Etalase

5 Kategori Belanja Terpopuler Di Asia Tenggara Dalam 6 Bulan Pertama Di Tahun 2018

Priceza Indonesia, sebagai salah satu pelopor mesin pencari belanja (shopping search engine) dan platform pembanding harga di Indonesia, mengungkapkan fakta menarik tentang 5 kategori belanja terpopuler di 6 negara Asia Tenggara selama 6 bulan pertama di tahun 2018.

Pergeseran menuju belanja online (daring) telah menyapu Asia Tenggara dalam beberapa tahun belakangan. Menurut Bloomberg, belanja via internet di Thailand meningkat hingga 100 persen di tahun 2017.

Berbagai perusahaan rintisan yang bergerak di industri e-commerce pun bertumbuhan di kawasan ini, di mana beberapa di antaranya telah berhasil menyabet gelar “unicorn” — yang artinya valuasinya sudah melebihi 1 milyar USD, seperti yang dicapai Tokopedia dan BukaLapak dari Indonesia.

Merespon perkembangan ini, Priceza merilis informasi menarik terkait kategori produk yang paling banyak dicari selama 6 bulan terakhir (Januari – Juni 2018), oleh konsumen di enam negara Asia Tenggara: Thailand, Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Vietnam.

Kategori belanja terpopuler

Kategori pakaian dan fashion adalah produk yang paling banyak dicari di Asia Tenggara. Kategori ini memuncaki daftar di Indonesia (24.11%), Vietnam (22.65%), dan Thailand (12.12%). Kategori ini juga secara konsisten selalu berada di urutan 3 besar daftar di negara lainnya seperti Malaysia (10.95%), Filipina (15.28%), dan Singapura (17.81%).

Sebagai catatan, produk yang cukup erat terkait yaitu kategori kosmetik, juga masuk dalam jajaran 5 besar di tiga negara: Vietnam (11.82%), Filipina (5.53%%), dan Indonesia (5.04%).

Meski tidak sedominan kategori sebelumnya, kendaraan bermotor muncul di posisi teratas di Filipina (24.28%%) dan Malaysia (16.64%). Kendaraan bermotor juga masuk sebagai 3 besar di Indonesia (11.89%) dan Thailand (11.27%) — tetapi tidak muncul dalam posisi 5 besar di Singapura dan Vietnam.

Menurut Bayu Irawan, Co-Founder & Country Head Priceza Indonesia “cukup wajar bagi Singapura yang sudah didukung transportasi publik yang baik, tetapi sedikit mengagetkan untuk Vietnam karena sebenarnya negara ini belum memiliki fasilitas transportasi publik yang cukup baik, dan populasi kendaraannya pun sebenarnya cukup besar”.

Kategori lain yang kehadirannya cukup signifikan adalah produk elektronik, yang berada di daftar pencarian nomor 1 di Singapura (18.71%). Kategori ini juga berada di posisi 5 besar di negara lainnya, kecuali Malaysia.

Sebagai tambahan, komputer sebenarnya dapat dipertimbangkan sebagai kandidat kategori yang umum dicari. Namun kehadiran dan persentasenya tidak terlalu signifikan dengan hanya ada di 3 negara yaitu Singapura (13.94%), Filipina (5.76%), dan Vietnam (4.37%). Pun begitu dengan perabot rumah tangga (home furniture), yang mana kategori ini berhasil masuk pada posisi 5 di tiga negara: Thailand, Malaysia, dan Singapura.

Temuan unik di masing-masing negara

Di samping kategori terpopuler secara umum di Asia Tenggara, data dari Priceza menunjukkan ada keunikan tertentu di masing-masing negara.

Indonesia dan Thailand adalah dua negara di Asia Tenggara yang hasil pencariannya melibatkan kategori telepon dan perangkat komunikasi. Kebutuhan akan ponsel relatif tinggi di kedua negara ini. Tentunya ini adalah catatan manis bagi industri yang terkait, mulai dari produsen ponsel, penyedia layanan telekomunikasi, hingga pengembang aplikasi.

Khusus untuk Indonesia, komposisi pencarian nomor 1 (pakaian dan fashion) dan 2 (telepon dan perangkat komunikasi) berjumlah 47%. Ini dapat diinterpretasikan, bahwa sekitar 1 dari 2 konsumen Indonesia yang berbelanja online, kemungkinan besar akan berakhir dengan produk ponsel atau busana.

Keunikan lain ada pada Malaysia dan Singapura yang sama-sama menunjukkan kategori olahraga di daftar 5 besar. Negara lain di Asia Tenggara sepertinya belum menempatkan kesehatan sebagai prioritas utama.

Isu kesehatan menjadi lebih kentara bagi Malaysia, karena negara ini menempatkan pencarian kategori makanan di posisi dua dengan persentase 12.46%. Tidak ada negara lain dengan kategori tersebut di posisi 5 besar.

Kemudian temuan menarik lainnya dapat dilihat dari hasil pencarian di Vietnam. Negara tersebut menunjukkan kategori ibu & anak di nomor 4.

BACA JUGA  Vivo Buka Super Selling Day V11 Pro & V11

Perkembangan untuk 6 bulan ke depan

Secara umum, kategori yang paling banyak dicari oleh konsumen di Asia Tenggara adalah pakaian & fashion, kendaraan bermotor, elektronik, dan kosmetik. Selain itu, setiap negara memiliki keunikan tersendiri terkait preferensi kategori produk favorit.

Lalu apakah hasil pencarian tersebut akan tetap seperti ini atau berubah di waktu mendatang? Menjawab pertanyaan ini, Bayu mengatakan, “agak sulit, karena ada banyak faktor yang terlibat di sana. Tetapi sepertinya jawabannya adalah “tidak sama dan berubah-ubah”. Alasannya, karena membandingkan pencarian Priceza antar-kuartal saja dapat ditemukan hasil yang berbeda”.

Kesimpulannya, bukan tidak mungkin dengan semakin membesarnya populasi pembelanja online, maka preferensi produk favorit pun bisa jadi mengalami pergeseran.

(ES)

 

Baca Juga

  • Bebas Bising Berkat Sony WI-1000XM2

    Bebas Bising Berkat Sony WI-1000XM2

    Sony meluncurkan headphone WI-1000XM2, menggabungkan fitur Noise Cancellation terdepan dan kualitas suara tingkat tinggi dengan tampilan neckband yang memikat. Tingkat Keheningan Baru Benamkan diri dalam musik tanpa gangguan dengan WI-1000XM2 yang secara cerdas mampu mencegah, menangkap sekaligus meredam suara sekitar. Struktur pemasangan yang disesuaikan dengan desain earphone miring mampu mencegah suara sekitar masuk ke telinga […]
  • Sejak Kapan Burger Itu Ada?

    Sejak Kapan Burger Itu Ada?

    Hamburger (atau seringkali disebut dengan burger) adalah sejenis makanan berupa roti berbentuk bundar yang diiris dua dan di tengahnya diisi dengan patty (isi hamburger) yang biasanya diambil dari daging, kemudian sayur-sayuran berupa selada, tomat dan bawang bombay. Sebagai sausnya, burger diberi berbagai jenis saus seperti mayones, saus tomat dan sambal serta mustard. Beberapa varian burger […]
  • Berbagai Khimar dan Gamis Cantik Motif Animal Print dan Abstrak dari Bagasi Bunda Bagi Kebutuhan Busana Muslim Anda

    Berbagai Khimar dan Gamis Cantik Motif Animal Print dan Abstrak dari Bagasi Bunda Bagi Kebutuhan Busana Muslim Anda

    Seringkali suatu bisnis dimulai dari kesukaan terhadap sesuatu yang sudah dilakukan selama bertahun-tahun. Sampai pada suatu saat mungkin pelakunya menyadari bahwa kesukaannya itu bisa dikembangkan menjadi suatu bisnis yang sangat prospektif sekaligus disenanginya. Hal inilah yang dialami oleh Siti Fatima yang akrab dipanggil Ima dalam mengembangkan bisnis busana muslimnya, Bagasi Bunda. Sebelum mengembangkan bisnisnya, Ima suka […]
  • Menuju Kota Tangerang Selatan Cerdas, Modern, dan Inovatif

    Menuju Kota Tangerang Selatan Cerdas, Modern, dan Inovatif

    “Today’s youth are the key to tomorrow’s smart cities” By Mark Sparvell, Senior Manager, School Leader Audience, Microsoft Corporation Tulisan ini memenangkan juara III Festival Jurnalistik Tangsel 2017. Pembangunan sebuah negara, dilihat dari kemajuan dari pembangunan kotanya.   Pembangunan kota yang maju hanya dapat dicapai jika pembangunan manusianya juga maju dan cerdas.   Untuk membangun manusia menjadi […]
  • Grab Bekerja Sama dengan Perusahaan Terkemuka di Indonesia untuk Memperluas Dukungan Kesejahteraan Mitra Pengemudi

    Grab Bekerja Sama dengan Perusahaan Terkemuka di Indonesia untuk Memperluas Dukungan Kesejahteraan Mitra Pengemudi

    Grab Indonesia memperkuat komitmennya untuk mendukung mitra pengemudi Grab yang terdampak oleh pandemi COVID-19 dan PSBB. Dengan dukungan BenihBaik, Grab telah mengundang sejumlah mitra perusahaan untuk berpartisipasi dalam perluasan inisiatif donasi Grab untuk para mitra pengemudi. Ribuan mitra pengemudi Grab yang paling terkena dampak pandemi ini dapat menemukan informasi bantuan melalui fitur GrabBenefits di aplikasi […]
  • Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Telkomsel Hadirkan Aplikasi T-Perpus untuk Tingkatkan Minat Baca Anak Muda Indonesia

    Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki tingkat literasi paling rendah di dunia. Minat baca masyarakat Indonesia juga tergolong rendah, yang menyebabkan kemampuan membaca, berhitung dan pengetahuan ilmiah anak-anak Indonesia masih di bawah negara-negara tetangga seperti Singapura, Malaysia dan Thailand. Sebagai digital telco company, Telkomsel bekerjasama dengan Gramedia Digital Nusantara (GDN) berupaya untuk memberikan solusi […]
  • Huawei New High-End Experience Store Resmi Dibuka di PIM 2

    Huawei New High-End Experience Store Resmi Dibuka di PIM 2

    Pada Sabtu, 11 Januari 2020, Huawei menambah jaringan tempat pelayanan bagi konsumennya. Bertempat di Pondok Indah Mall 2 (PIM 2), Jakarta tepatnya di lantai 3, kini telah hadir Huawei High-end Experience Store (HES). Hadirnya toko resmi tersebut, menambah HES di Jakarta yang semula sudah ada di Mall Taman Anggrek. Sedangkan tiga HES lainnya berlokasi di […]
  • Meriahnya Berbagai Lomba Memperingati Hari Kartini di Bintaro Entertainment Center : Sprit of Kartini

    Meriahnya Berbagai Lomba Memperingati Hari Kartini di Bintaro Entertainment Center : Sprit of Kartini

    Dalam rangka memeriahkan Hari Kartini, Bintaro Entertainment Center (BEC) menggelar berbagai lomba bagi anak-anak serta performance show yang mengusung tema Spirit of Kartini. Rangkaian acara yang berlangsung di Lantai Dasar Bintaro Entertainment Center terdiri dari Lomba Fashion Show dan Lomba Tari Tradisional Kreasi. Selain lomba-lomba ini, juga dimeriahkan dengan Performance Show. Acara ini memperebutkan total hadiah […]
  • Ikuti Perkembangan Dunia Komunikasi di UPJ, 5-8 Desember 2017

    Ikuti Perkembangan Dunia Komunikasi di UPJ, 5-8 Desember 2017

    Himpunan Mahasiswa Komunikasi Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) kembali menggelar Communication Festival (COMMFEST) pada tanggal 5-8 Desember 2017 mendatang. COMMFEST ini merupakan acara tahunan program studi ilmu komunikasi. Tahun ini merupakan pelaksanaan yang ketiga kalinya yang bertujuan menambah pengetahuan dunia komunikasi. Event ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi dari berbagai kampus di Jakarta dan Tangerang Selatan. […]
  • Esta Corporations Menjalin Kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan

    Esta Corporations Menjalin Kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan

    Esta Corporations secara resmi telah menjalin kerjasama dengan BPJS Ketenagakerjaan pada Rabu, 21 November 2018 melalui penandatanganan nota kesepahaman antar kedua belah pihak yang dilaksanakan di Hotel Grand Zuri, BSD city, Tangerang Selatan. Penandatanganan nota kesepahaman tersebut dilakukan oleh Direktur Kepesertaan BPJS ketenagakerjaan,  Enda Ilyas Lubis, dan Direktur Utama PT Esta Digital Niaga, Erik Natapradja, […]
  • Memainkan Musik Dengan Baik Menggunakan Perasaan dan Komunikasi: Seminar Bersama Ananda Sukarlan

    Memainkan Musik Dengan Baik Menggunakan Perasaan dan Komunikasi: Seminar Bersama Ananda Sukarlan

    Dalam memainkan musik, teknik permainan bukan hal yang terpenting. Hal ini merupakan salah kaprah yang sering terjadi pada orang tua dan anaknya, dimana orang tua sering mengharapkan anaknya memiliki teknik permainan musik yang tinggi. Keinginan ini kemudian diterjemahkan oleh anaknya sebagai tuntutan dari orang tuanya. Hal inilah yang sering menjadi penyebab seorang anak merasa belajar […]
  • Grab Luncurkan Kampanye SiapAntarRamadanmu untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat Indonesia Saat Ramadhan

    Grab Luncurkan Kampanye SiapAntarRamadanmu untuk Penuhi Kebutuhan Masyarakat Indonesia Saat Ramadhan

    Bulan suci Ramadan adalah bulan yang paling ditunggu oleh seluruh umat Muslim di dunia. Namun, tahun ini Ramadan akan hadir dengan nuansa yang berbeda, seiring masyarakat Indonesia harus tetap diam di rumah untuk menghentikan penyebaran COVID-19. Untuk merayakan kebersamaan dan mengantarkan kehangatan Ramadan bagi semua masyarakat sambil tetap menjaga jarak aman, Grab, telah meluncurkan kampanye […]
  • Soft Launching Music Education Center Farabi – Dwiki Dharmawan

    Soft Launching Music Education Center Farabi – Dwiki Dharmawan

    Pada Senin, 14 November 2016, bertempat di lokasi barunya di Bintaro Entertainment Center, Music Education Center Farabi, yang didirikan oleh musisi kawakan Dwiki Dharmawan mengadakan seremoni kecil yang menjadi penanda soft launching dimulainya berbagai kegiatan belajar mengajar yang sebelumnya berlangsung di Ruko Multiguna, Bintaro Sektor 3A ke Bintaro Entertainment Center Lt. 1, CBD Bintaro Sektor 7. […]
  • Parkson Gourmet Mart Menambah Jajaran Supermarket Kelas Atas di Bintaro

    Parkson Gourmet Mart Menambah Jajaran Supermarket Kelas Atas di Bintaro

    Halo Warga Bintaro, saat ini sudah hadir pasar swalayan di Bintaro yang ditujukan untuk kelas premium yakni Parkson Gourmet Mart. Pasar swalayan premium tersebut berada di Parkson Office Building, CBD Bintaro Jaya Sektor VII dan mulai beroperasi sejak 3 November 2016. Tidak sulit mencari lokasi swalayan tersebut. Bila Anda datang dari arah fly over Bintaro […]
  • Cleveland Cyclewerks Resmi Hadir di Indonesia

    Cleveland Cyclewerks Resmi Hadir di Indonesia

    Cleveland CycleWerks Indonesia secara resmi mengumumkan kehadirannya di Indonesia. Hal ini ditandai dengan Grand Opening yang dilakukan PT. Sumatra Motor Indonesia, sebagai keagenan Cleveland CycleWerks di Indonesia, pada Kamis, 13 Juli 2017 di Aviary Hotel Bintaro. Grand Opening ini berlanjut dengan peresmian showroom utamanya di Indonesia, yang terletak di kawasan Bintaro, pada hari Minggu, 16 […]
  • Live in Harmony Concert, Konser Musik Persaudaraan dari Sisterhoodgigs Movement

    Live in Harmony Concert, Konser Musik Persaudaraan dari Sisterhoodgigs Movement

    Sebagai sebuah komunitas musisi wanita yang peduli dengan berbagai persoalan sosial kemasyarakatan, Sisterhoodgigs Movement menyadari eksistensi wanita perlu mendapat tempat tersendiri, tidak hanya dalam musik namun juga dalam berbagai bidang kehidupan masyarakat. Sebagai bagian dalam membangun eksistensinya, Sisterhoodgigs Movement menggelar anniversary ke-2 dengan menggelar event yang bertajuk Live in Harmony Concert, pada Jumat, 28 Oktober 2016. […]
  • Vivo V15 Semakin Mantap untuk Mobile Gaming

    Vivo V15 Semakin Mantap untuk Mobile Gaming

    Sejalan dengan perkembangan industri mobile game dan Multiplayer Online Battle Arena (MOBA), produsen smartphone terus melakukan pembaruan untuk menghadirkan fitur maupun memaksimalkan performa pada smartphone bagi pengguna saat bermain game. Vivo dengan V15 Series pun membawa fitur khusus Game Mode 5.0 yang bukan hanya meminimalisir gangguan eksternal seperti panggilan telepon atau notifikasi media sosial, namun […]
  • Ini Bukan Perpisahan: Kru Emirates Berikan Salam Perpisahan Emosional untuk Penerbangan Terakhir

    Ini Bukan Perpisahan: Kru Emirates Berikan Salam Perpisahan Emosional untuk Penerbangan Terakhir

    Kru Emirates di seluruh dunia telah mengucapkan sampai jumpa pada penerbangan terakhir yang beroperasi kembali ke Dubai. EK 005 ke London Heathrow, yang berangkat pada pukul 16.05 pada 24 Maret adalah penerbangan terakhir untuk lepas landas dari Dubai. EK 262 dari Sao Paulo, yang mendarat pada pukul 22.35 (waktu setempat) adalah penerbangan terakhir yang tiba […]
  • Pemasaran Digital Dukung UKM Indonesia Tingkatkan Ekspor

    Pemasaran Digital Dukung UKM Indonesia Tingkatkan Ekspor

    Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (Ditjen PEN) berkomitmen mendukung usaha kecil dan menengah (UKM) untuk meningkatkan ekspor di era Revolusi Industri 4.0. Salah satunya dengan menggelar seminar bertema ‘Digital Marketing in Fostering Indonesian SMEs’ Export Business’ yang berlangsung Rabu (25/4), di Tangerang, Banten. Pelaksanaan seminar ini merupakan hasil kerja sama Ditjen PEN […]
  • Fresh Milk Kandang Moo, Segarnya Susu Untuk Berbagai Aktivitas

    Fresh Milk Kandang Moo, Segarnya Susu Untuk Berbagai Aktivitas

    Aktivitas sehari-hari yang padat sangat menguras energi, apalagi bagi kita yang juga banyak beraktivitas di luar ruangan. Banyaknya pekerjaan di depan komputer, meeting dan presentasi, bertemu klien, berbagai urusan pekerjaan yang datang silih berganti sering membuat kita harus menunda makan siang walaupun perut sudah sangat lapar. Bagi Anda yang sering mengalami situasi seperti itu, ada […]