Berita Utama

50 Tahun Panasonic Manufacturing Indonesia Terus Berkontribusi Tingkatkan Pendapatan Devisa Negara melalui Ekspor

Di tahun 2020 ini, kemitraan Panasonic – GOBEL Indonesia genap memasuki usia ke-60 tahun. Sudah banyak prestasi dan pencapaian yang berhasil diraih selama enam dasawarsa tersebut. Salah satunya dengan terus mendorong PT. Panasonic Manufacturing Indonesia (PMI) mengembangkan industri elektronik di Tanah Air, baik untuk memenuhi permintaan konsumen domestik maupun memperluas pasar ekspor. Realisasi dari komitmen PT. PMI itu  sejalan dengan implementasi program prioritas Making Indonesia 4.0 yang dicanangkan Kementerian Perindustrian.

Sebagai pionir industri elektronik di Indonesia, Panasonic GOBEL berhasil mengantarkan PT. PMI yang saat ini pada tanggal 27 Juli 2020 genap menginjak usia ke-50 tahun di Indonesia, menjadi pelaku industri nasional yang mampu bersaing di kancah internasional. Komitmen PT. PMI, selalu menghadirkan produk  elektronik rumah tangga (Home Appliances) yang berkualitas dan inovatif, terbukti Panasonic diterima pasar Tanah Air maupun pasar global.

PT. PMI adalah produsen “Home Appliances” seperti AC, Lemari Es, Mesin Cuci, peralatan Audio, Kipas Angin serta Pompa Air.

Komitmen dan kontribusi PT. PMI yang positif terhadap kinerja industri elektronik di Tanah air ditandai dengan upayanya memacu ekspor ke mancanegara. Hal tersebut terbukti dengan kegiatan ekspor berbagai produk PT. PMI seperti AC, Lemari Es, Mesin Cuci, Peralatan Audio, Water Pump dan lainnya yang sudah dilakukan sejak tahun 1992 hingga tahun 2020 ke 33 negara yang tersebar di berbagai benua, seperti benua Asia, Afrika, Eropa, Amerika dan Australia.

Pada bulan Februari lalu, PT. PMI melakukan ekspor perdana AC ke Nigeria, Afrika. Kegiatan ekspor itu diyakini membawa dampak positif bagi perekonomian Indonesia sekaligus membanggakan. Pasalnya, ekspor AC ke Nigeria tersebut menggunakan merek Panasonic dan tercantum buatan Indonesia.

Produk AC yang diekspor PT. PMI ke Nigeria adalah tipe 1 PK, 1,5 PK sampai 2 PK yang ramah lingkungan berbasis refrigeran R32, dilengkapi teknologi “nanoe-X” dan “nanoe-G”.

Kegiatan ekspor ke berbagai benua termasuk ke benua Afrika, yaitu ke Nigeria menandai optimisme PT. PMI yang pada saat ini genap menginjak usia ke-50 tahun di Indonesia, untuk  menunjukkan komitmen PT. PMI menjadikan Indonesia sebagai basis produksi AC di kawasan ASEAN, sekaligus realisasi dari komitmen untuk memperluas pasar ekspor dan momentum membuka pintu pasar di Afrika.

PT. PMI berhasil merelokasi produksi AC tipe 2PK dan 2,5PK dari Malaysia ke Indonesia tahun lalu.  Geliat investasi itu menunjukkan optimisme dari pelaku industri. Melihat hal itu, PT. PMI telah menetapkan target ekspor Air Conditioner (AC) Panasonic 10 juta unit dalam waktu 20 tahun, sebagai upaya menjadikan Indonesia sebagai basis produksi dan pasar yang sangat strategis serta basis ekspor produk AC Panasonic ke berbagai negara. PT. PMI beroperasi tahun 1970. Empat tahun kemudian berdirilah unit bisnis AC. Hingga kini, setelah 50 tahun berdiri di Indonesia, PT. PMI berhasil memproduksi lebih dari 5 juta unit AC. Keberhasilan tersebut tidak lepas dari kemampuan PT. PMI menjaga dan meningkatkan kualitas AC Panasonic sehingga mendapat penghargaan tinggi dari konsumen.

Kementerian Perindustrian sebagai pembina industri  optimistis sektor industri elektronik nasional mempunyai daya ungkit untuk menggenjot  ekspor. Apalagi, industri elektronik merupakan salah satu sektor  prioritas pengembangan sesuai implementasi peta jalan Making Indonesia 4.0. Industri “Home Appliances” di Indonesia semakin kuat, dan tinggal diperdalam lagi struktur manufakturnya melalui peningkatan investasi.

Sasaran tersebut akan mudah tercapai apabila didukung penggunaan teknologi terkini dan sumber daya manusia (SDM) industri yang kompeten. Kemenperin mencatat, secara keseluruhan nilai ekspor produk elektronik dan telematika mencapai 7,8 miliar dolar AS sepanjang tahun 2019. Adapun 10 negara tujuan utamanya, antara lain ke Singapura, Amerika Serikat, Jepang, Jerman, Vietnam, Hong Kong, Malaysia, China, Thailand, dan Filipina.

Kontribusi PT. PMI terhadap perekonomian nasional tidak saja melalui kegiatan ekspor, investasi, tapi memberikan nilai tambah melalui pemanfaatan suku cadang dan komponen lokal. Upaya nyata Panasonic-Gobel untuk terus meningkatkan tingkat komponen dalam negeri (TKDN), saat ini mencapai 40% untuk produk AC.

BACA JUGA  Park Hotel Jakarta Implementasikan SOP New Normal Manajemen PT PP Pastikan Park Hotel Jakarta Siap Beroperasi Kembali

Pada tahun 2019, PT. PMI juga tercatat berhasil meningkatkan produksi mesin cuci dan memperluas ekspor hingga ke Taiwan. Lini usaha mesin cuci PT. PMI mengekspor produk Original Equipment Manufacturer (OEM) merek CHIMEI sekaligus hal ini membuktikan bahwa kualitas mesin cuci karya anak bangsa bisa menembus pasar global.  Mesin cuci produksi PT. PMI selalu berinovasi dan secara konsisten mengembangkan industri dalam negeri, di mana tingkat komponen dalam negeri (TKDN) saat ini telah mencapai 37 persen, dan masih akan ditingkatkan.

Rachmat Gobel, Putra Pendiri sekaligus President Commissioner PT. Panasonic Manufacturing Indonesia mengatakan, Panasonic GOBEL terus berusaha untuk mewujudkan komitmen melalui  kontribusi nyata bagi Indonesia, terutama dalam menumbuhkembangkan usaha di dalam negeri melalui produksi dan penjualan produk-produk yang dikelola oleh SDM unggul, sehingga terdorongnya peran secara aktif untuk melakukan ekspansi ekspor yang akan  berpengaruh terhadap penyerapan jumlah tenaga kerja dan peningkatan devisa negara.

“Panasonic GOBEL sebagai pionir industri elektronika yang sudah berpengalaman  selama 60 tahun di Indonesia, berkomitmen untuk  selalu berupaya memberikan sumbangsih melalui berbagai inovasi dalam hal teknologi maupun ekspansi bisnisnya, sehingga tidak hanya berkontribusi terhadap teknologi terbarukan, tapi juga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan perekonomian Indonesia,” ujar Rachmat Gobel

Menurut catatan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), pada tahun 2020 ini terdapat tujuh  perusahaan asing yang memastikan relokasi pabrik ke Indonesia, dan salah satunya ialah Panasonic. Relokasi dari Tiongkok tersebut bertujuan menjadikan Indonesia sebagai basis ekspor bagi beberapa kategori produk Home Appliances (AC, Mesin Cuci, dan Lemari Es) Panasonic.

(AB)

 

Baca Juga

  • Tips Menjadi Remaja yang Aktif dan Sukses

    Tips Menjadi Remaja yang Aktif dan Sukses

    Gemar mempelajari hal baru dan suka menghadapi tantangan akan membuat kita termotivasi untuk berkembang dan pada akhirnya mencapai kesuksesan. Sayangnya para remaja terkadang kehilangan motivasi tersebut karena sudah lelah dengan tuntutan dari orang tua, sekolah, teman dan karena perubahan fisik yang sedang dialami. Terlebih lagi bila tujuan yang ingin dicapai masih buram dan terjadi jauh di […]
  • Galaxy Note10 Lite: Langkah Jitu Samsung Hadirkan Ponsel Produktivitas Kelas Flagship bagi Kalangan yang Lebih Luas

    Galaxy Note10 Lite: Langkah Jitu Samsung Hadirkan Ponsel Produktivitas Kelas Flagship bagi Kalangan yang Lebih Luas

    Samsung Electronics Indonesia memastikan ketersediaan ponsel pendukung produktivitas kategori flagship untuk lebih banyak pengguna, dengan menghadirkan Galaxy Note10 Lite yang membawa fitur-fitur premium nan khas dari gawai seri Note. Teknologi kamera terkini, S Pen berfitur paling mutakhir, layar immersive dan baterai lebih bertenaga, menjadi beberapa keunggulan kunci. Galaxy Note10 Lite akan resmi tersedia di Indonesia […]
  • Memasuki Tahun Baru dengan Merawat Harapan dan Optimisme

    Memasuki Tahun Baru dengan Merawat Harapan dan Optimisme

    Tahun 2019 baru saja berakhir. Banyak peristiwa dan pengalaman yang telah kita lalui sepanjang tahun lalu, baik pengalamanyang menyenangkan maupun mengecewakan. Refleksi, evaluasi diri atau menetapkan resolusi merupakan langkah awal yang positif dalam menyambut tahun baru. Namun, di tengah perubahan dan tantangan yang semakin cepat dan kompleks,diperlukan aspek pendukung lain agar refleksi, evaluasi atau resolusi […]
  • Yuk, Ketemu dan Sharing Pengalaman Seru Kamu di ’Ramadhan Earn Wave’ Persembahan Genmuda.com

    Yuk, Ketemu dan Sharing Pengalaman Seru Kamu di ’Ramadhan Earn Wave’ Persembahan Genmuda.com

    Mau ngabuburit kamu makin produktif? Langsung aja dateng ke acara “Ramadhan Earn Wave” persembahan Genmuda.com Memasuki Ramadhan tahun ini, Genmuda.com bakalan ajak Kawan Muda buat ikuan seru-seruan di acara “Ramadhan Earn Wave” yang diadakan tanggal 9-11 Juni 2017 di Piazza Gandaria City, Jakarta. Selain bisa mengisi waktu berbuka puasa, acara ini sekaligus menjadi wadah serta […]
  • Mobilkamu Sediakan Lapangan Kerja Marketing Berbasis Teknologi untuk Generasi Millenial

    Mobilkamu Sediakan Lapangan Kerja Marketing Berbasis Teknologi untuk Generasi Millenial

    Indonesia Spectacular Startup & Career Exhibition yang ke-7 kembali digelar Seminggu lalu, tepatnya pada tanggal 28-29 Januari 2020 di Jakarta International Velodrome, Rawamangun, Jakarta Timur. Acara bursa kerja yang dihadiri oleh ratusan pencari kerja ini diperuntukan untuk para pelamar kerja mulai dari lulusan SMA/SMK Hingga S2. Dalam event ini, Mobilkamu juga berpartisipasi menjadi salah satu […]
  • Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Cenderung lebih Rendah Secara Global

    Tingkat Stres Masyarakat Indonesia Cenderung lebih Rendah Secara Global

    Berdasarkan hasil Survei Skor Kesejahteraan Cigna 360° yang dilakukan oleh Cigna, perusahaan penyedia solusi keuangan yang bergerak di bidang asuransi kesehatan, tingkat stres masyarakat Indonesia berada pada level terendah secara global. Selain itu, masyarakat Indonesia merasa mereka siap secara finansial untuk masa depan, menaruh kepercayaan tinggi terhadap pendapat keluarga mengenai perencanaan keuangan, dan lebih memilih […]
  • Noddle Fest Hotel Santika Premiere Bintaro, Melihat Proses Pembuatan Mie Sebelum Menyantapnya

    Noddle Fest Hotel Santika Premiere Bintaro, Melihat Proses Pembuatan Mie Sebelum Menyantapnya

    Mie merupakan jenis makanan yang bisa dengan mudah diperoleh dimana-mana. Berbagai jenis makanan bisa dihasilkan dari mie. Namun, tahukah kita bahan-bahan yang digunakan pada mie yang kita santap? Atau, bagaimana proses pembuatannya? Jarang dari kita yang mengetahui proses pembuatan mie, sehingga kita tidak mengetahui apakah mie tersebut baik bagi kesehatan. Memang kebanyakan mie yang kita […]
  • Mau Lulus Sekolah? Perlu Gak Sih Buat Buku Tahunan?

    Mau Lulus Sekolah? Perlu Gak Sih Buat Buku Tahunan?

    Buku tahunan (yearbook) merupakan salah satu hal penting yang dibagikan pada saat pesta kelulusan siswa. Buku tahunan juga dapat menjadi media promosi sekolah dan sebagai sarana silaturahmi antara siswa dan guru. Dengan buku tahunan, para siswa dapat mengenang kembali masa-masa indah di sekolah. Selain itu juga, dengan buku tahunan para siswa dapat mencari informasi alamat, […]
  • Apa itu Kayu Manis?

    Apa itu Kayu Manis?

    Siapa yang tak tahu kayu manis? Rempah-rempah yang punya aroma khusus ini ternyata punya manfaat bagi kesehatan. Menurut situs Hello Sehat, ada beberapa manfaat kayu manis yang mungkin belum Anda ketahui yakni sebagai antijamur, antiradang, dan antiseptik. Bahkan telah banyak penelitian yang membuktikan manfaat kayu manis untuk kesehatan, yaitu dapat mengobati: diare pilek dan flu […]
  • Pemerintah Tetapkan Aturan Pengendalian IMEI dengan Sistem Whitelist

    Pemerintah Tetapkan Aturan Pengendalian IMEI dengan Sistem Whitelist

    Pemerintah resmi menerapkan aturan pengendalian International Mobile Equipment Identity (IMEI) per tanggal 18 April 2020. Penetapan aturan ini bertujuan untuk menekan penggunaan ponsel ilegal di Indonesia yang berpotensi menimbulkan kerugian bagi negara dan masyarakat. “Tentunya, Kementerian Perindustrian konsisten mendukung penerapan aturan tersebut. Hal ini guna mendorong industri ponsel di dalam negeri agar mampu memiliki daya […]
  • Tingkatkan Produktivitas, IKM Rasakan Manfaat Program Restrukturisasi Mesin

    Tingkatkan Produktivitas, IKM Rasakan Manfaat Program Restrukturisasi Mesin

    Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong pemulihan sektor industri di dalam negeri yang terdampak pandemi Covid-19, termasuk pelaku industri kecil menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang sedang dijalankan, yakni menggelar program restrukturisasi mesin dan peralatan untuk penumbuhan dan pengembangan IKM. “Bagi sektor IKM yang terimbas Covid-19, kami melakukan program pengembangan wirausaha IKM terutama untuk pekerja […]
  • Ayah, Bunda, Ajari Aku Bermasyarakat Ya!!

    Ayah, Bunda, Ajari Aku Bermasyarakat Ya!!

    “Ayah, aku pinjem handphone ya. Aku mau main game” “Bunda, di mall ini ada wifi gak?” “Dek, ini tab nya daripada bosen kamu main ini aja” “Lo main clash royale juga kan? udah level berapa? Tanding ya kita? “IG lo apa sih? Lo add gue ntar gue follow ya Kalimat dalam percakapan-percakapan di atas sudah […]
  • Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Permudah Belanja Bulanan, Ini 4 Keuntungan Belanja Online

    Kewajiban belanja bulanan yang dilakukan setiap akhir atau awal bulan biasanya dapat memakan waktu dan energi yang cukup besar. Dengan peningkatan tren belanja online, kini kita dapat dengan mudah mencari rangkaian produk kebutuhan sehari – hari yang dibutuhkan dalam rumah tangga dan tidak perlu khawatir menghabiskan waktu di jalan atau kesulitan membawa banyak barang. Shopee, […]
  • Smart Watch Huawei Terbaru ,Tingkatkan Dukungan ke Gaya Hidup Sehat & Modern

    Smart Watch Huawei Terbaru ,Tingkatkan Dukungan ke Gaya Hidup Sehat & Modern

    Huawei Indonesia kembali menghadirkan generasi terbaru dari Watch GT yang akan lebih menjawab kebutuhan dan gaya hidup konsumen Indonesia. Sejak memasuki pasar wearable pintar, Huawei terus menghadirkan produk-produk inovatif bagi konsumennya. Seperti halnya di segmen smartphone, Huawei juga berusaha memimpin pasar arloji pintar. Huawei meluncurkan Watch GT sebagai pamungkas lini smart watch untuk menjawab beragam […]
  • Pengundian Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi Periode 1

    Pengundian Program Telkomsel Siaga Sebar Hepi Periode 1

    Telkomsel mengumumkan pemenang program undian Telkomsel Siaga Sebar Hepi periode pertama sebagai apresiasi bagi para pelanggan setia. Pelanggan dengan nomor 0811559XXX dari Samarinda keluar sebagai pemenang hadiah utama berupa 1 unit mobil Honda HR-V. Pemenang diumumkan pada acara pengundian yang dilakukan di Telkomsel Smart Office, Jakarta. Vice President High Value Customer Segment Telkomsel, Riny Novitriyanti […]
  • Ice Skating Olahraga Bermain Yang Menyenangkan

    Ice Skating Olahraga Bermain Yang Menyenangkan

    Saat ini, beberapa pusat perbelanjaan  di Jakarta dan Tangerang  Selatan sudah dilengkapi dengan arena untuk bermain ice skating. Di antaranya adalah Bintaro Exchange Mall yang memiliki fasilitas bernama BX Rink. Seperti kita ketahui bersama, ice skating  merupakan salah satu cabang olahraga yang suka dilombakan dalam Olimpiade Musim Dingin. Ice skating akan melatih keseimbangan tubuh. Memang […]
  • Shopee Bersama Dompet Dhuafa Salurkan Donasi untuk Anak Indonesia

    Shopee Bersama Dompet Dhuafa Salurkan Donasi untuk Anak Indonesia

    Kemeriahan bulan suci Ramadhan tahun ini ditandai dengan keberhasilan Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan dalam kampanye #MemberiDariHati yang didukung oleh Dompet Dhuafa dan Baznas. Antusiasme masyarakat untuk berbagi sangat terlihat dengan terkumpulnya donasi sebesar Rp 291.030.000 untuk mendukung pendidikan dan kesejahteraan anak Indonesia. Pada hari ini, Shopee dan Dompet Dhuafa menyalurkan […]
  • Aplikasi PeduliLindungi Aman dari Phising dan Malware

    Aplikasi PeduliLindungi Aman dari Phising dan Malware

    Saat ini beredar berita hoaks seolah-olah aplikasi PeduliLindungi tidak aman. Kami pastikan bahwa berita itu tidak benar karena aplikasi PeduliLindungi saat ini sudah dapat diunduh melalui App Store dan Play Store untuk versi iOS dan Android dan tidak melalui APK sehingga sangat secure dari phising dan malware. Masyarakat diminta tidak ragu untuk menginstall PeduliLindungi, karena […]
  • Layanan GrabCar Protect Bantu Akses Mobilitas Masyarakat di Tengah Situasi Pandemi

    Layanan GrabCar Protect Bantu Akses Mobilitas Masyarakat di Tengah Situasi Pandemi

    Sebagai aplikasi serba bisa terkemuka di Indonesia, Grab telah menghadirkan 5,000 layanan armada roda empat khusus GrabCar Protect di Indonesia untuk melayani masyarakat. Layanan yang dihadirkan khusus untuk meningkatkan perlindungan para mitra pengemudi dan juga penumpang dari penyebaran COVID-19 ini telah membantu masyarakat yang masih harus melakukan aktifitas kerja di luar rumah selama masa pandemi […]
  • GoPlay Galang Pendanaan untuk Dukung Talenta Lokal dan Majukan Industri Hiburan Indonesia

    GoPlay Galang Pendanaan untuk Dukung Talenta Lokal dan Majukan Industri Hiburan Indonesia

    GoPlay, platform video on-demand dan anak usaha Gojek, hari ini mengumumkan penutupan putaran pendanaan independen pertamanya yang dipimpin oleh ZWC Partners dan Golden Gate Ventures; bersama dengan Openspace Ventures, Ideosource Entertainment, dan Redbadge Pacific. Sejak diluncurkan pada bulan September 2019 lalu, GoPlay telah memperkuat posisinya sebagai satu-satunya platform video on-demand Indonesia yang menghadirkan konten lokal […]

Tinggalkan Balasan