Etalase

5 Kategori Belanja Terpopuler Di Asia Tenggara Dalam 6 Bulan Pertama Di Tahun 2018

Priceza Indonesia, sebagai salah satu pelopor mesin pencari belanja (shopping search engine) dan platform pembanding harga di Indonesia, mengungkapkan fakta menarik tentang 5 kategori belanja terpopuler di 6 negara Asia Tenggara selama 6 bulan pertama di tahun 2018.

Pergeseran menuju belanja online (daring) telah menyapu Asia Tenggara dalam beberapa tahun belakangan. Menurut Bloomberg, belanja via internet di Thailand meningkat hingga 100 persen di tahun 2017.

Berbagai perusahaan rintisan yang bergerak di industri e-commerce pun bertumbuhan di kawasan ini, di mana beberapa di antaranya telah berhasil menyabet gelar “unicorn” — yang artinya valuasinya sudah melebihi 1 milyar USD, seperti yang dicapai Tokopedia dan BukaLapak dari Indonesia.

Merespon perkembangan ini, Priceza merilis informasi menarik terkait kategori produk yang paling banyak dicari selama 6 bulan terakhir (Januari – Juni 2018), oleh konsumen di enam negara Asia Tenggara: Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Kategori belanja terpopuler

Kategori pakaian dan fashion adalah produk yang paling banyak dicari di Asia Tenggara. Kategori ini memuncaki daftar di Indonesia (24.11%), Vietnam (22.65%), dan Thailand (12.12%). Kategori ini juga secara konsisten selalu berada di urutan 3 besar daftar di negara lainnya seperti Malaysia (10.95%), Filipina (15.28%), dan Singapura (17.81%).

Sebagai catatan, produk yang cukup erat terkait yaitu kategori kosmetik, juga masuk dalam jajaran 5 besar di tiga negara: Vietnam (11.82%), Filipina (5.53%%), dan Indonesia (5.04%).

Meski tidak sedominan kategori sebelumnya, kendaraan bermotor muncul di posisi teratas di Filipina (24.28%%) dan Malaysia (16.64%). Kendaraan bermotor juga masuk sebagai 3 besar di Indonesia (11.89%) dan Thailand (11.27%) — tetapi tidak muncul dalam posisi 5 besar di Singapura dan Vietnam.

Menurut Bayu Irawan, Co-Founder & Country Head Priceza Indonesia “cukup wajar bagi Singapura yang sudah didukung transportasi publik yang baik, tetapi sedikit mengagetkan untuk Vietnam karena sebenarnya negara ini belum memiliki fasilitas transportasi publik yang cukup baik, dan populasi kendaraannya pun sebenarnya cukup besar”.

Kategori lain yang kehadirannya cukup signifikan adalah produk elektronik, yang berada di daftar pencarian nomor 1 di Singapura (18.71%). Kategori ini juga berada di posisi 5 besar di negara lainnya, kecuali Malaysia.

Sebagai tambahan, komputer sebenarnya dapat dipertimbangkan sebagai kandidat kategori yang umum dicari. Namun kehadiran dan persentasenya tidak terlalu signifikan dengan hanya ada di 3 negara yaitu Singapura (13.94%), Filipina (5.76%), dan Vietnam (4.37%). Pun begitu dengan perabot rumah tangga (home furniture), yang mana kategori ini berhasil masuk pada posisi 5 di tiga negara: Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Temuan unik di masing-masing negara

Di samping kategori terpopuler secara umum di Asia Tenggara, data dari Priceza menunjukkan ada keunikan tertentu di masing-masing negara.

Indonesia dan Thailand adalah dua negara di Asia Tenggara yang hasil pencariannya melibatkan kategori telepon dan perangkat komunikasi. Kebutuhan akan ponsel relatif tinggi di kedua negara ini. Tentunya ini adalah catatan manis bagi industri yang terkait, mulai dari produsen ponsel, penyedia layanan telekomunikasi, hingga pengembang aplikasi.

Khusus untuk Indonesia, komposisi pencarian nomor 1 (pakaian dan fashion) dan 2 (telepon dan perangkat komunikasi) berjumlah 47%. Ini dapat diinterpretasikan, bahwa sekitar 1 dari 2 konsumen Indonesia yang berbelanja online, kemungkinan besar akan berakhir dengan produk ponsel atau busana.

Keunikan lain ada pada Malaysia dan Singapura yang sama-sama menunjukkan kategori olahraga di daftar 5 besar. Negara lain di Asia Tenggara sepertinya belum menempatkan kesehatan sebagai prioritas utama.

Isu kesehatan menjadi lebih kentara bagi Malaysia, karena negara ini menempatkan pencarian kategori makanan di posisi dua dengan persentase 12.46%. Tidak ada negara lain dengan kategori tersebut di posisi 5 besar.

Kemudian temuan menarik lainnya dapat dilihat dari hasil pencarian di Vietnam. Negara tersebut menunjukkan kategori ibu & anak di nomor 4.

Perkembangan untuk 6 bulan ke depan

Secara umum, kategori yang paling banyak dicari oleh konsumen di Asia Tenggara adalah pakaian & fashion, kendaraan bermotor, elektronik, dan kosmetik. Selain itu, setiap negara memiliki keunikan tersendiri terkait preferensi kategori produk favorit.

Lalu apakah hasil pencarian tersebut akan tetap seperti ini atau berubah di waktu mendatang? Menjawab pertanyaan ini, Bayu mengatakan, “agak sulit, karena ada banyak faktor yang terlibat di sana. Tetapi sepertinya jawabannya adalah “tidak sama dan berubah-ubah”. Alasannya, karena membandingkan pencarian Priceza antar-kuartal saja dapat ditemukan hasil yang berbeda”.

Kesimpulannya, bukan tidak mungkin dengan semakin membesarnya populasi pembelanja online, maka preferensi produk favorit pun bisa jadi mengalami pergeseran.

(ES)

Tags

 

Baca Juga

  • Pandemi Perkuat Pondasi Digitalisasi Asuransi, Insurtech Makin Jadi Primadona di 2021?

    Pandemi Perkuat Pondasi Digitalisasi Asuransi, Insurtech Makin Jadi Primadona di 2021?

    Terlepas dari tekanan ekonomi akibat pandemi, 2020 menjadi tahun penuh peluang dan capaian bagi industri insurance technology (insurtech). Pasalnya, pandemi juga membawa perubahan perilaku masyarakat yang menjadi serba digital dan adanya peningkatan kesadaran masyarakat akan pentingnya asuransi. Hal ini juga semakin mencuri perhatian dari para investor terhadap potensi perkembangan insurtech. Respon positif pasar ini lantas […]
  • Groundbreaking Apartemen Swarnabumi Bintaro

    Groundbreaking Apartemen Swarnabumi Bintaro

    PT. Kopel Lahan Andalan (Kopelland), sebuah perusahaan pengembang properti yang sahamnya dimiliki oleh Koperasi Pegawai Bulog Seluruh Indonesia (Kopelindo) & PT Advantic Business, melakukan groundbreaking pembangunan Apartemen Swarnabumi Bintaro yang menandai dimulainya proses pembangunan apartemen ini. Acara yang berlangsung pada hari Minggu, 21 Mei 2017 di lokasi proyek Apartemen Swarnabumi, Jombang Ciputat dihadiri seluruh karyawan PT. Kopel […]
  • Mercedes Trophy Indonesia Turnamen Golf Prestisius Bergulir Pada Tanggal 2 Mei 2018

    Mercedes Trophy Indonesia Turnamen Golf Prestisius Bergulir Pada Tanggal 2 Mei 2018

    MercedesTrophy Indonesia 2018 merupakan penyelenggaraan ke-22 dan merupakan turnamen golf prestisius bagi para pemilik kendaraan Mercedes-Benz di seluruh Indonesia. MercedesTrophy Indonesia 2018 juga memberikan kesempatan kepada tujuh pemenang turnamen untuk berlaga pada MercedesTrophy Asian Final yang bertempat di Sanctuary Cove Resort, Australia. MercedesTrophy Indonesia 2018 akan digelar pada tanggal 2 Mei 2018 yang berlokasi di […]
  • Kampanye #Tetapterjaga, Langkah Terbaru Bluebird dalam Hadapi Penyebaran Virus Corona

    Kampanye #Tetapterjaga, Langkah Terbaru Bluebird dalam Hadapi Penyebaran Virus Corona

    Menyusul perkembangan dari status pandemic virus Corona atau COVID-19 secara global, khususnya himbauan social distancing di Indonesia, PT Blue Bird Tbk sebagai penyedia transportasi terdepan di Indonesia, pada hari ini Bluebird memperkenalkan program layanan Bluebird COD (Chat-Order-Delivery) melalui kampanye #TetapTerjaga. Langkah ini merupakan bagian dari antisipasi perusahaan terhadap penyebaran virus Corona, sekaligus kepedulian perusahaan dalam […]
  • Bertambah Lagi Tempat Nongkrong di Bintaro Dengan Hadirnya Bitoz

    Bertambah Lagi Tempat Nongkrong di Bintaro Dengan Hadirnya Bitoz

    Kawasan Bintaro semakin menggeliat dengan mulai beroperasinya satu tempat nongkrong baru, Bintaro Town Square atau yang disebut dengan Bitoz (baca juga: Bintaro Town Square, The New Concept of Food and Beverages). Pertumbuhan kawasan Bintaro yang menghadirkan berbagai cluster baru yang membuat banyak anggota masyarakat dari berbagai wilayah, yang sebelumnya belum bermukim di Bintaro, memutuskan untuk […]
  • Kartu Prakerja Diluncurkan Pemerintah, Ovo Jadi Mitra Resmi Uang Elektronik

    Kartu Prakerja Diluncurkan Pemerintah, Ovo Jadi Mitra Resmi Uang Elektronik

    Program Kartu Prakerja secara resmi diluncurkan sebagai bagian dari upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kompetensi kerja, produktivitas, dan daya saing serta mengembangkan jaring pengaman sosial selama pandemi COVID-19. OVO, platform pembayaran digital terkemuka di Indonesia, menjadi mitra resmi uang elektronik, bersama dengan bank milik negara, BNI. Pemerintah juga menggandeng 8 mitra resmi lainnya untuk platform […]
  • Mau Makan Fish and Chips di Bintaro?

    Mau Makan Fish and Chips di Bintaro?

    Fish and chips adalah sajian siap santap ala Western yang cukup populer. Hidangan ini biasanya terdiri dari ikan yang digoreng tepung dan dipadu dengan kentang goreng dan saus spesial. Ada banyak pilihan ikan yang digunakan dalam sajian fish and chips. Di antaranya ikan kakap, ikan cod, mackerel, salmon dan dori. Tapi yang paling laris dan disukai masyarakat Indonesia adalah ikan […]
  • Tips Bikin Video Berkualitas Film dengan Galaxy Note20 Series

    Tips Bikin Video Berkualitas Film dengan Galaxy Note20 Series

    Di era serba digital seperti sekarang, produksi konten berbasis video semakin didukung dengan majunya perkembangan teknologi. Dari analog yang serba manual, kini tools yang digunakan menjadi semakin automated yang memengaruhi proses kerja dan hasil akhir sebuah karya. Hal ini tentu menjadi sebuah kesempatan besar bagi siapapun untuk dapat mengekspresikan buah kreativitas mereka dalam bentuk video […]
  • Product Placement (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Product Placement (Dalam Rangka Hari Konsumen Nasional 20 April)

    Iklan merupakan sarana komunikasi yang digunakan perusahaan atau produsen untuk menyampaikan informasi tentang barang atau jasa kepada publik via media massa, baik media cetak maupun media elektronik. Melalui iklan, produsen dapat menarik minat konsumen terhadap produk. Seiring dengan perkembangan teknologi yang pesat juga berdampak pada perubahan strategi dalam komunikasi pemasaran. Perusahaan pengiklan mulai menggunakan sebuah […]
  • Satu-satunya Terbang Langsung Surabaya – Ternate – Surabaya Kini, Lion Air Layani Setiap Hari, Harga Mulai Rp 772.500

    Satu-satunya Terbang Langsung Surabaya – Ternate – Surabaya Kini, Lion Air Layani Setiap Hari, Harga Mulai Rp 772.500

    Lion Air meningkatkan frekuensi terbang menjadi 1 (satu) kali setiap hari atau 7 (tujuh) kali dalam sepekan untuk layanan penerbangan penumpang berjadwal langsung (non-stop) dari Surabaya melalui Bandar Udara Internasional Juanda di Sidoarjo, Jawa Timur (SUB) ke Bandar Udara Sultan Babullah di Ternate, Maluka Utara (TTE). Seluruh penerbangan Lion Air dioperasikan sesuai faktor-faktor yang memenuhi […]
  • Mobilkamu Mengadakan Showroom Event Secara Serempak di 4 Kota

    Mobilkamu Mengadakan Showroom Event Secara Serempak di 4 Kota

    Mobilkamu kembali membuat kegiatan yang dapat dihadiri masyarakat dari banyak kota dengan mengadakan offline event bertema Mobilkamu Showroom Event. Dimana pada event ini, pengunjung dapat langsung melakukan konsultasi harga dan pembelian mobil All Brand dengan Sales Executive Mobilkamu sambil melihat display dan melakukan test drive kepada unit yang telah disediakan pada Mobilkamu Showroom Event. Mobilkamu […]
  • PT. Tozy Sentosa, Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Piatu & Dhuafa

    PT. Tozy Sentosa, Berbagi Kebahagiaan Bersama Anak Yatim Piatu & Dhuafa

    Sebagai bentuk sumbangsih pada masyarakat sekitar lokasi bisnisnya, PT. Tozy Sentosa, sebagai salah satu perusahaan retail terkemuka di Indonesia yang menaungi Centro-Parkson Department Store dan Parkson Gourmet Mart, mengadakan kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pembagian paket beras 5 kilogram dan bingkisan hadiah kepada masing-masing dari 200 orang anak yatim piatu dan dhuafa yang berada […]
  • Scoliosis Gathering di RS Premier Bintaro

    Scoliosis Gathering di RS Premier Bintaro

    Sebagai bentuk kepedulian dan sumbangsih RS. Premier Bintaro kepada para penderita skoliosis, RS. Premier Bintaro mengadakan gathering bagi para skolioser (istilah untuk penderita skoliosis) pada hari Sabtu, 19 November 2016, di RS. Premier Bintaro, dengan mengambil tempat di Ruang Krakatau, Gedung Annex Lantai 5. Ada sekitar 175 orang yang hadir untuk menyimak pemaparan tentang skoliosis yang disampaikan […]
  • Skill Academy By Ruangguru Akan Sumbangkan Seluruh Pemasukan dari Program Kartu Prakerja untuk Penanganan Covid-19

    Skill Academy By Ruangguru Akan Sumbangkan Seluruh Pemasukan dari Program Kartu Prakerja untuk Penanganan Covid-19

    Ruangguru mengumumkan bahwa Skill Academy by Ruangguru akan menyumbangkan seluruh pemasukan Skill Academy sebagai mitra platform digital Program Kartu Prakerja kepada negara, melalui Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), untuk membantu penanganan pandemi COVID-19. Hingga saat ini, Ruangguru belum menagihkan pembayaran apapun kepada pemerintah terkait Program Kartu Prakerja. Proses rekonsiliasi transaksi dengan PMO perlu dilakukan terlebih […]
  • Kangen Suasana Jogja? Silahkan Mampir ke Angkringan D’SO 114

    Kangen Suasana Jogja? Silahkan Mampir ke Angkringan D’SO 114

    Masih ingat dengan lagu Yogyakarta karya KLA Project? Lagu lawas yang liriknya bercerita tentang kerinduan seseorang akan Jogja, akan suasana dan kesederhanaannya. Memang Jogja bagi siapa pun yang pernah tinggal menetap atau sekedar mampir selalu membuat kangen. Ingat dengan Malioboro, ingat dengan keratonnya, ingat dengan lesehannya dan juga ingat dengan angkringannya. Ya, angkringan adalah salah […]
  • Viu dan Indosat Ooredoo Menjalin Kerja Sama Strategis Pelanggan IM3 Ooredoo Kini Bisa Akses Sepuasnya Viu Premium

    Viu dan Indosat Ooredoo Menjalin Kerja Sama Strategis Pelanggan IM3 Ooredoo Kini Bisa Akses Sepuasnya Viu Premium

    Indosat Ooredoo melalui IM3 Ooredoo mengumumkan kerja samanya dengan Viu, layanan video pan-regional OTT terkemuka dari PCCW Media Group dengan lebih dari 41 juta pengguna setiap bulan atau monthly active users (MAU). Kini pelanggan IM3 Ooredoo dapat menikmati seluruh konten premium Viu saat #DirumahAja tanpa perlu mengeluarkan biaya tambahan. Pelanggan memiliki kebebasan memilih untuk menikmati […]
  • Ngumbar, Ajang Kumpul Bareng Pecinta Otomotif Klasik Bintaro

    Ngumbar, Ajang Kumpul Bareng Pecinta Otomotif Klasik Bintaro

    Animo penggemar otomotif di Bintaro baik mobil maupun motor cukup tinggi, dari yang menggemari kendaraan keluaran terbaru, modifikasi, sampai dengan kendaraan klasik maupun retro. Sebagai ajang untuk mempertemukan para penggemar mobil retro maupun klasik, Bintaro Classic Retro Community (BCRC) mengadakan acara yang dinamakan Ngumbar alias Ngumpul Bareng. Acara yang berlangsung pada hari Minggu, 1 Mei […]
  • Shopee dan Gramedia Ajak Masyarakat Mengisi Waktu Luang Secara Produktif dari Rumah

    Shopee dan Gramedia Ajak Masyarakat Mengisi Waktu Luang Secara Produktif dari Rumah

    Shopee, perusahaan e-commerce terdepan di Asia Tenggara dan Taiwan bersama Gramedia, toko buku terbesar di Indonesia memberikan akses mudah bagi pengguna terhadap berbagai pilihan buku terlengkap dan berkualitas melalui Gramedia Official Shop. Dalam rangkaian kampanye 6.6 ShopeeMall Great Sale, kolaborasi dengan Gramedia ini diinisiasi sebagai alternatif dari aktivitas produktif yang dapat dilakukan oleh masyarakat Indonesia […]
  • Aneka Lomba Dalam Rangka Hari Pahlawan di Living World

    Aneka Lomba Dalam Rangka Hari Pahlawan di Living World

    Dalam rangka memperingati hari Pahlawan, Digikidz Indonesia lembaga kursus komputer dan art anak-anak mengadakan DigiFest 2017 pada hari Sabtu, 25 November 2017 jam 10.00-19.00 di Living World, Alam Sutera. Ada beragam lomba yang digelar seperti robot, wedo, NXT, desain poster, art dan fashion show dengan tema “Pahlawan Indonesia”.Tak ketinggalan juga ada Squishy décor. Putra putri […]
  • Lindungi Industri dan Konsumen, Pemerintah Kontrol IMEI Ponsel

    Lindungi Industri dan Konsumen, Pemerintah Kontrol IMEI Ponsel

    Kementerian Perindustrian bersama Kementerian Komunikasi dan Informatika serta Kementerian Perdagangan sedang memfinalisasi penyusunan peraturan untuk mendukung program penerapan validasi database nomor identitas asli ponsel (International Mobile Equipment Identity/IMEI). Targetnya, peraturan tiga kementerian ini akan ditetapkan pada tanggal 17 Agustus 2019. “Jadi, momentum di tanggal 17 Agustus 2019 adalah sebagai milestone penandatanganan bersama tiga kementerian terkait […]