Etalase

5 Kategori Belanja Terpopuler Di Asia Tenggara Dalam 6 Bulan Pertama Di Tahun 2018

Priceza Indonesia, sebagai salah satu pelopor mesin pencari belanja (shopping search engine) dan platform pembanding harga di Indonesia, mengungkapkan fakta menarik tentang 5 kategori belanja terpopuler di 6 negara Asia Tenggara selama 6 bulan pertama di tahun 2018.

Pergeseran menuju belanja online (daring) telah menyapu Asia Tenggara dalam beberapa tahun belakangan. Menurut Bloomberg, belanja via internet di Thailand meningkat hingga 100 persen di tahun 2017.

Berbagai perusahaan rintisan yang bergerak di industri e-commerce pun bertumbuhan di kawasan ini, di mana beberapa di antaranya telah berhasil menyabet gelar “unicorn” — yang artinya valuasinya sudah melebihi 1 milyar USD, seperti yang dicapai Tokopedia dan BukaLapak dari Indonesia.

Merespon perkembangan ini, Priceza merilis informasi menarik terkait kategori produk yang paling banyak dicari selama 6 bulan terakhir (Januari – Juni 2018), oleh konsumen di enam negara Asia Tenggara: Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Kategori belanja terpopuler

Kategori pakaian dan fashion adalah produk yang paling banyak dicari di Asia Tenggara. Kategori ini memuncaki daftar di Indonesia (24.11%), Vietnam (22.65%), dan Thailand (12.12%). Kategori ini juga secara konsisten selalu berada di urutan 3 besar daftar di negara lainnya seperti Malaysia (10.95%), Filipina (15.28%), dan Singapura (17.81%).

Sebagai catatan, produk yang cukup erat terkait yaitu kategori kosmetik, juga masuk dalam jajaran 5 besar di tiga negara: Vietnam (11.82%), Filipina (5.53%%), dan Indonesia (5.04%).

Meski tidak sedominan kategori sebelumnya, kendaraan bermotor muncul di posisi teratas di Filipina (24.28%%) dan Malaysia (16.64%). Kendaraan bermotor juga masuk sebagai 3 besar di Indonesia (11.89%) dan Thailand (11.27%) — tetapi tidak muncul dalam posisi 5 besar di Singapura dan Vietnam.

Menurut Bayu Irawan, Co-Founder & Country Head Priceza Indonesia “cukup wajar bagi Singapura yang sudah didukung transportasi publik yang baik, tetapi sedikit mengagetkan untuk Vietnam karena sebenarnya negara ini belum memiliki fasilitas transportasi publik yang cukup baik, dan populasi kendaraannya pun sebenarnya cukup besar”.

Kategori lain yang kehadirannya cukup signifikan adalah produk elektronik, yang berada di daftar pencarian nomor 1 di Singapura (18.71%). Kategori ini juga berada di posisi 5 besar di negara lainnya, kecuali Malaysia.

Sebagai tambahan, komputer sebenarnya dapat dipertimbangkan sebagai kandidat kategori yang umum dicari. Namun kehadiran dan persentasenya tidak terlalu signifikan dengan hanya ada di 3 negara yaitu Singapura (13.94%), Filipina (5.76%), dan Vietnam (4.37%). Pun begitu dengan perabot rumah tangga (home furniture), yang mana kategori ini berhasil masuk pada posisi 5 di tiga negara: Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Temuan unik di masing-masing negara

Di samping kategori terpopuler secara umum di Asia Tenggara, data dari Priceza menunjukkan ada keunikan tertentu di masing-masing negara.

Indonesia dan Thailand adalah dua negara di Asia Tenggara yang hasil pencariannya melibatkan kategori telepon dan perangkat komunikasi. Kebutuhan akan ponsel relatif tinggi di kedua negara ini. Tentunya ini adalah catatan manis bagi industri yang terkait, mulai dari produsen ponsel, penyedia layanan telekomunikasi, hingga pengembang aplikasi.

Khusus untuk Indonesia, komposisi pencarian nomor 1 (pakaian dan fashion) dan 2 (telepon dan perangkat komunikasi) berjumlah 47%. Ini dapat diinterpretasikan, bahwa sekitar 1 dari 2 konsumen Indonesia yang berbelanja online, kemungkinan besar akan berakhir dengan produk ponsel atau busana.

Keunikan lain ada pada Malaysia dan Singapura yang sama-sama menunjukkan kategori olahraga di daftar 5 besar. Negara lain di Asia Tenggara sepertinya belum menempatkan kesehatan sebagai prioritas utama.

Isu kesehatan menjadi lebih kentara bagi Malaysia, karena negara ini menempatkan pencarian kategori makanan di posisi dua dengan persentase 12.46%. Tidak ada negara lain dengan kategori tersebut di posisi 5 besar.

Kemudian temuan menarik lainnya dapat dilihat dari hasil pencarian di Vietnam. Negara tersebut menunjukkan kategori ibu & anak di nomor 4.

Perkembangan untuk 6 bulan ke depan

Secara umum, kategori yang paling banyak dicari oleh konsumen di Asia Tenggara adalah pakaian & fashion, kendaraan bermotor, elektronik, dan kosmetik. Selain itu, setiap negara memiliki keunikan tersendiri terkait preferensi kategori produk favorit.

Lalu apakah hasil pencarian tersebut akan tetap seperti ini atau berubah di waktu mendatang? Menjawab pertanyaan ini, Bayu mengatakan, “agak sulit, karena ada banyak faktor yang terlibat di sana. Tetapi sepertinya jawabannya adalah “tidak sama dan berubah-ubah”. Alasannya, karena membandingkan pencarian Priceza antar-kuartal saja dapat ditemukan hasil yang berbeda”.

Kesimpulannya, bukan tidak mungkin dengan semakin membesarnya populasi pembelanja online, maka preferensi produk favorit pun bisa jadi mengalami pergeseran.

(ES)

Tags

 

Baca Juga

  • WanaArtha Life Telah Merealisasikan Program Akta Kelahiran untuk 1.000 Warga, Akta Nikah untuk 100 Pasangan, dan Mobil Pintar untuk Masyarakat di Provinsi Banten

    WanaArtha Life Telah Merealisasikan Program Akta Kelahiran untuk 1.000 Warga, Akta Nikah untuk 100 Pasangan, dan Mobil Pintar untuk Masyarakat di Provinsi Banten

    Sebagai pionir asuransi lokal, WanaArtha Life terus berupaya merealisasikan komitmennya untuk menjadi perusahaan yang terkemuka, baik di Indonesia namun juga di regional dan global. Sebagai perusahaan anggota dari World Economic Forum, WanaArtha Life mendukung terwujudnya pertumbuhan yang inklusif dan berkelanjutan dimana tujuan akhirnya adalah meningkatkan kesejahteraan seluruh lapisan masyarakat. Untuk menyukseskan semua kegiatan ini, WanaArtha […]
  • GoFood Ringankan Operasional UMKM lewat Voucher Belanja Serta Paket Sanitasi dan Keamanan Makanan

    GoFood Ringankan Operasional UMKM lewat Voucher Belanja Serta Paket Sanitasi dan Keamanan Makanan

    GoFood, layanan pesan-antar makanan terdepan di Asia Tenggara, bagian dari ekosistem super app Gojek, kembali mendukung keberlangsungan bisnis mitra UMKM selama pandemi COVID-19 dan pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Kali ini, GoFood meringankan beban biaya operasional mitra UMKM melalui pemberian voucher belanja bahan pokok di GoFresh dan distribusi paket sanitasi dan keamanan makanan. Catherine […]
  • Wajib Dicoba Beragam Nasi khas Jawa Barat di Rasana Sunda

    Wajib Dicoba Beragam Nasi khas Jawa Barat di Rasana Sunda

    Setelah di artikel lalu kita mengenal aneka sambal dan lalap di Rasana Sunda, kali ini Info Bintaro mengajak Anda untuk mengenal aneka nasi khas Jawa Barat yang tersaji di restoran Rasana Sunda di Bintaro Sektor 7. Nasi Timbel Nasi timbel Bintaro ini dilengkapi dengan ayam panggang/empal, tahu, tempe goreng, jambal roti, sayur asem/lodeh. Nasi timbel […]
  • Steak Jadi Pilihan Menarik Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro

    Steak Jadi Pilihan Menarik Untuk Pecinta Kuliner di Bintaro

    INFO BINTARO (IB) – Holycow Steakhouse by Chef Afit hadir untuk memanjakan lidah para pencinta kuliner di Bintaro. Rasa dan kelezatan dagingnya pastinya sudah tidak perlu diragukan lagi dan membuat tempat makan ini selalu kebanjiran pengunjung. Holycow Steakhouse Magnet Baru untuk Kuliner di Bintaro Holycow Steakhouse by Chef Afit mempunyai beberapa daging pilihan. Ada sirloin […]
  • Resep Gampang Membuat Mango Sticky Rice

    Resep Gampang Membuat Mango Sticky Rice

    Nasi ketan mangga adalah terjemahan dari Mango Sticky Rice. Ini merupakan mangga iris yang disajikan dengan nasi ketan Thailand. Bahan utamanya adalah ketan putih, mangga dan santan. Mango Sticky Rice memiliki nama asli dalam bahasa Thai: Khao Neow Mamuang, Khao Neow berarti ketan putih yang rasanya lebih manis dari pada ketan hitam. Dan Mamuang berarti […]
  • Zalora Jalin Kerja Sama Dengan RPX untuk Servis Pengambilan Barang Lewat Indomaret

    Zalora Jalin Kerja Sama Dengan RPX untuk Servis Pengambilan Barang Lewat Indomaret

    ZALORA, destinasi fashion online Asia, kini menyediakan servis baru untuk pengambilan barang yang mudah dan cepat. ZALORA menggandeng RPX dan Indomaret untuk memudahkan pelanggan mengambil barang pesanannya melalui gerai Indomaret terdekat. Servis ini ditujukkan untuk memberikan kenyamanan bagi pelanggan yang menginginkan fleksibilitas dan efisiensi dalam mengontrol kapan dan dimana mereka ingin mengambil pesanan mereka. Mulai […]
  • 11 Anak Muda Penggerak Kemajuan Bangsa Raih Apresiasi 11th Satu Indonesia Awards 2020

    11 Anak Muda Penggerak Kemajuan Bangsa Raih Apresiasi 11th Satu Indonesia Awards 2020

    Melalui sebuah Kongres Pemuda II yang diadakan 92 tahun lalu, anak muda berikrar bertanah air satu, berbangsa satu, berbahasa satu: Indonesia. Ketika Indonesia berusia 100 tahun, generasi muda jugalah yang mengusung sebuah visi Indonesia Emas 2045. Sumbangsih anak muda yang selalu menjadi motor pergerakan dalam menentukan nasib bangsa dari 92 tahun lalu hingga 25 tahun […]
  • Bakmi Buncit Bintaro Obat Rindu Saat Imlek

    Bakmi Buncit Bintaro Obat Rindu Saat Imlek

    INFOBINTARO (IB) – Bagi pecinta kuliner biasanya mempunyai rekomendasi tempat makan yang paling enak. Ayo, siapa diantara kalian yang merekomendasikan Bakmi Buncit Bintaro menjadi tempat makan favorit? Di Bakmi Buncit Bintaro Tersedia Menu Chinese Food Sampai Soto Betawi Dinamakan Bakmi Buncit bukan berarti tempat makan ini berada di kawasan Warung Buncit Jakarta Selatan, lho. Namun, […]
  • Dorong Pasar Otomotif Nasional lewat Jalur Digital, Honda Berpartisipasi di Ajang Indonesia Otomotif Online Festival 2020

    Dorong Pasar Otomotif Nasional lewat Jalur Digital, Honda Berpartisipasi di Ajang Indonesia Otomotif Online Festival 2020

    PT Honda Prospect Motor (HPM) berpartisipasi dalam ajang Indonesia Otomotif Online Festival (IOOF) 2020 yang akan digelar mulai tanggal 25 – 29 Agustus 2020. IOOF merupakan festival otomotif online di Indonesia yang diselenggarakan oleh Google dan KG Media. Sepanjang lima hari festival IOOF akan digelar berbagai acara virtual mengenai ulasan produk, pengetahuan otomotif, hingga program […]
  • Makanan Terbaik untuk Membentuk Otot Tubuh

    Makanan Terbaik untuk Membentuk Otot Tubuh

    Sekarang sudah akhir Juli, bagaimana target kesehatan Anda? Menjadi bugar mungkin salah satunya. Atau pengen memiliki tubuh lebih berotot? Selain latihan, apa yang harus dilakukan untuk membentuk otot lebih cepat? Yaitu adalah dengan menjaga asupan nutrisi yang terbaik. Latihan, baik itu latihan beban maupun latihan kardio adalah faktor utama dalam pembentukan otot. Ketika ingin menambah […]
  • Lazada Pelopori Kepastian Pengiriman dengan Peluncuran Layanan Jaminan Pengiriman Lazmall Serentak di Kawasan Asia Tenggara

    Lazada Pelopori Kepastian Pengiriman dengan Peluncuran Layanan Jaminan Pengiriman Lazmall Serentak di Kawasan Asia Tenggara

    Pemimpin platform e-commerce Asia Tenggara, Lazada Group, telah resmi menggulirkan Jaminan Pengiriman LazMall (LazMall Guaranteed Delivery), layanan pengiriman bergaransi pertama di kawasan ini yang menjanjikan kepastian pengantaran untuk pembelian di LazMall – mall virtual di platform Lazada – dengan kompensasi langsung apabila terjadi keterlambatan pengantaran. Jaminan Pengiriman LazMall telah tersedia di Indonesia, Malaysia, Thailand, Vietnam […]
  • Coffee Shop yang Enak, Instagrammable dan Kekinian, di KOPILIPILI Tempatnya

    Coffee Shop yang Enak, Instagrammable dan Kekinian, di KOPILIPILI Tempatnya

    Hidup itu penuh pilihan. Tapi jangan pilih-pilih terus ya….Begitu Anda memutuskan sesuatu, maka Anda harus menikmati pilihan tersebut. “PILIH AND CHILL” merupakan prinsip dari Gian, warga Bintaro yang menjadi pemilik kedai kopi KOPILIPILI yang ada di Ruko Sentra Menteng, Bintaro Sektor 7 (Seberang Lotte Mart Bintaro).  Menurut Gian, dalam kehidupan, kita selalu dipertemukan dengan berbagai […]
  • Lotte Corporation Dukung Pendidikan Indonesia melalui Lotte Beasiswa Juara 2019

    Lotte Corporation Dukung Pendidikan Indonesia melalui Lotte Beasiswa Juara 2019

    LOTTE Corporation, konglomerasi multinasional asal Korea, hari ini mengumumkan LOTTE Beasiswa Juara 2019, yaitu kompetisi pengetahuan berbasis online yang ditujukan bagi siswa-siswi SMA/sederajat untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Program ini juga merupakan bentuk dukungan LOTTE terhadap dunia pendidikan di Indonesia. Jongmin, Yoon, President (CSO), LOTTE Corporation berkata “LOTTE berkomitmen untuk terus berkembang […]
  • Citi Indonesia Dinobatkan Sebagai Best International Bank di Indonesia

    Citi Indonesia Dinobatkan Sebagai Best International Bank di Indonesia

    Citi Indonesia (Citibank, N.A., Indonesia) baru saja dinobatkan sebagai “Best International Bank in Indonesia” dari salah satu publikasi keuangan terkemuka di Asia, yaitu Finance Asia, dalam ajang penghargaan tahunan Country Awards 2020. Ajang ini mengakui bank-bank terbaik, pialang, dan firma hukum di Asia, serta lembaga pemeringkat terbaik di wilayah Cina. Dalam situs resminya, Finance Asia […]
  • Perusahaan Teknologi Indonesia Tokopedia Sambut Usia ke-11

    Perusahaan Teknologi Indonesia Tokopedia Sambut Usia ke-11

    Perusahaan teknologi Indonesia, Tokopedia, akan menyelenggarakan ‘Tokopedia Play Fest’ pada 17 Agustus 2020 mendatang. Selain memperingati HUT ke-75 Indonesia, acara ini diselenggarakan virtual di kanal video streaming Tokopedia Play untuk merayakan hari jadi ke-11 Tokopedia, yang jatuh di tanggal yang sama. Founder sekaligus CEO Tokopedia, William Tanuwijaya, mengatakan, “Tokopedia, sebagai perusahaan teknologi buatan Indonesia, sangat […]
  • Wuling Motor Membawa Konsep “My Wuling My Home” di GIIAS 2017

    Wuling Motor Membawa Konsep “My Wuling My Home” di GIIAS 2017

    Wuling Motor (Wuling) berpartisipasi dalam GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 dari 10 – 20 Agustus 2017 di Indonesia Convention Center (ICE) – BSD City, Tangerang. Booth Wuling berlokasi di 6A, Hall 6 dengan luas 942 m2. Untuk GIIAS tahun ini, selain membawa konsep booth ‘My Wuling My Home’, Wuling membawa MPV pertamanya, seri […]
  • Merancang Nutrisi Diabetes yang Tepat

    Merancang Nutrisi Diabetes yang Tepat

    Horor ternyata bukan hanya sebuah genre film. Penyakit pun bisa dikatakan sesuatu yang menakutkan, salah satunya adalah diabetes. Ya, diabetes merupakan penyakit kronis yang dapat menyebabkan komplikasi masalah kesehatan yang serius, bahkan bisa menggerus harapan hidup seseorang. Karena itu, masyarakat perlu terus disadarkan akan horornya diabetes. “Diabetes adalah silent killer dan induk dari segala penyakit […]
  • Belanja Super Murah Mulai dari Rp 1000 di Giant Cuci Gudang

    Belanja Super Murah Mulai dari Rp 1000 di Giant Cuci Gudang

    Giant mengadakan “Giant Cuci Gudang” yang kali ini menawarkan aneka produk – produk keperluan rumah tangga berkualitas dengan harga super murah mulai dari Rp1.000,-. Giant Cuci Gudang yang dimulai sejak tanggal 23 November 2017 sampai dengan tanggal 25 Januari 2018 ini, menawarkan produk–produk perlengkapan rumah tangga, pakaian, peralatan serta perlengkapan menulis, produk elektronik, serta produk-produk […]
  • Xiaomi Menjadi Vendor Smartphone Terbesar Kedua Indonesia pada Kuartal Pertama 2018: Canalys

    Xiaomi Menjadi Vendor Smartphone Terbesar Kedua Indonesia pada Kuartal Pertama 2018: Canalys

    Pemimpin teknologi global, Xiaomi berhasil menempati posisi kedua dalam jajaran vendor smartphone terbesar di pasar Indonesia menurut laporan pengapalan smartphone Canalys untuk kuartal pertama 2018. Berdasarkan data laporan estimasi pengapalan smartphone Canalys yang diperbaharui setiap tiga bulan, Xiaomi telah mencapai posisi kedua terbesar di Indonesia dengan pangsa pasar sebesar 18,3 persen pada kuartal pertama 2018 […]
  • PRUCekatan, Solusi Prudential Indonesia Pasarkan Produk Unit Link Secara Virtual Selama Masa Pandemi

    PRUCekatan, Solusi Prudential Indonesia Pasarkan Produk Unit Link Secara Virtual Selama Masa Pandemi

    PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) mengumumkan  telah mendapatkan izin dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) untuk melakukan pemasaran produk asuransi unit link secara tatap muka virtual. Hal ini merupakan tanggapan terhadap kebijakan terbaru dari OJK yang tertuang dalam Surat Edaran No. 18/D.05/2020 terkait penyesuaian teknis pelaksanaan pemasaran Produk Asuransi Yang Dikaitkan Dengan Investasi (PAYDI) / […]