Etalase

5 Kategori Belanja Terpopuler Di Asia Tenggara Dalam 6 Bulan Pertama Di Tahun 2018

Priceza Indonesia, sebagai salah satu pelopor mesin pencari belanja (shopping search engine) dan platform pembanding harga di Indonesia, mengungkapkan fakta menarik tentang 5 kategori belanja terpopuler di 6 negara Asia Tenggara selama 6 bulan pertama di tahun 2018.

Pergeseran menuju belanja online (daring) telah menyapu Asia Tenggara dalam beberapa tahun belakangan. Menurut Bloomberg, belanja via internet di Thailand meningkat hingga 100 persen di tahun 2017.

Berbagai perusahaan rintisan yang bergerak di industri e-commerce pun bertumbuhan di kawasan ini, di mana beberapa di antaranya telah berhasil menyabet gelar “unicorn” — yang artinya valuasinya sudah melebihi 1 milyar USD, seperti yang dicapai Tokopedia dan BukaLapak dari Indonesia.

Merespon perkembangan ini, Priceza merilis informasi menarik terkait kategori produk yang paling banyak dicari selama 6 bulan terakhir (Januari – Juni 2018), oleh konsumen di enam negara Asia Tenggara: Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Kategori belanja terpopuler

Kategori pakaian dan fashion adalah produk yang paling banyak dicari di Asia Tenggara. Kategori ini memuncaki daftar di Indonesia (24.11%), Vietnam (22.65%), dan Thailand (12.12%). Kategori ini juga secara konsisten selalu berada di urutan 3 besar daftar di negara lainnya seperti Malaysia (10.95%), Filipina (15.28%), dan Singapura (17.81%).

Sebagai catatan, produk yang cukup erat terkait yaitu kategori kosmetik, juga masuk dalam jajaran 5 besar di tiga negara: Vietnam (11.82%), Filipina (5.53%%), dan Indonesia (5.04%).

Meski tidak sedominan kategori sebelumnya, kendaraan bermotor muncul di posisi teratas di Filipina (24.28%%) dan Malaysia (16.64%). Kendaraan bermotor juga masuk sebagai 3 besar di Indonesia (11.89%) dan Thailand (11.27%) — tetapi tidak muncul dalam posisi 5 besar di Singapura dan Vietnam.

Menurut Bayu Irawan, Co-Founder & Country Head Priceza Indonesia “cukup wajar bagi Singapura yang sudah didukung transportasi publik yang baik, tetapi sedikit mengagetkan untuk Vietnam karena sebenarnya negara ini belum memiliki fasilitas transportasi publik yang cukup baik, dan populasi kendaraannya pun sebenarnya cukup besar”.

Kategori lain yang kehadirannya cukup signifikan adalah produk elektronik, yang berada di daftar pencarian nomor 1 di Singapura (18.71%). Kategori ini juga berada di posisi 5 besar di negara lainnya, kecuali Malaysia.

Sebagai tambahan, komputer sebenarnya dapat dipertimbangkan sebagai kandidat kategori yang umum dicari. Namun kehadiran dan persentasenya tidak terlalu signifikan dengan hanya ada di 3 negara yaitu Singapura (13.94%), Filipina (5.76%), dan Vietnam (4.37%). Pun begitu dengan perabot rumah tangga (home furniture), yang mana kategori ini berhasil masuk pada posisi 5 di tiga negara: Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Temuan unik di masing-masing negara

Di samping kategori terpopuler secara umum di Asia Tenggara, data dari Priceza menunjukkan ada keunikan tertentu di masing-masing negara.

Indonesia dan Thailand adalah dua negara di Asia Tenggara yang hasil pencariannya melibatkan kategori telepon dan perangkat komunikasi. Kebutuhan akan ponsel relatif tinggi di kedua negara ini. Tentunya ini adalah catatan manis bagi industri yang terkait, mulai dari produsen ponsel, penyedia layanan telekomunikasi, hingga pengembang aplikasi.

Khusus untuk Indonesia, komposisi pencarian nomor 1 (pakaian dan fashion) dan 2 (telepon dan perangkat komunikasi) berjumlah 47%. Ini dapat diinterpretasikan, bahwa sekitar 1 dari 2 konsumen Indonesia yang berbelanja online, kemungkinan besar akan berakhir dengan produk ponsel atau busana.

Keunikan lain ada pada Malaysia dan Singapura yang sama-sama menunjukkan kategori olahraga di daftar 5 besar. Negara lain di Asia Tenggara sepertinya belum menempatkan kesehatan sebagai prioritas utama.

Isu kesehatan menjadi lebih kentara bagi Malaysia, karena negara ini menempatkan pencarian kategori makanan di posisi dua dengan persentase 12.46%. Tidak ada negara lain dengan kategori tersebut di posisi 5 besar.

Kemudian temuan menarik lainnya dapat dilihat dari hasil pencarian di Vietnam. Negara tersebut menunjukkan kategori ibu & anak di nomor 4.

Perkembangan untuk 6 bulan ke depan

Secara umum, kategori yang paling banyak dicari oleh konsumen di Asia Tenggara adalah pakaian & fashion, kendaraan bermotor, elektronik, dan kosmetik. Selain itu, setiap negara memiliki keunikan tersendiri terkait preferensi kategori produk favorit.

Lalu apakah hasil pencarian tersebut akan tetap seperti ini atau berubah di waktu mendatang? Menjawab pertanyaan ini, Bayu mengatakan, “agak sulit, karena ada banyak faktor yang terlibat di sana. Tetapi sepertinya jawabannya adalah “tidak sama dan berubah-ubah”. Alasannya, karena membandingkan pencarian Priceza antar-kuartal saja dapat ditemukan hasil yang berbeda”.

Kesimpulannya, bukan tidak mungkin dengan semakin membesarnya populasi pembelanja online, maka preferensi produk favorit pun bisa jadi mengalami pergeseran.

(ES)

Tags

 

Baca Juga

  • All New NMAX 155, Motor Indonesia Pertama Connected dengan Pengendara

    All New NMAX 155, Motor Indonesia Pertama Connected dengan Pengendara

    PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing menghadirkan kejutan menjelang akhir tahun 2019 ini dengan menghadirkan All New Nmax 155. Diluncurkan di JIExpo Kemayoran Jakarta Pusat, Senin 2 Desember 2019, hadirnya salah satu line up kategori MAXI Yamaha itu sudah sangat dinantikan oleh masyarakat Indonesia. Launching akbar produk sensasional ini turut dikawal rider kelas dunia Maverick Vinales […]
  • Lenovo Mencari Gamer Lokal untuk Beradu di Turnamen Gaming Asia – Legion of Champions (LoC) III

    Lenovo Mencari Gamer Lokal untuk Beradu di Turnamen Gaming Asia – Legion of Champions (LoC) III

    Lenovo, merk PC no.1 di dunia, mengumumkan dibukanya pendaftaran online untuk mengikuti turnamen tahunan Legion of Champions (LoC) III. LoC merupakan salah satu usaha utama Lenovo dalam menumbuhkan generasi gamer berikutnya dan mengembangkan komunitas gaming di tingkat Asia Pasifik. Turnamen ini menyediakan arena bagi para pemain eSports untuk unjuk gigi, serta mengajak para penggemar gaming […]
  • Dunia Games Telkomsel dan Garena Gelar Turnamen eSport Online Indonesia Games Championship 2020

    Dunia Games Telkomsel dan Garena Gelar Turnamen eSport Online Indonesia Games Championship 2020

    Pada tahun ini, Telkomsel melalui Dunia Games kembali menggelar turnamen esport terbesar di Tanah Air bertajuk Indonesia Games Championship (IGC) yang akan diselenggarakan mulai Mei hingga September 2020. Di edisi ketiganya kali ini, Dunia Games berkolaborasi dengan Garena dalam menghadirkan IGC 2020, yang diharapkan dapat diikuti oleh lebih dari 32.000 pegiat mobile games dari seluruh […]
  • Foto : Berbagi Kepedulian Terhadap Keluarga dan Anak-Anak di Tangerang Selatan Melalui Kids fair

    Foto : Berbagi Kepedulian Terhadap Keluarga dan Anak-Anak di Tangerang Selatan Melalui Kids fair

    Sebagai bentuk kepedulian khususnya  terhadap keluarga dan anak-anak di Tangerang Selatan, Komunitas GarASI KiTa (Gerakan Peduli ASI sekitar Tangerang Selatan) mengadakan acara Kids Fair, yang bertajuk “Let’s Play with Us. Acara ini berlangsung pada hari Sabtu, 26 Agustus 2017 di Titan Center, Bintaro Sektor 7. Acara ini diisi dengan berbagai kegiatan seperti bazaar dan seminar […]
  • Tingkatkan Produktivitas, IKM Rasakan Manfaat Program Restrukturisasi Mesin

    Tingkatkan Produktivitas, IKM Rasakan Manfaat Program Restrukturisasi Mesin

    Kementerian Perindustrian terus berupaya mendorong pemulihan sektor industri di dalam negeri yang terdampak pandemi Covid-19, termasuk pelaku industri kecil menengah (IKM). Salah satu langkah strategis yang sedang dijalankan, yakni menggelar program restrukturisasi mesin dan peralatan untuk penumbuhan dan pengembangan IKM. “Bagi sektor IKM yang terimbas Covid-19, kami melakukan program pengembangan wirausaha IKM terutama untuk pekerja […]
  • Hadirkan Program “Harga Teman”Giant Tawarkan Harga Lebih Murah dan Lebih Hemat Setiap Hari!

    Hadirkan Program “Harga Teman”Giant Tawarkan Harga Lebih Murah dan Lebih Hemat Setiap Hari!

    Giant secara resmi meluncurkan program HARGA TEMAN sebagai upaya untuk menyediakan produk-produk dengan harga yang lebih murah kepada pelanggan. Lebih dari 600 produk favorit pelanggan ditawarkan dengan harga lebih murah. Direktur Operasional Giant Stefanus Mulianto mengatakan, “Kami selalu mendengarkan kebutuhan pelanggan yang menginginkan harga yang lebih murah dan lebih stabil untuk produk-produk yang sering mereka […]
  • Maybank Marathon Anywhere Resmi Diluncurkan

    Maybank Marathon Anywhere Resmi Diluncurkan

    Situasi pandemi Covid-19 saat ini telah berdampak pada menurunnya penyelenggaraan sejumlah event lari di berbagai belahan dunia termasuk di Indonesia. Namun, antusiasme masyarakat khususnya para pehobi olah raga lari yang gemar menjalani tantangan untuk menamatkan lari dalam jarak tertentu masih tinggi. Hal ini mendorong Maybank Indonesia selaku penyelenggara Maybank Marathon untuk meluncurkan Maybank Marathon Anywhere […]
  • Kepingin Makan Masakan Korea? The Bulgogi Tempatnya, Dijamin Kepingin Balik Lagi…

    Kepingin Makan Masakan Korea? The Bulgogi Tempatnya, Dijamin Kepingin Balik Lagi…

    Bagi penggemar masakan Korea di Bintaro, tidak mudah menemukan gerai kuliner yang menyajikan menu-menu asal negeri ginseng tersebut. Memang di Indonesia masakan-masakan Korea belum setenar masakan-masakan dari Jepang, China, Eropa dan Amerika. Mungkin salah satu penyebabnya adalah nama-nama menunya yang masih relatif asing di telinga orang Indonesia. Padahal Korea memiliki segudang menu-menu masakan yang tidak kalah enak […]
  • Aspek Yang Perlu Diperhatikan Bila Studi di Luar Negeri

    Aspek Yang Perlu Diperhatikan Bila Studi di Luar Negeri

    Kuliah di luar negeri merupakan impian sebagian besar pelajar di Indonesia. Hal ini bukan berarti pendidikan di Indonesia kurang berkualitas. Namun ketika melanjutkan studi di luar negeri, ada sederetan hal baru yang tak akan bisa ditemui di negara sendiri. Di kalangan siswa Indonesia, terdapat Top Five Country yang paling diminati sebagai negara tujuan: Australia, Malaysia, Amerika […]
  • Bantu Pekerja Informal Terdampak Covid-19, OVO, Tokopedia, Grab Kembali Luncurkan Patungan untuk Berbagi THR

    Bantu Pekerja Informal Terdampak Covid-19, OVO, Tokopedia, Grab Kembali Luncurkan Patungan untuk Berbagi THR

    Ekosistem digital terbesar di Indonesia, Tokopedia, OVO, dan Grab, menghadirkan kembali kampanye ‘Patungan Untuk Berbagi THR’, untuk memperkuat program jaring pengaman sosial pemerintah, dengan menggalang bantuan sembako bagi pekerja informal yang terdampak pandemi COVID-19. Ramadan menjadi momen yang tepat untuk membangun kolaborasi, solidaritas dan semangat berbagi sebagai sesama masyarakat Indonesia melalui program ini. Pengguna Tokopedia, […]
  • Beda Fast Food dan Junk Food

    Beda Fast Food dan Junk Food

    Saat akhir pekan seperti hari ini kita sering mengajak keluarga untuk jalan-jalan ke mal dan makan fast food yang sedang ngetrend. Nah, kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara fast food dan junk food. Guru Besar Gizi Masyarakat Institut Pertanian Bogor (IPB), Profesor Ali Khomsan, menjelaskan perbedaan dari dua kelompok makanan ini. Fast food, […]
  • Tips Memilih Jas Pria

    Tips Memilih Jas Pria

    Setiap pria modern harus punya setelan jas yang pas! Memang, banyak acara resmi di Indonesia yang akan mengizinkan para tamu hanya mengenakan batik. Tapi percayalah, akan tiba saatnya Anda akan bersyukur mau meluangkan waktu dan biaya lebih untuk mencari setelan jas. Jas akan Anda gunakan untuk yudisium, foto wisuda, dan wawancara kerja. Jangan salah, Anda […]
  • Diunduh Lebih dari 4 Juta Kali dalam Sebulan, Maxstream Hadirkan Mobile Digital Experience

    Diunduh Lebih dari 4 Juta Kali dalam Sebulan, Maxstream Hadirkan Mobile Digital Experience

    Telkomsel sebagai “Licensed Mobile Broadcaster” Piala Dunia 2018, telah berhasil menghadirkan rangkaian acara pesta sepakbola terbesar di dunia tersebut khusus bagi pelanggannya melalui aplikasi video digital MAXstream. Selama penyelenggaraan Piala Dunia, MAXstream diunduh sebanyak lebih dari 4 juta kali dimana 99% di antaranya merupakan pelanggan yang aktif menggunakan aplikasi tersebut untuk mengakses saluran Piala Dunia […]
  • Oppo Perkenalkan F7 Youth, Perangkat Super Full Screen untuk Anak Muda

    Oppo Perkenalkan F7 Youth, Perangkat Super Full Screen untuk Anak Muda

    Pada Rabu, 23 Mei 2018, OPPO meluncurkan OPPO F7 Youth, perangkat terbaru yang ditujukan untuk anak muda yang aktif. Membawa keunggulan OPPO F7, yaitu Super Full Screen, AI Beauty 2.0, dan berbagai teknologi AI lainnya, F7 Youth akan dijual per tanggal 1 Juni 2018 dalam dua warna, yakni Solar Red dan Diamond Black, dengan harga […]
  • Kado Akhir Tahun dari Vivo

    Kado Akhir Tahun dari Vivo

    Akhir tahun identik dengan perayaan kegembiraan dan hari libur, yang seringkali disertai dengan pemberian kado untuk seseorang yang dianggap istimewa. Kado berupa smartphone vivo cukup tepat karena penerima dapat menggunakannya sebagai alat komunikasi dan peranti pendukung kerja, selain berguna untuk mengabadikan momen menarik selama vacation atau liburan akhir tahun. Berdasarkan hasil Priceza Insight mengenai Spesifikasi Smartphone Terpopuler di Indonesia selama 3 tahun terakhir, […]
  • Menatap Wajah Baru Model Bisnis Logistik Berbasis e-Commerce

    Menatap Wajah Baru Model Bisnis Logistik Berbasis e-Commerce

    Perkembangan teknologi informasi telah mengubah perilaku bisnis. Model penjualan barang yang sebelumnya didominasi oleh traditional selling atau direct selling yakni proses transaksi dilakukan secara langsung oleh penjual dan pembeli,kini sudah mulai bergeser ke model e-commerce dengan memanfaatkan berbagai layanan digital seperti online shop, social media, marketplace, dan lainnya. Selain berdampak kepada penggunaan digital money dan […]
  • Teknologi Dukung Masyarakat Beraktivitas DiRumahAja Secara Cerdas

    Teknologi Dukung Masyarakat Beraktivitas DiRumahAja Secara Cerdas

    Salah satu hasil dari penelitian yang dilakukan Lenovo menunjukkan bahwa karyawan dan bisnis beradaptasi dengan pengaturan work from home (WFH). Teknologi cerdas telah memungkinkan untuk menunjang masyarakat tetap terhubung dan menerapkan bekerja dari mana saja. Kebijakan WFH di seluruh dunia telah didukung oleh meningkatnya kecanggihan dan keterjangkauan teknologi selular cerdas, yang telah memungkinkan banyak karyawan […]
  • Johnson & Johnson Indonesia Berikan Pelatihan bagi Konselor Tuberkulosis (TB) dari Seluruh Indonesia

    Johnson & Johnson Indonesia Berikan Pelatihan bagi Konselor Tuberkulosis (TB) dari Seluruh Indonesia

    PT Johnson & Johnson Indonesia bersama dengan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia dan National TB Program hari ini mengadakan Training of Trainer (ToT) yang dihadiri oleh lebih dari 30 orang konselor yang berasal dari berbagai rumah sakit dari 34 provinsi di Indonesia. Adapun tujuan dari ToT ini adalah untuk mengedukasi dan memberikan pemahaman yang mendalam kepada […]
  • Raih Pendanaan Seri A, Cashlez Jadi Startup Pertama di Indonesia Terima Pendanaan dari Sumitomo Corporation

    Raih Pendanaan Seri A, Cashlez Jadi Startup Pertama di Indonesia Terima Pendanaan dari Sumitomo Corporation

    PT Cashlez Worldwide Indonesia (Cashlez) sebagai perusahaan mPos yang terintegrasi dengan solusi pembayaran terdepan di Indonesia hari ini mengumumkan menyelesaikan putaran pendanaan Seri A yang dipimpin oleh Sumitomo Corporation, perusahaan perdagangan dunia dan investor bisnis terkemuka asal Jepang yang bergerak di berbagai bisnis melalui jaringan globalnya. Mandiri Capital Indonesia, sebagai existing investor juga turut berpartisipasi […]
  • PermataBank Ajak Masyarakat Indonesia Belanja Cerdas di Masa Terbatas

    PermataBank Ajak Masyarakat Indonesia Belanja Cerdas di Masa Terbatas

    PermataBank mengajak masyarakat Indonesia untuk tetap produktif dan cerdas di tengah masa krisis, termasuk untuk keperluan belanja online. Selaras dengan riset dari Analytics Data Advertising (ADA) Indonesia bahwa semenjak adanya pandemi COVID-19, penggunaan aplikasi belanja online (e-commerce) meningkat hingga 300 persen. PermataBank melalui salah satu produknya, PermataME, ingin memfasilitasi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan, khususnya selama […]