Rab. Okt 16th, 2019

5 Jurus Berburu Gadget Harga Miring Agar Liburan Makin Seru

Liburan akhir tahun tinggal hitungan minggu. Pastikan Anda sudah menyiapkan segala perlengkapan. Agar liburan makin seru, silakan membawa gadget andalan. Mulai dari ponsel serbaguna untuk kebutuhan entertainment dan navigasi, USB-OTG (on the go) yang bisa memutar film favorit langsung dari ponsel, wi-fi portable agar bisa tetap eksis berinternet, dan powerbank berkapasitas mumpuni yang bisa mengisi daya jika baterai ponsel habis di jalan. Namun, sebelum berburu gadget-gadget tersebut, ada lima tips yang wajib diperhatikan.

Cek “Review”

Pastikan Anda melihat ulasan (review) tentang produk yang diincar. Hati-hati jangan terbuai review berbentuk iklan yang terlalu memuja-muja produk tersebut. Ada baiknya Anda mengecek situs-situs spesialis review gadget yang tepercaya. Perhatikan ulasan dari yang me-review. Pengulas yang profesional biasanya mencantumkan kelebihan dan kekurangan dari gadget yang Anda incar. Selain itu, perhatikan review dari konsumen yang sudah mencoba produk tersebut.

Bandingkan Harga

Kini, membandingkan harga gadget satu dengan yang lain cukup mudah. Anda cukup membuka beberapa situs e-dagang yang biasa menjual gadget lalu bandingkan harganya. Selain itu, Anda bisa menggunakan aplikasi atau situs pembanding harga produk. Namun, pastikan pastikan aplikasi atau situs yang Anda pakai menyajikan data harga faktual, bukan data harga terkait kepentingan iklan produk tersebut.

Waspadai Penipuan

Membeli gadget zaman sekarang memang mudah. Cukup buka aplikasi atau situs, pilih produk, bayar, lalu tunggu produk tiba di rumah. Agar tak terkena penipuan, pastikan Anda berbelanja di situs yang tepercaya. Ada baiknya jika situs tersebut memiliki jaminan uang kembali jika barang tak Anda terima misalnya melalui skema rekening bersama. Pastikan juga gadget yang Anda beli asli. Situs tepercaya biasanya memiliki rating penjual berikut komentar pembeli yang sudah berbelanja produk tersebut. Perhatikan rating dan komen tersebut.

BACA JUGA  Enam Langkah Persiapan Mobil untuk Menghadapi Musim Hujan

Cek Kembali

Ketika membeli gadget, pastikan cek kembali produk yang diterima apakah asli dan sesuai. Jika Anda membeli langsung di toko, cek langsung gadget tersebut di sana. Periksa keaslian dan kelengkapan dari gadget yang dipilih. Jika berbelanja dari toko daring, Anda bisa mengecek segel kotak penyimpanan gadget saat produk sampai di rumah. Pastikan segel tersebut tak terbuka. Selain itu, cek juga nomor serial yang ada di gadget. Cocokkan antara serial number di produk dan kotak penyimpanan.

Lihat Kalender

Rata-rata orang biasanya ingin menjadi pemilik pertama sebuah gadget baru. Tak salah memang, tetapi jika kebutuhan tak mendesak, ada baiknya Anda bersabar diri membeli gadget pada momen-momen tertentu. Biasanya, para penjual terutama toko daring banyak yang memberikan promosi diskon di tanggal-tanggal khusus.

 

(Sumber: Harian Kompas dan Bhinneka.com)

 

 

Baca Juga