dan sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten. Kemenperin mencatat, secara keseluruhan nilai ekspor produk elektronik dan telematika mencapai 7,8 miliar dolar AS sepanjang tahun 2019. Adapun 10 negara tujuan utamanya, antara lain ke Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Vietnam, Hong Kong, Malaysia, China, Thailand, dan Filipina.

Kontribusi PT. PMI terhadap perekonomian nasional tidak saja melalui kegiatan ekspor, investasi, tapi memberikan nilai tambah melalui pemanfaatan suku cadang dan komponen lokal. Upaya nyata Panasonic-Gobel untuk terus meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), saat ini mencapai 40% untuk produk AC.

Pada tahun 2019, PT. PMI juga tercatat berhasil meningkatkan produksi mesin cuci dan memperluas ekspor hingga ke Taiwan. Lini usaha mesin cuci PT. PMI mengekspor produk Original Equipment Manufacturer (OEM) merek CHIMEI sekaligus hal ini membuktikan bahwa kualitas mesin cuci karya anak bangsa bisa menembus pasar global.  Mesin cuci produksi PT. PMI selalu berinovasi dan secara konsisten mengembangkan industri dalam negeri, di mana tingkat komponen dalam negeri (TKDN) saat ini telah mencapai 37 persen, dan masih akan ditingkatkan.

Rachmat Gobel, Putra Pendiri sekaligus President Commissioner PT. Panasonic Manufacturing Indonesia mengatakan, Panasonic GOBEL terus berusaha untuk mewujudkan komitmen melalui  kontribusi nyata bagi Indonesia, terutama dalam menumbuhkembangkan usaha di dalam negeri melalui produksi dan penjualan produk-produk yang dikelola oleh SDM unggul, sehingga terdorongnya peran secara aktif untuk melakukan ekspansi ekspor yang akan  berpengaruh terhadap penyerapan jumlah tenaga kerja dan peningkatan devisa negara.

“Panasonic GOBEL sebagai pionir industri elektronika yang sudah berpengalaman  selama 60 tahun di Indonesia, berkomitmen untuk  selalu berupaya memberikan sumbangsih melalui berbagai inovasi dalam hal teknologi maupun ekspansi bisnisnya, sehingga tidak hanya berkontribusi terhadap teknologi terbarukan, tapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan perekonomian Indonesia,” ujar Rachmat Gobel

Menurut catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada tahun 2020 ini terdapat tujuh  perusahaan asing yang memastikan relokasi pabrik ke Indonesia, dan salah satunya ialah Panasonic. Relokasi dari Tiongkok tersebut bertujuan menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor bagi beberapa kategori produk Home Appliances (AC, Mesin Cuci, dan Lemari Es) Panasonic.

(AB)

 

Baca Juga

  • Yuk Cobain Menu Meriah Pizza Hut di BXC

    Yuk Cobain Menu Meriah Pizza Hut di BXC

    Saat bulan Ramadhan seperti ini, kita sering bingung mencari lokasi buka puasa yang hits dan dekat rumah. Mungkin Pizza Hut bisa jadi salah satu pilihannya. Kali ini Info Bintaro mencoba 2 menu makanan dan 1 menu minuman baru dari Pizza Hut di Mal Bintaro Exchange lantai LG. Lantai ini biasanya dipenuhi oleh pameran bazaar baju […]
  • Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Berkurban di Tengah Pandemi

    Tokopedia Salam Permudah Masyarakat Berkurban di Tengah Pandemi

    Dalam rangka menyambut perayaan Iduladha pada 31 Juli mendatang, Tokopedia melalui ekosistem Tokopedia Salam kembali menghadirkan layanan Qurban untuk mempermudah masyarakat berkurban secara lebih amanah dan dengan harga yang terjangkau. Head of Tokopedia Salam, Garri Juanda, mengatakan, “Melalui Tokopedia Salam, masyarakat dapat membeli dan menyalurkan hewan kurban tanpa harus ke luar rumah dengan lebih mudah, […]
  • Penerbangan Internasional Citilink Indonesia Beroperasi di Terminal LCCT Soekarno-Hatta Mulai 14 Mei 2019

    Penerbangan Internasional Citilink Indonesia Beroperasi di Terminal LCCT Soekarno-Hatta Mulai 14 Mei 2019

    Maskapai berbiaya hemat (LCC) Citilink Indonesia akan mengoperasikan seluruh penerbangan rute internasionalnya dari Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke Low Cost Carrier Terminal (LCCT) atau yang biasa dikenal terminal 2F Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng mulai hari Selasa, 14 Mei 2019. “Langkah perpindahan ini merupakan upaya Citilink Indonesia mendukung program pemerintah untuk mengintegrasikan penerbangan internasional maskapai […]
  • Viennetta Berbagi Kebahagiaan

    Viennetta Berbagi Kebahagiaan

    Wall’s, brand es krim yang memiliki purpose #SemuaJadiHappy percaya bahwa kebahagiaan adalah milik semua orang, tanpa terkecuali. Wall’s kembali berbagi kebahagiaan kali ini dengan menghadirkan kembali Viennetta di Indonesia. Ini adalah berkat besarnya animo masyarakat akan #KembalikanViennetta di media sosial yang dimulai oleh satu orang dengan petisi online di Change.org dan sebuah cuitan di Twitter […]
  • Tokopedia Ungkap Kategori Produk Paling Diburu Selama Pandemi

    Tokopedia Ungkap Kategori Produk Paling Diburu Selama Pandemi

    Belanja online dapat menjadi alternatif untuk mengurangi risiko penyebaran virus di tempat ramai. Perusahaan teknologi Indonesia dengan marketplace terdepan, Tokopedia, pun mengumumkan kategori produk paling diminati masyarakat selama pandemi COVID-19 berlangsung, tepatnya di Maret 2020. VP of Corporate Communications Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan, “Kesehatan, Keperluan Rumah Tangga, Makanan dan Minuman merupakan 3 kategori produk yang […]
  • Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Memasak dan Tugas Perkembangan Anak Usia Prasekolah dan Sekolah

    Usia prasekolah adalah di umur 4-5 tahun dengan tahapan yang dikenal sebagai Initiative (Inisiatif) vs. Guilt (Perasaan Bersalah). Pada tahap ini, anak membangun diri dengan mengembangkan berbagai kecakapan. Kecakapan yang ia miliki membuat anak memberanikan diri untuk berinisiatif (initiative) melakukan aneka kegiatan. Apabila inisiatif tersebut gagal membuahkan hasil, maka terdapat kemungkinan bahwa anak merasa bersalah […]
  • Kominfo Gandeng Halodoc Hadirkan Layanan Telemedicine di Aplikasi PeduliLindungi

    Kominfo Gandeng Halodoc Hadirkan Layanan Telemedicine di Aplikasi PeduliLindungi

    Memasuki masa PSBB transisi menuju new normal, pemerintah terus menggaungkan penerapan protokol kesehatan. Agar tetap terhubung dengan fasilitas layanan kesehatan, Halodoc, platform layanan kesehatan andalan masyarakat, menghadirkan layanan telemedicine di PeduliLindungi, aplikasi yang diinisiasi oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) dan pihak terkait untuk melacak persebaran COVID-19 di berbagai daerah di Indonesia. Lewat layanan telemedicine […]
  • Pengguna Aplikasi Halodoc Bebas Akses Layanan Telemedicine Tanpa Kuota Selama Penanggulangan COVID-19

    Pengguna Aplikasi Halodoc Bebas Akses Layanan Telemedicine Tanpa Kuota Selama Penanggulangan COVID-19

    Berkolaborasi dengan Telkomsel, layanan telemedicine di aplikasi Halodoc kini dapat diakses tanpa kuota oleh pelanggan Telkomsel selama masa penanggulangan COVID-19. Melalui kolaborasi ini, Halodoc dan Telkomsel bersama-sama mendukung imbauan pemerintah untuk membatasi jarak fisik (physical distancing) dengan memberikan akses akan kebutuhan informasi dan layanan kesehatan secara jarak jauh melalui Halodoc. VP Marketing Halodoc, Felicia Kawilarang […]
  • Garda Oto Menjalin Sinergi Dengan Komunitas Mobil

    Garda Oto Menjalin Sinergi Dengan Komunitas Mobil

    Sudah 12 tahun lamanya Garda Oto, produk asuransi mobil dari Asuransi Astra mengadakan kampanye keselamatan berkendara Always Drive Safely. Selama 12 tahun itu pula kampanye yang juga merupakan bagian dari kampanye keselamatan berkendara Grup Astra, Indonesia Ayo Aman Berlalu Lintas ini dilakukan dalam berbagai bentuk kegiatan, mulai dari kompetisi pembuatan video, pelatihan untuk pengemudi angkutan […]
  • Soto Betawi Mpok Nur, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan

    Soto Betawi Mpok Nur, Rasanya Dijamin Bikin Ketagihan

    Apakah Anda penggemar berat sobet alias soto betawi? Silahkan mampir ke Bintaro Entertainment Center. Ada aneka makanan betawi seperti soto betawi, gado-gado, ketoprak, tauge goreng, tahu telor, laksa betawi, lontong sayur, nasi uduk ayam goreng, serta aneka sop/soto yakni sop iga betawi, soto ayam+nasi, soto mie jakarta Ada pula masakan serba tek-tek. Apakah itu? Mie […]
  • HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    HelloMotion High School: Sekolah Menengah Atas Abad 21 Dengan Pengayaan Design Thinking dan Kreativitas

    Setelah sukses mendirikan HelloMotion Academy sejak tahun 2004 yang memiliki visi “Merealisasikan imajinasi setiap individu menjadi kenyataan”, Wahyu Aditya yang juga dikenal sebagai penulis, illustrator, digital artist dan pendiri HelloFest, pada tahun ajaran baru 2017 ini mendirikan HelloMotion High School (SMA HelloMotion), sekolah menengah atas yang menggunakan kurikulum Diknas Plus lewat kombinasi empat materi belajar dengan konsep edukasi “design thinking”. […]
  • Berbagai Tawaran Menarik Untuk Tampil Menawan di Optik Tunggal

    Berbagai Tawaran Menarik Untuk Tampil Menawan di Optik Tunggal

    Saat ini kacamata bukan lagi berfungsi membantu penglihatan, namun sudah bergeser untuk menunjang penampilan. Dengan kacamata yang tepat, penampilan akan menjadi lebih menarik. Kacamata yang dulu berbentuk kaku, besar dan berat, dengan perkembangan teknologi berkembang menjadi modis dan nyaman, namun tidak menghilangkan fungsi utamanya. Optik Tunggal sebagai distributor dan penjual berbagai produk kacamata dari berbagai brand terkemuka […]
  • Bakmi Tops : Kuliner Chinesse Food Halal, Sekali Dicoba Pasti Suka

    Bakmi Tops : Kuliner Chinesse Food Halal, Sekali Dicoba Pasti Suka

    Siapa yang tidak kenal dengan chinese food? Beragam kuliner chinese food mudah ditemui di mana-mana karena disukai banyak orang karena rasanya yang tidak menggigit dengan bumbu-bumbu yang telah menyatu dengan masyarakat Indonesia, sehingga cocok di lidah banyak orang. Kuliner chinese food  sudah lama menjadi bagian keseharian masyarakat Indonesia. Berbicara mengenai chinese food di Jakarta, tidak […]
  • Peringati HUT DKI Jakarta, TIKI Berikan Diskon 49,2 Persen

    Peringati HUT DKI Jakarta, TIKI Berikan Diskon 49,2 Persen

    TIKI, perusahaan jasa pengiriman terkemuka di Indonesia, memberikan diskon 49,2 persen untuk memperingati Hari Ulang Tahun DKI Jakarta ke-492 pada tanggal 22 Juni 2019 mendatang. Diskon berlaku selama satu hari untuk transaksi pengiriman dengan menggunakan produk layanan regular untuk dari DKI Jakarta dan tujuan JABODETABEK. Titi Oktarina, President Director TIKI mengatakan “TIKI telah hadir melayani […]
  • Coffee Week Festival, Ajang Berkumpulnya Penikmat Kopi Sejati

    Coffee Week Festival, Ajang Berkumpulnya Penikmat Kopi Sejati

    Pada waktu belakangan ini tren minum kopi semakin meningkat. Bila dulu kopi dianggap minuman kelas 2 yang hanya diminum oleh golongan orang tua atau minuman kelas bawah, sekarang minum kopi menjadi bagian dari gaya hidup oleh kaum muda. Minum kopi yang dulunya dianggap tidak baik bagi kesehatan atau minuman untuk menahan kantuk, sekarang malahan menjadi […]
  • Royco Luncurkan Program Nutrimenu untuk Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang Demi Masa Depan Indonesia

    Royco Luncurkan Program Nutrimenu untuk Bantu Ibu Siapkan Asupan Gizi Seimbang Demi Masa Depan Indonesia

    Royco, meluncurkan program Royco Nutrimenu ‘Ayo Masak Lezat sesuai Isi Piringku’ guna bantu Ibu siapkan asupan gizi seimbang untuk anak. Program ini adalah kegiatan edukasi yang dilakukan Unilever Indonesia melalui brand Royco bekerjasama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan pemerintah daerah Garut untuk mendukung program Isi Piringku yang merupakan penerapan dari Pedoman […]
  • Berbagai Fasilitas KB/TK Pembangunan Jaya

    Berbagai Fasilitas KB/TK Pembangunan Jaya

    KB/TK Pembangunan Jaya adalah sebuah sekolah di Bintaro yang bertujuan membentuk siswa-siswi yang gemar belajar, kreatif, mandiri dan berbudi pekerti luhur. Untuk mewujudkan tujuan-tujuan itu, sekolah yang bernaung di bawah Yayasan Pendidikan Jaya ini memiliki 2 kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum unggulan Sekolah Pembangunan Jaya yang terdiri dari  Sustainable Eco Development, Liberal Arts dan Entrepreneurship. […]
  • OVO, Grab, dan Tokopedia Berkolaborasi Hadirkan Gelaran Promo 11.11 Sebagai Apresiasi bagi Pengguna

    OVO, Grab, dan Tokopedia Berkolaborasi Hadirkan Gelaran Promo 11.11 Sebagai Apresiasi bagi Pengguna

    Dalam rangka memperkuat ekosistem digital terdepan di Indonesia dan demi memfasilitasi kebutuhan setiap pengguna dalam melakukan transaksi, OVO, platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terdepan di Indonesia, bersama Grab dan Tokopedia terus berinovasi dalam memberikan penawaran terbaik kepada para penggunanya dengan menghadirkan program OVO BOOM (Belanja OVO Mania) 11.11 yang berlangsung mulai dari tanggal 9-11 […]
  • Bahasa Inggris Untuk Taman Kanak-Kanak, ELTI Bintaro

    Bahasa Inggris Untuk Taman Kanak-Kanak, ELTI Bintaro

    Pada saat ini Bahasa Inggris telah menjadi bahasa pengantar yang berlaku di berbagai bidang kehidupan. Hampir tidak ada hal-hal dalam kehidupan kita sehari-hari yang tidak menggunakan Bahasa Inggris. Bahkan dalam hal yang paling sederhana sekalipun. Sayangnya, penguasaan Bahasa Inggris orang Indonesia masih amat terbatas. Hal ini disebabkan umumnya kita baru belajar Bahasa Inggris saat mulai menginjak masa […]
  • Seafood Macho, Seafood Murah Rasa Macho

    Seafood Macho, Seafood Murah Rasa Macho

    Banyak orang menyukai seafood. Selain karena rasanya yang nikmat, seafood pun dianggap makanan yang sehat. Tidak heran berbagai gelar kuliner dan resto hadir menyajikan seafood sebagai menu utamanya. Kita mudah menemukan gerai seafood di berbagai tempat. Namun seafood juga dianggap sebagai makanan yang relatif mahal, disamping pada jenis seafood tertentu, seafood dianggap mengandung kolesterol yang […]

Tinggalkan Balasan